250 Ribu Vios dan Yaris Buatan Indonesia Mengaspal di Dunia

Daftar Isi

     
    Foto: Toyota

    LancangKuning.Com, Jakarta - Toyota telah memproduksi sedan Vios dan hatchack Yaris di Indonesia. Bahkan, tahun 2019 ini memasuki tahun kelima PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi kendaraan model Sedan (Vios) dan hatchback (Yaris) secara lokal.

    Dulu, kedua mobil tersebut diimpor dari Thailand. Tapi kini, Indonesia menjadi salah basis produksi dan ekspor kedua mobil andalan Toyota itu.

    Baca Juga: Martabat Diri seorang Pengemis

    Selama lima tahun sampai April 2019, TMMIN telah memproduksi Vios dan Yaris sebanyak lebih dari 257.200 unit. Jumlah sebanyak itu didistribusikan ke pasar dalam negeri dan diekspor ke berbagai negara di dunia.

    Vios dan Yaris yang diproduksi TMMIN lebih banyak diekspor. Sebanyak 162.530 unit atau 63% Vios dan Yaris telah dikapalkan ke 13 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah. Sementara 37% atau 94.750 unit Yaris dan Vios buatan TMMIN dijual di dalam negeri.

    TMMIN mengklaim, produksi lokal Vios dan Yaris merupakan realisasi komitmen Toyota untuk memberikan sumbangsih bagi perkembangan industri otomotif nasional. Ini juga memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor produk otomotif di kawasan Asia Pasifik.

    "Kegiatan produksi lokal model sedan tidak lain merupakan salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan impor kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) sekaligus aktif berperan di pasar ekspor sehingga dapat memberi sumbangsih kepada terciptanya keseimbangan neraca perdagangan terutama di sektor otomotif. Hal ini juga membuktikan bahwa industri otomotif nasional memiliki daya saing yang tinggi dan dipercaya menjadi produsen salah satu model yang banyak diminati di pasar global," tutur Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Rabu (29/5/2019).

    Toyota mulai memproduksi lokal Vios dan Yaris sejak 2014 lalu. Saat itu, Toyota menggelontorkan investasi sebesar Rp 2,5 triliun.

    Baca Juga: Polisi Ancam Bubar Paksa Demo Bawaslu 29-31 Mei Mendatang 

    Selain penanaman investasi, lokalisasi dan ekspor Vios/Yaris memberikan efek domino bagi rantai suplai industri otomotif Indonesia. Sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor dua model kendaraan ini. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Vios/Yaris kini telah mencapai 75%. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 250 Ribu Vios dan Yaris Buatan Indonesia Mengaspal di Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar