Tips Dalam Mencari Ide Bisnis yang Kreatif dan Sukses

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mencari ide bisnis sebenarnya tidak terlalu sulit, ide sangat penting untuk kesuksesan masa depan bisnis anda agar bisa jauh lebih cepat sukses. Banyak orang mau berbisnis, tetapi bingung mulai dari mana, bingung mencari ide bisnis yang mau dia buat apa. Rata -rata mereka merasa ide bisnis yang mereka dapat masih kurang menarik dan kurang berpeluang   kedepanya jika dijalankan, bahkan takut tidak laku di pasaran.

    Siapapun anda saat ini baik itu seorang karyawan perusahaan, mahasiswa yang mau belajar bisnis, atau seorang pengangguran yang sudah melamar sana-sini, namun belum juga ada perusahaan yang menerima lamaran kerja anda, sehingga anda ingin memutuskan untuk memulai berbisnis tapi terkendala dengan mencari ide bisnis yang pas. Berikut beberapa tips dalam mencari ide bisnis :

    1. Mencari ide bisnis yang bisa menyelesaikan masalah

    Bisnis yang bisa diawali dengan menyelesaikan masalah hajat orang banyak, akan jauh lebih laris dan berpeluang cepat besar. Untuk mencari ide bisnis pemula, kita bisa cari dari permasalahan pribadi yang pernah dialami, masalah keluarga, masalah tetangga, masalah daerah provinsi atau kabupaten kota tertentu, dan masalah nasional.

    Kita belajar pada bisnis GOJEK yang hadir menyelesaikan masalah transportasi di Indonesia dimasa saat ini sudah menjadi perusahaan Decacorn satu-satunya di Indonesia tahun 2019. Berawal dari founder GOJEk mau pergi bekerja di sebuah perusahaan konsultan di Jakarta, ia sering ditipu oleh tukang ojek dengan biaya yang sangat mahal.

    Biaya yang di patok tukang ojek dari rumah tempat dia tinggal ke tempat kerja berubah-ubah setiap hari, besar kecilnya biaya di saat itu tergantung sama tukang ojek, ironisnya biaya naik ojek lebih besar dari biaya makan. Nadiem sering terlambat datang ke tempat dia bekerja, dikarenakan kadang sulit mendapatkan tukang ojek, serta macetnya kota Jakarta, ditambah biaya ojek yang mahal. Hal inilah menjadi salah satu yang memicu Nadiem Markarim untuk menciptakan aplikasi ojek online seperti GOJEK.

    Binsis Gojek terus berkembang menjadi beberapa sub bisnis yang pada prinsipnya adalah menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Contoh GOFOOD bisa memudahkan ibu-ibu pekerja yang tidak sempat memasak untuk bisa order makan dengan GOFood. Anak-anak kos yang takut keluar malam, karena bisa jadi takut sama begal, takut dicopet, dan malas untuk memakai baju lagi, cukup order di GoFOOD dari rumah kos, maka beberapa menit kemudian makanan yang diorder akan datang langsung ke rumah.

    2. Bisnis ATM (Amati Tiru dan Modifikasi )

    Untuk memulai bisnis, kita bisa mencontoh bisnis orang lain yang sudah sukses, dan kita buat model baru namun dengan target pasar yang berbeda. Jika anda berjualan ditempat kota yang sama, bisnis anda harus mempunyai nilai unik , baik dari segi produk maupun dari segi segmentasi pasar.

    Ingat bisnis yang anda tiru harus bisnis yang sudah sukses, bisnis yang sudah teruji banyak dibeli oleh costumer. Sebenarnya bisa juga sih binis yang gagal kita contoh idenya, tetapi pastikan anda memiliki analisa mendalam penyebab kegagalannya. Dari kesalahan kegagalan mereka itu anda bisa mencari solusi agar bisnis dengan ide yang sama bisa berkembang di tangan anda.

    3. Bisnis kebutuhan pokok

    Sekarang pergi anda ke depan kaca, perhatikan diri anda mulai dari atas rambut hingga ujung kaki anda. Semuanya adalah peluang bisnis. Mulai dari rambut, dari rambut kita banyak hal yang bisa dijadikan bisnis. Jual minyak rambut, pangkas rambut, pewarna rambut, dan salon rambut.

    Kemudian lihat kaki anda, dari kaki banyak hal yang bisa dijadikan bisnis. Bisnis sepatu, bisnis sendal, bisnis kaos kaki, jual potong kuku kaki, hena atau inai untuk mempercantik warna kuku bagi wanita, pijat kaki, dan lain-lain.

    Masuk ke perut, bisnis yang berhubungan dengan perut sangat banyak, bisnis dengan perut lebih menjanjikan dari bisnis kebutuhan otak. Perut adalah sumber kehidupan kita, perut butuh makan, perut butuh minum, tubuh diluar perut butuh pakaian. Dari makanan saja banyak yang dibutuhkan perut, seperti jual beras, jual nasi padang, ayam penyet, nasi goreng, mi rebus, jualan buah, dan  lain-lain.

    Banyak bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan pokok yang bisa kita buat.  Semua ada peluang bisnisnya, bisnis yang berhubungan dengan tangan, bisnis yang berhubungan dengan leher, bisnis yang berhubungan dengan mata, bisnis yang berhubungan dengan badan anda. Mulai dari ujung rambut anda sampai ujung kaki semua bisa kita jadikan bisnis. So selamat mencoba gaes.

    4. Bisnis yang bisa dijual lebih murah dari pada kompetitor

    Kita bisa buat bisnis baru yang sama yang lebih murah harganya dari kompetitor kita, tinggal ditiru semua teknisnya dari hulu sampai hilir, saat anda sudah dapat ilmunya anda bisa langsung buka bisnis baru yang sama, tetapi dengan harga yang lebih murah.

    Bisa juga cara kedua dengan melakukan mitra bisnis atau franchise bisnis dari bisnis yang sudah sukses. System mitra lebih ampuh bagi anda yang sudah memiliki modal, tingal keluarkan modal, bisnis anda tinggal jalan, anda tidak perlu memikirkan produk, anda tidak perlu memikirkan manajemen. Anda cukup evaluasi saja keuangan anda, evaluasi pimpinan anda, dan anda akan  terima uang keuntungan bersih setiap bulan

    5. Lakukan jalan-jalan bisnis

    Kebanyakan orang jalan-jalan hanya mengeluarkan duit, setelah balik dari jalan-jalan hanya bisa bercerita kepada teman-teman mereka tentang hal yang terkesan sama mereka saat jalan-jalan, baik kesan baik maupun kesan jelek.

    Seorang entrepreneur harus memiliki sudut pandang berbeda setiap jalan-jalan yang mereka lakukan. Jalan-jalan entrepreneur bisa meransang ide bisnis baru untuk inovasi bisnis yang kita punya, atau untuk mencari ide bisnis yang baru yang kita dapat di kota lain untuk di terapkan di kota kita.

    Saat pergi jalan-jalan ke kota lain pastikan anda melihat kiri dan kanan dengan jeli bisnis yang ada, dan dari semua yang anda lihat kalau bisa dicatat dan difilter semua bisnis yang anda lihat tersebut, pilih  beberapa bisnis prioritas yang menurut yang kira-kira cocok untuk diterapkan di kota anda tinggal.

    6. Hobi anda bisa jadikan bisnis

    Banyak orang tidak tau peluang bisnis itu bisa dari hobi, jika anda hobi renang, tari, menulis, membaca, itu bisa dijadikan bisnis.

    Sekarang silahkan list hobi anda apa, lalu pikirkan market anda, buat brosurnya, lalu sebarkan di medsos yang anda punya. Maka dari hobi anda itu bisa menjadi bisnis.

    Pak hobi saya jalan-jalan pak, hobi saya makan pak, hobi saya tidur pak bisa tidak itu menjadi bisnis. Saya jawab bisa.

    Banyak kok yang jadi milyader di Indoneisa dengan hobi jalan-jalan, bahkan dengan hobi shoping bisa jadi milyader. Jika hobi anda makan, coba setiap anda makan anda buat vlog, artikel makan anda, konten harus kreatif, konten makan harus dibutuhkan orang yang menonton, jika anda konsisten dengan konten makanan baik melalui video konten atau jurnalis konten bisa membawa sukses, dan ini sudah menjadi bisnis anda.

    7. Cari di google

    Google sudah lama tren dikalang masyarakat Indonesia, apapun ilmu yang mau kita pelajari ada semua di google. Termasuk ilmu ide bisnis. Tinggal beli paket internet, kemudian searching di google “ide bisnis “ makan anda akan menemukan banyak ide bisnis untuk referensi bisnis yang akan ingin anda buka.

     

     

    Bantuan Aan

    Founder dan CEO Garuda Cyber Group

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Dalam Mencari Ide Bisnis yang Kreatif dan Sukses
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar