Prospek Kerja Lulusan Teknik Geomatika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Geomatika merupakan program studi teknik yang mempelajari khususnya dalam ilmu tentang geomatika, Geomatika adalah program keilmuan yang menguasai tentang pendekatan terpadu dari kegiatan mengukur, menganalisa, mengelola, menyimpan, dan menyajikan deskripsi dari data berbasis muka bumi atau data special.

    Mahasiswa di jurusan ini juga mempelajari berbagai bidang ilmu geodesi maupun informatika, ilmu kebumian sangat penting perannya karena hampir semua lapangan kerja dan industry menggunakan peran insting special geodesi contohnya perminyakan pertambangan, dan teknologi informasi oleh sebab itu jurusan ini sangat cocok dengan kamu yang tertarik dengan dunia kebumian dan pemanfaatan teknologi informasi

    Program studi ini mempelajari mengenai cara melakukan survey rekayasa, survey Rute, survey pertambangan, pemetaan digital, pemetaan tematik dan masih banyak lagi mata kuliah lainnya. Di jurusan ini kita sendiri ada beberapa universitas yang menyelenggarakan dengan waktu kuliah 3 tahun (D3)

    Berikut beberapa prospek untuk studi teknik geomatika sebagai berikut;

    1. Instansi pemerintahan
    2. stansi pemerintahan yang membutuhkan kemampuan dari para lulusan ahli teknik geomatika ini sangat banyak. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang mencari tenaga kerja lulusan ini, seperti kementrian pekerjaan umun, badan koordinasi survey dan pemetaan nasional, badan perencanaan bencana dan masih banyak lagi lainnya
    3. Lembaga penelitian

    Selain di instansi pemerintahan anda juga bisa bekerja di berbagai Lembaga penelitian yang bisa meneliti bumi dan kondisi alam Lembaga penelitian ini seperti LIPI dan LAPAN ( Lembaga penerbangan dan antariksa nasional ) dan masih banyak lagi lembaga lainnya.

    1. Perusahaan konstruksi

    Beberapa BUMN dan perusahaan swasta juga bisa dapat menjadi pelabuhan setelah lulus dari perkuliahan. Dan apalagi sekarang banyak pembangunan pembangunan yang di lakukan di daerahkita mulai darijalan, jembatan, dan Gedung Gedung tinggi, oleh sebab itu kamu juga bisa bekerja di bagian lokasi tersebut perusahaan kontruksi di Indonesia menjadi pilihan karir kamu ke depannya

    1. Perusahaan pertambangan

    Anda juga bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangansetelah lulus kuliah nanti, berikut beberapa perusahaan pertambangan sepertiKrakatau steel, PT Timah Antam, dan lain-lain.

    1. Perusahaan konsultan pembangunan dan konstruksi

    Anda juga bisa bekerja di perusahaan ini setelah lulus kuliah karena perusahaan ini menawarkan jasa konsultasi mengenai konstruksi dan pembangunan. Klien dari tenaga kerja perusahaan ini biasanya pemerintah konstruksi

    1. Perusahaan minyak dan gas

    Perusahaan minyak dan gas ini sama kerjanya dengan perusahaan pertambangan hanya membutuhkan ahli pemetaan lokasi dimana tempat produksi nya minyak atau pertambangan minyak dan gas dilakukan.

    1. Pengajar

    Pengajar adalah orang yang akan mengajar di bidang geomatika dan geodesi, nah dan anda juga bisa menjadi tenaga pengajar nantiakan tetapi kamu juga mempunyai kesempatan untuk meneliti karir di bidang Pendidikan dengan menjadi dosen terlebih dahulu di berbagai Universitas yang menyelenggarakan Pendidikan bidang geomatika.

    1. Persero

    Pekerjaan ini juga perlu lulusan geodesi yang harus ahli di bidang ini dalam menjalankan perusahaannya. Gaji yang akan di dapatkan adalah sangat besar karena memang belum banyak orang yang berminat dalam pekerjaan ini.

    Itulah beberapa prospek jika anda mengambil jurusan geomatika, umumnya alumni jurusan teknik geomatika akan menjadi seorang geodet/surveyor. Di bidang pekerjaan ini dimasuki oleh jurusan seperti perminyakan, pertambangan, kelautan, konstruksi, dan lain lain. Dan satu lagi jurusan ini juga banyak menjadi dosen.(Satria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Lulusan Teknik Geomatika
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar