Tips Memperkenalkan Puasa pada Anak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai orang tua yang baik. Tidak ada salahnya jika memperkenalkan puasa pada anak-anak sejak usia dini. Lalu bagaimana cara oran tua mengajarkan anaknya? Daripada memberi pengertian terhadap anak lebih baik memberikannya sebuah gambaran atau contoh.

    1. Memberi Teladan

    Disini maksudnya adalah orang tua memberikan gambaran atau contoh kepada anaknya tentang berpuasa jadi anaknya akan mengikuti orang tuanya.

    1. Tidak memaksa

    Sebagai orang tua tidak perlu memaksa anaknya untuk berpuasa. Jika orang tuanya memaksa maka anak tersebut tidak akan menjalankannya dengan baik atau tidak tertarik dengan puasa. Contohnya puasa setengah hari, baru setelah itu puasa full.

    1. Mulai bertahap

    Contohnya seorang anak itu banyak makanan kesukaannya jadi pas berpuasa mintalah ke mereka supaya tidak memakan makanan kesukaan mereka selama bulan puasa.

    1. Memberikan penghargaan

    Karena si anak sudah bersusah payah dalam puasa. Jadi sebagai orang tua memberikan penghargaan kepada si anak karena bisa menyelesaikan ibadah puasanya selama 1 bulan. Maka dengan memberi mereka hadiah anak tersebut akan lebih semangat lagi dalam berpuasa.

    1. Mengenalkan apa itu makna puasa

    Karena anak-anak punya rasa ingin tau yang tinggi. Jika anak-anak belum tau tentang berpuasa. Orang tua bisa memberitahukan kepada mereka apa itu puasa dengan cara menceritakan cerita tentang berpuasa kepada mereka.

    1. Mengenalkan manfaat puasa

    Karena anak-anak lebih suka mengerjakan kegiatan yang mereka sukai. Maka orang tua disini harus bisa membuat anaknya tertarik dengan puasa dengan cara memberitahu mereka apa manfaat dari puasa tersebut.

    1. Berikan kesempatan anak untuk berpuasa

    Jika orang tua sudah mengajarkan apa itu manfaat dan makna berpuasa kepada anak mereka maka tahap selanjutnya adalah membiarkan mereka tau sendiri apa itu yang berpuasa supaya mereka bisa mandiri.

    1. Hadirkan suasana puasa yang menyenangkan

    Misalkan pada saat sahur orang tua menyiapkan makanan yang enak supaya anaknya tidak malas untuk bangun tidur. Sebaliknya saat berbuka puasa misalnya ajaklah anak itu untuk pergi beli makanan kesukaan dia.

    1. Membuat kegiatan yang menyenangkan

    Contohnya seperti ngabuburit. Disini ajaklah mereka ke tempat-tempat yang enak dilihat dan menyegarkan.

    1. Ajak melakukan ibadah Bersama

    Selain mengajaknya solat wajib, ajaklah dia untuk solat tarawih di masjid dan agar dia semakin bersemangat solat ke masjid kita juga bisa membelikannya kain sarung atau mukena. Ini diperlukan karena kalo sudah di ajarkan seperti itu dari kecil sampai dewasa nanti dia pasti akan seperti itu.

    1. Perkenalkan berbagai istilah dengan cara sederhana

    Orang tua harus membuat si kecil tertarik dengan bulan Ramadhan misalnya istilah-istilah ngabuburit, tarawih, sahur, berbuka sering-seringlah sebut itu dekat mereka hingga mereka akan terbiasa.

    1. Menceritakan sejarah-sejarah tentang islam dan asal mula puasa

    Biasanya seorang anak itu suka mendengarkan cerita. Jadi disini bisa orang tua menceritakan sahabat-sahabat nabi dan bagaimana kehidupan mereka pada zaman dahulu dan itu bisa membuat seorang anak menjadi tertarik dan ingin melaksanakan puasa tersebut.

    1. Bukan Hanya menahan rasa lapar

    Ini adalah hal yang paling penting yang di perkenalkan ke anak sebelum mereka disuruh untuk berpuasa. Berikanlah mereka sebuah pemahaman yang sederhana tapi jelas dan membuat mereka sadar kalo berpuasa itu bukan hanya untuk menahan rasa lapar saja.

    1. Tidak Boleh curang

    Pastinya seorang anak pasti pernah curang dalam berpuasa. Jadi disini orang tua memberikan arahan terhadap mereka.

    1. Memberikan Teladan

    Sudah seharusnya orang tua memberikan teladan terhadap anak-anaknya. Karena seorang anak biasanya lebih suka meniru terlebih dahulu.

    Itulah beberap tips yang bisa ibu-ibu praktekan di rumah untuk mengajarkan puasa kepada anak-anak ibu.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memperkenalkan Puasa pada Anak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar