Kadiskes Riau Paparkan Gejala Cacar Monyet

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Penyakit cacar monyet merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus monkeypox yang dapat terjadi pada hewan tertentu termasuk manusia.

    Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir memberikan pemahaman, bahwa cacar monyet berbeda dengan cacar air, yaitu berbeda dari sisi jenis virus dan cara penularannya.

    "Gejala cacar monyet dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, dan rasa lelah yang diikuti oleh ruam yang membentuk lepuh dan kerak," kata Mimi di Pekanbaru, Rabu (15/5/2019), dikutip dari MediaCenterRiau.

    Sedangkan waktu dari paparan hingga timbulnya gejala adalah sekitar 10 hari. "Durasi gejala biasanya dua sampai lima minggu," jelasnya.

    Baca Juga: Waspada Cacar Monyet, Diskes Riau Awasi Kedatangan Penumpang dari Singapura dan Batam

    Di samping itu, Mimi juga berbagi kiat hidup sehat untuk mencegah penularan penyakit tersebut, diantaranya dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, hindari kontak dengan hewan dari Afrika, konsumsi makanan bergizi dan menghindari kontak dengan kasus penyakit tersebut.

    "Mengingat kasus monkeypox sudah diisolasi dan karantina ketat di Singapura, maka kemungkinan penyebaran penyakit ini kecil. Akan tetapi, kita perlu waspada," imbuhnya.

    Sebagai salah satu daerah yang berdekatan dengan Singapura, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pun telah melakukan beberapa langkah-langkah antisipasi. Seperti mulai mengawasi jalur kedatangan penumpang yang berasal dari Singapura dan Batam ke Pekanbaru, baik yang melalui jalur udara maupun laut.

    Untuk pengawasan di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru sendiri telah melaksanakan pengawasan terhadap penumpang sejak tiga hari yang lalu, yaitu pada hari Minggu (12/5/2019). (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kadiskes Riau Paparkan Gejala Cacar Monyet
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar