Tips Puasa Bagi Penderita Anemia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di saat bulan suci Ramadhan di saat ini, dengan menjalankan ibadah puasa yang wajib bagi umat muslim di seluruh dunia, namun ada juga sebagian orang yang mengalami masalah untuk menjalankan ibadah puasa,  yaitu penyakit. Salah satunya adalah penyakit anemia. Karena di saat menghadapi puasa Ramadhan penderita anemia tidak mendapatkan asupan makanan yang baik dan tubuh akan mengalami drop, meskipun puasa tidak boleh menjadi suatu penghalang bagi anda penderita anemia. Baiklah artikel ini akan membahas mengenai tips puasa bagi penderita anemia.

    Gejala yang di sebabkan oleh penyakit anemia

    Anemia atau juga di sebut dengan kekurangan darah, yaitu jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin atau protein pembawa oksigen. Yang mengandung hemoglobin yang memungkinkan karena hal tersebut mengangkut oksigen dari jantung yang akan diperoleh dari paru-paru. sehingga menyebar ke seluruh tubuh. seseorang bisa ikatan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) yaitu kurang dari 41% pada laki-laki dan, konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Htc kurang dari 36% pada perempuan.

    Penyebab dari penyakit anemia adalah pendarahan yang dikeluarkan sangat berlebihan, rusaknya sel darah merah yang terlalu berlebihan hemolisis atau disebut juga dengan kekurangan pembentukan sel darah merah atau hematopoiesis yang tidak efektif. Namun gejala-gejala umum yang terjadi dari anemia adalah sesak nafas, kepala terasa ringan, pusing, palpitasi, pucat, kekebalan menurun dan kesadaran yang menurun.

    Dan itulah gejala-gejala dari penyebab penyakit anemia, berikut ini adalah tips puasa bagi penderita penyakit anemia:

    1. Bagi anda penderita anemia Diharapkan konsultasi ke dokter

    Sebelum anda mau menjalankan ibadah puasa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dan mintalah resep dari dokter sebagai antisipasi anemia yang menyerang ketika saat menjalankan ibadah puasa, jika penyakit anemia muncul saat berpuasa seperti pusing, pingsan, jantung berdebar-debar, sesak napas, sebaiknya anda jangan terlalu memaksakan diri untuk berpuasa, dan segeralah batalkan puasa anda minumlah obat resep dari dokter. karena jika anda tidak minum obat penyakit tersebut akan fatal dan berbahaya.

    1. Mengkonsumsi makanan bergizi

    Ketika berbuka puasa makanlah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B, dan konsumsilah makanan dan minuman yang manis-manis. Seperti kolak, teh manis, kurma. Setelah selesai sholat barulah anda makan makanan berat yang bergizi dan  mengandung zat dan vitamin B. Dan begitu juga ketika anda sahur perbanyakan juga makan yang beprotein di bandingkan karbohidrat karena dengan mengkonsumsi karbohidrat berlebihan bisa menyebabkan tubuh merasa lemas dan mudah lapar ketika puasa. Dan adapun makanan yang kaya akan zat besi dan dapat dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

    1. Konsumsi suplemen zat besi dan vitamin B.

    Bagi anda yang tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi dan kalori ketika puasa, sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung zat besi dan vitamin B12, asam folat maupun minuman mineral lainnya. Dan pastikan agar selalu konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar dosis obat bisa disesuaikan.

    Nah, itulah tips puasa bagi penderita penyakit anemia. Dan ikutilah saran artikel diatas, niscaya gejala anemia yang kamu derita tidak akan datang lagi, ketika anda sedang berpuasa jagalah asupan makan anda karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda penderita anemia.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Puasa Bagi Penderita Anemia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar