Takjil Khas dari Sumatera

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia disebut sebut sebagai Negara Kepulauan karena di tanah air kita ini terdapat banyak pulau-pulau dari sabang hingga merauke, dari pulau yang paling kecil yaitu pulau Weh, pulau Simping, dan pulau Lombok, hingga ke yang paling besar yaitu pulau Sumatra, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan masih banyak lagi. Di setiap pulau pastinya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, karena di setiap pulau memiliki penghuni yang berbeda-beda. Berbicara tentang makanan, di Indonesia sangat banyak makanan khas nya, ada yang manis, asam, dan pahit.

    Jika kita pergi mampir ke ibu kota pulau jawa barat yaitu kota Banten, kita akan disambut dengan makanan khas nya yaitu sate bandeng, dan jika kita mampir ke ibu kota Sumatra barat yaitu padang, dan kita akan disambut dengan makanan khas nya yaitu rendang. Saat bulan puasa seperti juga banyak orang yang menjajahkan dagangan makanan khas kampung mereka. Berikut takjil untuk berbuka puasa khas Pulau Sumatera :

    1. Sumatra Utara

    Ibu kota Sumatra Utara yaitu kota Medan banyak menjual takjil khas medan di pinggir-pinggir jalan, selain harganya yang murah makanan ini juga sangat enak di nikmati saat berbuka puasa, makanan yang paling sering dinikmati saat berbuka puasa oleh orang medan antara lain:

    • Mi Gomak

    Mi Gomak yang merupakan bahan dasarnya dari mie lidi menjadi makanan khas medan yang sangat digemari oleh orang medan dan juga dari manca Negara. Mi ini di hidangkan dengan kuah kacang dan di jual di pinggir jalan, dan sangat banyak di temui bila bulan ramadhan tiba.

    • Roti Jala

    Tak kalah dari Mi Gomak, jika anda mencari takjil manisan, roti jala lah yang harus kalian coba, roti jalan juga popular lo di medan. Roti jala yang berbahan dasar tepung terigu di aduk sampai encer kemudian di masak di wajan dan terakhir di campur dengan kuah yang sangat gurih dan nikmat panas ini merupakan takjil berbuka puasa yang sangat digemari oleh orang medan.

    • Lemang

    Siapa yang tidak kenal Lemang??khususnya orang Sumatra pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini, Lemang yang berbahan dasar beras ketan yang dimasak di dalam bambu yang sebelumnya di gulung menggunakan selembar daun pisang lalu dibakar hingga matang ini menjadi makanan wajib saat bulan ramadhan, jika kita berkunjung ke rumah tetangga orang medan, pasti terletak lemang yang sangat mengundang selera.

    2. Sumatra barat, Kota Padang

    • Bubur Kampiun

    Apa itu bubur kampiun?? Bubur kampiun merupakan campuran dari ketan putih yang dikukus. Biasanya bubur kampiun di sajikan dengan bubur sum-sum, kolak pisang, dan bubur kacang hijau. Bubur kampiun sangat cocok untuk hidangan berbuka puasa karena selain rasanya yang enak, bubur ini di sajikan dengan banyak dan langsung membuat anda kenyang.

    • Lapek Bugih

    Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini berbentuk kerucut seperti piramida dengan tekstur lengket dan kenyal. Lapek bugih ini biasanya di isi dengan gula merah dan parutan kelapa manis lalu di bungkus menggunakan daun pisang. Agar lebih menarik, lapek bugih diberi warna merah muda atau warna hijau. Saat bulan ramadhan tiba, banyak yang menjual lapek bugih ini di pinggir jalan, dan sangat wajib ada di setiap rumah apabila sudah masuk hari lebaran tiba.

    3. Sumatra Selatan, Kota Palembang

    • Pempek

    Makanan yang satu ini sangat populer di kalangan luar dan sangat digemari oleh semua orang. Pempek yang berbahan dasar ikan yang digiling lembut, tepung kanji, dan telur ini sangat nikmat di hidangkan saat bulan puasa datang, biasanya pempek akan disajikan dengan kuah yang sangat nikmat. Pempek merupakan makanan yang sangat enak disajikan saat berbuka puasa.

    • Es kacang merah

    Minuman yang satu ini wajib anda cicipi bersama keluarga anda jika berjalan-jalan ke Palembang, karena minuman ini sangat populer di Palembang. Es kacang merah berbahan dasar kacang merah, diberi susu, lalu di campur dengan gula merah. Minuman ini sangat cocok dihidangkan dengan pempek saat berbuka puasa.

    Itulah beberapa takjil yang harus kalian coba bersama keluarga anda, masih banyak takjil yang sangat enak di Indonesia ini, tinggal anda saja yang memilih.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Takjil Khas dari Sumatera
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar