Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Prospek jurusan kesehatan ini banyaknya kasus-kasus penyakit yang dialami masyarakat tidak diimbangi oleh pengetahuan masyarakat tentang penyakit itu tersendiri, terkadang kebanyakan orang acuh tidak acuh terhadap kondisi dirinya sendiri, terhadap tubuhnya maupun lingkungan. Oleh sebab itu terbentuknya jurusan kuliah kesehatan masyarakat, yang bertujuan agar lulusan kesehatan masyarakat bisa meningkatkan kompetensinya dan mengatasi keluhan dari kesehatan di kalangan masyarakat. Berikut ini adalah prospek jurusan kesehatan masyarakat.

    1. Administrasi Kebijakan Kesehatan

    Adminiistrasi kebijakan kesehatan ini adalah wadah dan proses dimana manajemen dan organisasi yang akan dipakai sebagai suatu sarana untuk menentukan kebijakan umum, yang bertujuan agar memberikan pelayanan kesehatan dan untuk masyarakat. Bagi anda yang merupakan lulusan kesehatan masyarakat ini, anda juga bisa mempunyai dari berbagai profesi maupun di bidang administrasi. Yaitu kebijakan kesehatan yang seperti Manager Rekam Medik, Manager RS, Manager Pemasaran RS atau Rumah Sakit, Bank Asuransi, Manager Asuransi Kesehatan, Manager Perusahaan Farmasi, Pemasaran Laboratorium Serta Alat Kesehatan, Finance, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Lembaga Maupun Organisasi Sosial.

    1. Gizi kesehatan untuk masyarakat

    Bagi anda lulusan jurusan kesehatan masyarakat, anda juga bisa menjadi seorang yang akan bekerja di bidang gizi ataupun kesehatan masyarakat, profesi ini akan di duduki oleh lulusan sarjana kesehatan masyarakat yaitu sebagai manager maupun kualitas dan control pada perusahaan food maupun baverages.

    1. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja atau K3

    Bagi anda yang mempunyai prospek kerja kesehatan yang sangat luas dan berbeda di bidang keselamatan kesehatan kerja. Dan jika anda ingin mendapatkan gelar sebagai S.KM perusahaan besar maupun perusahaan kecil, hal tersebut akanmembutuhkan untuk anda yang jurusannya K3.

    Berikut ini adalah profesi yang bisa diduduki oleh sarjana kesehatan masyarakat di dunia kerja:

    • Konsultan amdal atau analisis yang mengenai dampak lingkungan.
    • Konsultan untuk limbah.
    • Manger lingkungan dan RS (Rumah Sakit)
    • Manager QHSE dan manajer K3L yaitu, berbagai perusahaan seperti Chevron,  LNG Tangguh, Free Port, Newmont, Jasa untuk Konstruksi, Telkom ETC, PT. Pertamina, PLN, dan Tekstil.
    • kuality control supervisor  yang  biasanya ada di berbagai perusahaan, ada juga makanan dan minuman yaitu, Laboratorium Kesmas, Puskesmas, Sosro, Manager HACCP yaitu pada Restaurant, Dinas Kesehatan, Sanitarian Pada Hotel Dan Restourant, Bapedal, Aqua, Coca-Cola, Catering, Labkesda. 
    1. Promosi Kesahatan Masyarakat        

    Sarjana lulusan SKM juga akan masuki di bidang promosi di dalam kesehatan masyarakat, biasanya anda akan menduduki hal tersebut sebagai profesi sebagai manajemen pengelola di dalam mensosialisasikan kesehatan yang ada di dalam lingkungan masyarakat dan tenaga ahli yaitu, Dinas Kesehatan, Gizi Masyarakat, Puskesmas, Ruah Sakit, Asuransi Kesehatan, kesehatan lingkungan dan lembaga-lembaga CSR yang ada di dalam perusahaan tersebut.

    1. Epidominologi dan Biostatistik

    Sarjana bagi yang lulusan SKM di dalam bidang epidemologi dan biostatistik bisa berprofesi sebagai analisa dinas kesehatan dan team lainnya. Dan anda juga bisa bekerja berbagai tenaga ahli statistik di RS (Rumah Sakit). Lembaga penelitian masyarakat, dan puskesmas. Jika anda menginginkan profesi ini, anda bisa bekerja di lembaga survei Indonesia, Bapeda, BPS, BKKBN. Dan lain-lain.

    1. Wiraswasta

    Bagi anda yang mengambil jurusan kesehatan masyarakat anda tidak perlu merasa cemas, karena jurusan kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaanbesar yang ada di lapangan kerja lainnya yang akan terbuka lebar untuk anda yang mengambil jurusan kesehatan masyarakat.

    Jika anda belum mempunyai keinginan untuk bekerja anda bisa membuka bisnis seperti berwiraswasta seperti membuka sebuah bisnis catering, pest control dan konsultan amdal dan lembaga sebagai pengelola lingkungan.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar