7 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Daftar Isi

     

    Foto:7 Manfaat Lengkuas untuk Menyembuhkan Penyakit/Foto: iStock


    LancangKuning.Com, Jakarta - Lengkuas yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Tahukah kamu lengkuas ternyata memiliki banyak manfaat. Apa itu?

    Lengkuas merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam umbi-umbian yang hidup di daratan tinggi maupun rendah. Tekstur kulitnya lebih kasar dan dagingnya lebih keras dan berserat. Aroma lengkuas ini tidak terlalu kuat ketimbang bumbu-bumbu masakan lainnya, mengutip dari detik.

    Baca juga: Sambut Idul Fitri, 471 Narapidana Lapas Inhil dapat Remisi

    Ada dua jenis tanaman lengkuas yang banyak dikenal oleh masyarakat, yaitu lengkuas putih dan lengkuas merah. Pada bumbu masakan yang biasa digunakan adalah lengkuas putih. Bumbu masakan ini banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Berikut manfaat lengkuas yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit:

    1. Kesuburan Pria

    Akar lengkuas dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan bergerak sperma. Hal ini baik untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Sperma dipercaya dapat aktif meningkat 3 kali lipat setelah mengkonsumsi lengkuas.

    2. Menyembuhkan Asma

    Lengkuas mampu melebarkan bronkiolus untuk mengurangi asma. Sifat antiinflamasi dari lengkuas bermanfaat untuk mengendalikan serta menyembuhkan asma dan gangguan pernapasan akut.

    3. Menyembuhkan Batuk

    Batuk yang mengganggu hari-harimu dapat disembuhkan dengan lengkuas. Air sadapan lengkuas sangat mujarab kamu gunakan untuk menyembuhkan batuk. Caranya, siapkan botol minuman dan kemudian potong lengkuas kecil-kecil. Masukan lengkuas yang telah dipotong ke dalam mulut botol. Agar aman dan tidak terganggu, sembunyikan dengan menunupi semak-belukar. Biarkan semalaman dan konsumsi selama 3 kali berturut-turut hingga batuknya reda.

    Baca Juga: LRT Jakarta Belum Ada Kepastian Beroperasi

    4. Menyembuhkan Diare

    Lengkuas memiliki sifat anti mikroba yang dapat membasmi bakteri yang terbawa ke dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi lengkuas dapat meredakan penyakit diare yang meringankan penderita.

    5. Mencegah Penyakit Kanker dan Tumor

    Lengkuas dipercaya memiliki sifat melawan kanker. Zat antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam lengkuas dapat membantu menurunkan kerusakan DNA akibat radikal bebas.

    6. Membantu Pertumbuhan Rambut

    Bagi kamu yang memiliki rambut tipis dapat menggunakan minyak olahan lengkuas. Kandungan asam lemak pada lengkuas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan demikian, lengkuas ini mampu membantu pertumbuhan rambut.

    7. Menjaga Kesehatan Otak

    Antiinflamasi pada lengkuas dapat membantu kesehatan pada otak. Lengkuas dapat mengurangi risiko degenerasi kognitif dan membantu mencegah depresi.

    Lengkuas yang kamu ketahui biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Itulah 7 manfaat lengkuas yang bisa kamu coba sebagai pengobatan herbal. Selamat mencoba! (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 7 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar