Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia adalah termasuk golongan negara berkembang,  dan masih banyak membutuhkan yang namanya sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur. Ada berbagai program yang akan di bangun seperti, jembatan, jalan raya, yang merupakan prospek kerja untuk untuk lulusan  teknik sipil.

    Berikut ini adalah Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil:

    1. Pegawai Negeri Sipil

    Kebanyakan pemerintahan memerlukan tenaga kerja dari lulusan teknik sipil. Yaitu kementerian pekerjaan umum atau disebut dengan PU.  Kementerian ini mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan suatu pembangunan dan infastruktur negara.

    Tidak hanya di kementerian PU, lulusan teknik sipil juga bisa bekerja di bagian pemerintahan di badan-badan pemerintahan seperti Badan Perencanaan Daerah, Badan Perencanaan Naisonal, PMU-Bina Marga, Dinas Tata Kota Dan Pertamanan di berbagai Kota, Departemen SDM.

    1. Badan Usaha Milik Negara

    Prospek kerja ini biasanya bekerja di bidang BUMNI yaitu di Hutama Karya atau jalan jembatan, waskita Raya atau kata lain dari bangunan dan gedung, Cipta Karya perencanan atau lainnya.

    1. Badan Keuangan atau Bank

    Lulusan prospek kerja ini tidak hanya menerima lulusan Akuntansi, Komunikasi. Dan Ekonomi saja yang bisa bekerja di bagian badan keuangan. Lulusan teknik sipil ini juga di butuhkan untuk bekerja di bagian visibilitas proyek yang akan bekerja dengan pinjaman dana, misalnya dalam suatu pembangunan saran dan prasarana yaitu seperti gedung.

    1. Menjadi  Kontraktor

    Bekerja berprofesi sebagai kontraktor proyek bangunan infrastruktur adalah suatu peluang terbesar bagi lulusan teknik sipil. Karena teknik sipil ini pada dasarnya memiliki ilmu yang sangat mendukung dan berkaitan dengan namanya pembangunan infrastruktur. Yaitu seorang teknik sipil di saat masa kuliahnya mempelajari tentang teknologi bahan bangunan, mekanika tanah, struktur kayu, struktur beton, manajemen proyek. Dan teknik sipil sangat memahami bagaimana cara membuat rancangan anggaran dan biaya proyek pembangunan.

    1. Konsultan Proyek

    Prospek kerja ini juga berkaitan dengan konsultan pajak, yaitu hanya membantu dari sisi peninjauan dan keilmuan saja. Dan tidak masuk ke dalam berbagai urusan lapangan. Bekerja sebagai konsultan pajak tidak diharuskan turun ke lapangan dan meninjau proyek dari kliennya.

    Pekerjaan ini bisa memberikan sebuah pertimbangan kepada klien dan proyek ini di kerjakan oleh banyak hal. Seperti, pemilihan bahan konstruksi yang sangat efesien, pertimbangan ini berdampak dari lingkungan dan bahan bangunan yang akan digunakan, dan pembentukan bangunan yang berkaitan dengan aspek keselamatan dari tenaga kerjanya.

    1. Menjadi Seorang Dosen

    Prospek kerja lulusan teknik sipil ini juga bisa berprofesi sebagai dosen di Universitas maupun di Perguruan Tinggi lainnya yaitu memiliki jurusan teknik sipil. Peluang ini terbuka lebar untuk lulusan tekik sipil, karena di Indonesia sangat jarang ada ahli di bidang teknik sipil.

    Banyaknya kebutuhan bagi sumber daya manusia yaitu lulusan teknik sipil, ada beberapa perguruan tinggi , yaitu dari swasta maupun negrei membuka lowongan kerja bagi lulusan teknik sipil. Pembukaan kerja bagi tekik sipil ini tentunya membutuhkan dosen yang benar-benar mengetahui teori dan praktek atau kerja lapangan untuk mengajari mahasiswanya, dan tentunya bagi yang ingin menjadi seorang dosen di bidang ini  IPK harus tinggi atau disebut dengan cumloude.

    Nah, dari ke enam prospek kerja lulusan teknik sipil ini sangat cocok bagi anda bekerja di dari berbagai prospek kerja di atas. dan artikel di ini menjelaskan dari masing-masing prospek kerja bagi lulusan teknik sipil.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar