Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kelautan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Program studi bagi Ilmu Kelautan yang merupakan program studi yang mempelajari bagaimana cara pengelolaan dan bioteknologi ilmu kelautan, sehingga menghasilkan produk dari penerapan teknologi yaitu terhadap organisme laut.

    Jurusan kuliah untuk ilmu kelautan yaitu studi yang akan mengkaji cara pengelolaan sumber daya kelautan dan menciptakan sebuah komoditas-komoditas makhluk laut dari implementasi pengetahuan dan teknologi. Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas 13.000 pulau dan terbentang seluruh Nusantara.

    Hal ini juga diperluaskan dan diperketat daratannya yang hanya sepertiga dan seluruh luas di Indonesia. Dengan kondisi sedemikian rupa Indonesia mempunyai potensi yang di bidang kelautan yang sangat besar, namun. Sumber daya manusia sampai saat ini sangat terbatas.

    Berikut ini adalah prospek kerja lulusan ilmu kelautan:

    1. Lembaga Penelitian

    Banyak balai penelitian yang berkembang baik itu di bawah naungan instansi pemerintah maupun swasta, mengingat industri kelautan yangmenjadi salah satu industri yang akan semakin berkembang. Karena masih banyak juga sumber daya kelautan yang masih belum dimanfaatkan dengan baik.

    1. Instansi Pemerintah

    Bagi yang lulusan dari ilmu kelautan anda juga bisa berprofesi sebagai PNS. Mengingat banyaknya dinas-dinas yang berkaitan dengan kompetensi yang akan dimiliki. Bisa kerja di Kementrian Kelautan, dinas kelautan Provinsi maupun Kabupaten ini dan dinas-dinas terkait dengan lainnya.

    1. Tenaga Pengajar

    Lulusan dari ilmu kelautan anda juga bisa menjadi seorang tenaga pengajar, seperti guru SMK Kelautan, dan menjadi seorang Dosen dari perguruan tinggi, namun hal tersebut harus S2 jika anda ingin menjadi Dosen.

    1. Wirausaha

    Tidak hanya itu lulusan ilmu kelautan juga bisa menjadi seorang wirausaha dan juga menjadi sebuah pilihan, mengingat potensi kelautan tersebut anda mempunyai peluang yang berwirausaha di sektor ini cukup terbuka lebar.

    1. Instruktur Diving

    Dengan lulusan ilmu kelautan pasti dibekali dengan ilmu renang dan menyelam, sehingga hal tersebut menjadi seorang instruktur diving untuk wisatawan. Tidak hanya itu ilmu kelautan ini mengerti banyak hal tentang segala biologi atau organisme lautan sehingga mampu menjelaskan dengan baik dan benar ke wisatawan. Peluang bagi ilmu kelautan menjadi pemandu diving juga terbuka lebar menjadi diving di bawah laut, karena banyak wisatawan yang berminat untuk diving ke Indonesia.

    Berikut ini adalah 5 jurusan kuliah kelautan yang dimiliki prospek kerja bagus.

    1. Jurusan Budidaya Perairan

    Dalam beberapa banyaknya perguruan tinggi, jurusan budidaya perairan yang akan disingkatkan menjadi budidaya perikanan (perairan), dan ada pun juga yang menamai jurusan ini dengan teknologi dan manajemen perikanan budi daya.

    1. Jurusan Pemanfaatan Dan Penangkapan

    Biasanya disingkat dengan kata PSP atau pemanfaatan sumber daya perikanan (perairan). Adapun juga yang menamai jurusan tersebut dengan teknologi dan manajemen perikanan tangkap.

    1. Jurusan Teknologi Hasil

    Kata ini biasanya disingkat dengan kata THP/PHP, yaitu perikanan (perairan) atau pengolahan hasil perikanan (perairan). Jurusan ilmu kelautan akan mengkaji berbagai hasil perikanan dan beragam produk yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.                               

    1. Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kelautan

    Jurusan ini akan mengkaji semua dari ilmu kelautan. Contohnya Biologi Laut, Kimia, Topografi Laut, Fisika, Gunung Laut dan lain sebagainya.

    Nah, demikianlah penjelasan dari prospek ilmu kelautan yang memiliki kerja bagus bagi siswa yang diinginkan, dan bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kelautan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar