Prospek Kerja Administrasi Negara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Administrasi negara merupakan ilmu sosial yang membahas 3 elemen penting dalam menjalankan negara yang mencakup lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif dan lain sebagainya. Secara sederhana administrasi publik ini adalah ilmu yang mempelajari akan cara pengelolaan suatu organisasi. Berikut prospek kerja administrasi negara :

    1. Aparat Pemerintah

    Berperan aktif dan membantu jalannya roda pemerintahan dalam tingkat pusat maupun daerah merupakan pekerjaan inti bagi lulusan administrasi negara ini. Kamu bisa langsung memberikan kontribusi dalam menjalankan pemerintahan, kamu akan memberikan peran dengan pengaplikasiannya kepada menetapkan kebijakan pemerintah, menyediakan solusi, dan lain sebagainya.       

    2. Anggota atau Staff legislatif

    Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi Staff atau anggota legislatif kamu bisa menjadi staff atau anggota legislatif yang berada pada pusat maupun daerah. Selama duduk di bangku universitas mahasiswa akan diberikan pemahaman dan strategi yang terbilang khusus dalam menjalankan roda pemerintahan oleh karena itu pemahaman akan ini sudah tertanam pada lulusan jurusan administrasi negara ini. Oleh karena itu tidak heran lagi jika kita banyak melihat lulusan administrasi negara ini yang sukses duduk pada kursi legislatif, ketika kamu sudah menjadi anggota legislatif atau staff legislatif kamu akan mendapatkan wewenang untuk menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah secara inti.

    3. Aktivis Organisasi Masyarakat

    Sebagai lulusan administrasi negara kamu dapat bergabung dalam sebuah LMS atau organisasi masyarakat. Biasanya kamu akan beraktivitas dengan membela masyarakat yang tertindas, masyarakat keterbelakangan sehingga mereka dapat hidup dalam keidealan dan tentram. Karena lulusan administrasi banyak dibekali dengan kemampuan yang dapat membuat masyarakat menjadi lebih ideal dengan suatu kebijakan yang lebih tepat. Karena keproduktifan seorang lulusan jurusan ini akan dapat menjadikan mereka menjadi seorang aktivis.

    4. Konsultan Pemerintahan

    Tidak selama nya roda pemerintahan akan berjalan dengan lancar, tentu akan ada nya beberapa hambatan yang dapat membuat roda pemerintahan menjadi macet. Sehingga kita harus menghilangkan segala gangguan yang ada agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar. Menjadi seorang konsultan pemerintahan bagi seorang lulusan administrasi negara akan sangat cocok karena mereka para lulusan jurusan ini telah mempunyai bekal yang  bisa terbilang khusus yang mereka dapat dari selama duduk di bangku universitas mereka akan dapat memberikan solusi, masukan, atau bahkan merumuskan suatu strategi yang dirancang sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Konsultan pajak ini akan sangat dibutuhkan perannya dalam menangani masalah-masalah yang muncul yang dapat membuat roda pemerintahan berjalan dengan tidak baik.

    5. Asisten Peneliti

    Menjalankan pemerintah tidak akan terlepas dari yang namanya gangguan, oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut biasanya para ahli pemerintahan melakukan riset  yang berguna untuk mencari jalan keluar yang dapat memperbaiki kinerja pemerintahan agar roda pemerintahan akan berjalan denga baik. Kita semua tahu cakupan suatu pemerintah itu sangatlah luas yakni dapat dikategorikan seperti kecamatan, kabupaten dan lain sebagainya oleh karena itu para ahli pemerintahan akan membutuhkan asisten dalam penelitian nya tersebut bagi kamu lulusan administrasi negara yang telah dibekali ilmu pemerintahan akan sangat dibutuhkan dalam prospek kerja yang satu ini.

    6. Anggota Partai Politik

    Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan partai politik karena nyatanya partai politik ini juga berperan besar dalam menggerakkan roda pemerintahan. Oleh karena itu kamu lulusan administrasi yang tertarik dengan dunia politik, kamu dapat langsung terjun kedalam dunia politik dengan berbekal ilmu administrasi negara tersebut dikarenakan kondisi tersebut kamu bisa memahami dan mengerti bagaimana roda pemerintahan di indonesia ini berjalan. Oleh karena itu lulusan administrasi memiliki peluang kerja sebagai anggota maupun aktivis dalam suatu partai politik.

    Jika kamu memiliki keterampilan lain seperti bisa berbahasa asing, menguasai teknologi dan lain sebagainya maka akan membuat kamu lulusan administrasi negara ini menjadi mempunyai prospek kerja yang lebih tinggi lagi. Terlebih pengalaman berorganisasi yang pernah kamu ikuti.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Administrasi Negara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar