5 Rekomendasi Universitas Jurusan Tata Boga

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada tingkat SMK, Kita kenal dengan namanya program keahlian Jasa Boga ataupun Patiseri. Namun d ijenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti universitas, ada lagi yaitu Tata Boga. Baik dalam Pendidikan Tata Boga maupun murni Tata Boga, jurusan ini mampu membuatmu mahir dalam bidang kuliner.

    Selain mulai tumbuhnya minat dikalangan generasi kekinian, sehingga meningkatkan permintaan profesi chef sendiri. Tentunya, jurusan cooking (Boga) dan baking (Pastri) semakin melonjak peminatnya. Kamu juga salah satu yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ini? Dibawah ini sudah kami rangkum universitas mana yang bisa mengasah skillmu layaknya seperti seorang profesional.

    1. Universitas Negeri Jakarta

    Karena memiliki status sebagai Program Studi Pendidikan, alumni Jurusan Tata Boga UNJ bergelar S.Pd dan memiliki kemampuan untuk mengelola pembelajaran Tata Boga di tingkat sekolah menengah. Disini mereka tidak harus jadi guru, jika kuliah disini, kamu akan dibekali dengan pengetahuan tentang pengelolaan katering, restoran, bahkan hotel. Kamu juga bisa mengambil program D3 Tata Boga UNJ. Kamu akan dibekali tentang pengelolaan cake shop yang notabenenya menjual roti dan kue pada bidang patiseri. Yang artinya kamu sudah punya bekal yang sangat cukup untuk menjadi wirausaha di bidang kuliner yang kekinian serta menjanjikan.

    2. Universitas Negeri Surabaya

    Layaknya seperti UNJ, Tata Boga Unesa juga merupakan Program Studi Pendidikan. Kurikulum dalam jurusan ini mencakup mata kuliah Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Pemasaran Jasa Boga, Pengelolaan Kue dan Minuman Indonesia, Dasar Graha, Filsafat Ilmu, Manajemen Usaha Boga, Bakery dan Pastry, serta Program Pengelolaan Pembelajaran, Pengelolaan Hidangan Khusus, dan lain lain.

    Bila kamu kurang tertarik, Unesa masih punya D3 Tata Boga yang artinya jika lulus D3 Tata Boga maka kamu berarti menyandang gelar A.Md.

    3. Universitas Negeri Malang

    Program Studi Pendidikan tata Boga UM berada di Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik. Layaknya seperti kedua universitas sebelumnya, UM juga punya program studi D3 buat kamu yang tidak tertarik pada dunia pendidikan. Baik program studi Pendidikan maupun tidak, Tata Boga UM tetap menawarkan mata kuliah yang berbobot, seperti Pengendalian Mutu Makanan, Dasar Desain Boga dan lain-lain. Tak heran, jumlah calon mahasiswanya meningkat sejak tiga tahun silam.

    4. Universitas Pendidikan Indonesia

    Mahasiswa Pendidikan Tata Boga UPI biasanya hanya terdiri dari satu kelas besar, yang berarti penerimaan mahasiswa baru di setiap tahunnya tidak melebihi ratusan orang. Jika nanti diterima menjadi mahasiswa Pendidikan Tata Boga UPI, maka resmi bisa disebut sebagai Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner, kamu harus memilih pilihan konsentrasi keahlian di semester tiga, harus pilih satu diantara ketiga ini: Jasa Boga, Dietetika, Pastry.

    Dari namanya mungkin kamu sudah kebayang kan?

    Pada Jasa, disini kamu belajar tentang manahemen katering dan makanan oriental, nusantara dan kontinental. Adapun pada konsentrasi Dietetika, kamu bakal belajar tentang ilmu gizi serta bagaimana membuat makanan khusus untuk pasien penyakit tertentu. Dan selanjutnya pada keahlian Pastry, kamu bakal mahir tentang berbagai produk patisserie (bakery) pada matakuliah bisnis patiseri, cookies and candies , cake decoration, pastry dan cake dan lain lain. Kebayang kan bagaimana sedapnya aroma di dalam Fakultas Teknologi dan Kejuruan UPI saat mahasiswa Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga ini pas lagi praktikum?

    5. Universitas Negeri Yogyakarta

    Universitas ini juga punya Pendidikan Teknik Boga pada Jurusan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik. Di tahun 2018, total penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan seleksi Mandiri yang bisa mencapai 80 orang. Walaupun dibuka untuk kaum adam maupun hawa, Namun Jurusan Teknik Boga dan Busana memiliki populasi perempuan yang paling banyak di Fakultas Teknik. Dan UNY ini mempunyai program studi D3 juga yang berkonsentrasi pada Teknik Boga murni yang sudah menyandang akreditasi A

    Itulah 5 Rekomendasi Universitas Jurusan Tata Boga yang sudah kami rangkum, semangat terus untuk mengejar passionmu di dunia kuliner, ya.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Rekomendasi Universitas Jurusan Tata Boga
    Sangat Suka

    66%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar