Andre Taulany Resmi Dilaporkan ke Polisi 

Daftar Isi

    JAKARTA- Komedian yang juga mantan vokalis Band Stinky, Andre Taulany resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Persaudaraan Alumni 212, karena dirasa menghinda Rasulullah Muhammad Shallalahu Allahi Wassalam.

    "Begini, saya tahu dia itu komedian. Tapi tolong kalau sudah menyangkut namanya Rasulullah, jangan dong. Dia mesti bisa mawas diri. Dia musti tahu dong. Saya kira dia orang cerdas, dia Muslim, ngerti. Kata-kata itu enggak layak gitu loh," kata Tim Hukum PA 212, Dedi Suhardadi.

    Dia mengatakan, dilaporkannya Andre bukan karena ingin sengaja mencari kesalahan Andre. Andre akhirnya dilaporkan karena tak meminta maaf atas pernyataannya itu, padahal Habib Muhammad Hanif Alathos sudah mengecamnya. 

    "Kalau enggak salah itu videonya memang dua tahun lalu, 2017. Tapi karena memang baru mengetahui, jujur, baru kemarin, begitu saya lihat videonya, agak lengkap lah, saya sebagai seorang Muslim merasa sedih, marah," ujarnya. 

    Dalam laporannya, Dedi membawa barang bukti berupa cuplikan video Andre dari YouTube yang diduga mengandung penistaan agama. Selain itu, dia membawa print out pemberitaan media online.

    Sementara itu, laporan di Polda Metro Jaya dibuat oleh seorang advokat bernama Sulistyowati atas tuduhan yang sama. Laporannya bernomor TBL/2727/V/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 4 Mei 2019 dan Andre dilaporkan atas Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama.

    Sulistyowati mengaku ia tak terima dengan pernyataan Andre, sehingga akhirnya memilih langkah hukum. Sebagai figur publik, menurut dia, harusnya Andre jadi contoh baik.

    Sebagai komedian harusnya dia bisa mencari bahan candaan lain bukan menghina Rasulullah SAW. Belum lagi Andre juga menurutnya pernah diduga menghina Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad 

    "Sebenarnya tidak hanya untuk pelawak, buat siapa pun juga jaga adab terhadap para ustaz kami, ulama kami bahkan jangan pernah memperolok-olok Rasulullah. Kami Umat Islam pasti tidak terima," katanya lagi seperti yang dikutip dari vivanews.com

    Dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Andre diduga dilakukan pada 2017 dalam acara di salah satu stasiun televisi swasta nasional. Saat itu Andre dan pelawak Sule menjadi host dalam acara tersebut.

    Hadir sebagai bintang tamu dalam acara itu yakni Muhammad Devirzha atau biasa disapa Virzha "Idol". Berawal saat Sule menanyakan ke Virzha mengenai filosofinya tentang parfum.

    "Aku pernah baca kisah. Jadi Nabi Muhammad itu aromanya seribu bunga gitu. Berawal dari situ sih. Kalau kita bisa wangi, kenapa enggak," jawab Virza.

    Tiba-tiba Andre mengeluarkan celetukan,"Aroma seribu bunga? Itu badan apa kebon?.

    Kalimat inilah yang dinilai menuai kontroversi. Disebutkan di video yang beredar di YouTube bahwa acara itu tayang pada 2017. Namun baru beberapa hari ini viral.

    Banyak pihak menyayangkan lawakan Andre ini. Salah satunya Habib Muhammad Hanif Alathos.(haz)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Andre Taulany Resmi Dilaporkan ke Polisi 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar