Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Telah diketahui bahwasanya Jurusan Manajemen Dakwah ini merupakan jurusan yang masih baru Di Universitas IAIN, STAIN maupun UIN. Seorang yang mengambil jurusan Manajemen Dakwah ini termasuk dalam Fakultas Ushuludin ataupun Dakwah. Jurusan ini baru dibuka sejak tahun 2016/2017. Pada masa itu, belum banyak peminat dari Mahasiswa untuk masuk ke Jurusan ini. Maka dari itu, seseorang jurusan Manajemen Dakwah ini bingung pada prospek pekerjaan.

    Jurusan Manajemen Dakwah Islam

    Prospek pekerjaan yang akan didapatkan seseorang Jurusan Manajemen Dakwah memang cukup baik, tapi masih banyak yang tidak disukai oleh Mahasiswa, sehingga jurusan ini masih banyak yang belum mengetahui tentang manfaat  dari Jurusan tersebut. Sudah diketahui bahwa Jurusan Manjemen Dakwah ini adakah jurusan yang mempelajari tentang berbagai ilmu Terapan, Manajemen Haji ataupun Umroh serta Pariwisata.  Hal tersebut bisa dijadikan sebuah Prospek pekerjaan. Di Indonesia ini mayoritas masyarakatnya beragama Islam, sehingga hal tersebut sudah banyak yang melakukan Umroh maupun Haji  yang akan dilakukan setiap tahunnya.

    Dalam hal itu juga, telah diketahui bahwa Jurusan Manajemen Dakwah ini adalah sebuah Jurusan yang masih baru di Indonesia. Jurusan Manajemen Dakwah ini sudah dapat Inspirasi dari Negara Tetangga, yaitu Negara Thailand. Thailand ini masyarakatnya juga berasal dari orang Islam.

    Sehingga Negara Thailand ini sudah menerapkan sebuah Halal Tourism yang dikunjungi dari Luar Negeri. Dalam hal itu, Prospek kerja Manajemen Dakwah ini semakin meningkat dan cerah, sehingga orang yang bekerja pada bidang Dakwah ini tidak akan terjadi pengangguran karena sebagaimana sudah diterimanya hampir Lima ribu tenaga penyuluh Kementerian Agama. Sehingga hal tersebut dapat mempermudah dalam komunikasi dan juga Informasi yang akan memberikan suatu akses dalam bekerja. Jurusan Manajemen Dakwah ini adalah jurusan yang sudah ada sejak tahun 1995.

    Hal itu merupakan sebuah kebutuhan dan juga tuntutan dari suatu perkembangan yang sudah ada saat ini. Akan tetapi, pada saat ini Manajemen Dakwah di anggap baru dan masih belum banyak yang mengetahui tentang jurusan ini. Banyak yang mengira bahwa lulusan  jurusan Manajemen Dakwah ini  kerjanya adalah sebagai seorang pendakwah saja. Berikut ini Prospek kerja Jurusan Manajemen Dakwah, antara lain sebagai berikut :

    Sebagai seorang Dosen

    Seseorang lulusan S1 Manajemen Dakwah ini bisa juga langsung melanjutkan study S2 jika memang seorang tersebut mempunyai keinginan agar dapat mengajar Mahasiswa dengan baik. Syarat menjadi seorang Dosen itu salah satunya adalah lulusan S2. Maka dari itu, sangat bagus lulusan dari Manajemen dakwah karena jurusan tersebut merupakan jurusan yang baik bagi dunia dan juga akhirat serta berkualitas.

    Sebagai Seorang Staff atau Pengelola di Sebuah Perusahaan

    Seorang lulusan Manajemen Dakwah ini selain bekerja di Bidang Keguruan, bisa juga bekerja di bidang Staff atau Pengelola di suatu Instansi / Perusahaan Pemerintahan. Tugas seorang Manajemen Dakwah dalam bekerja di bidang staf ini yaitu untuk mengelola serta mengatur segala Instansi yang terdapat di dalam Perusahaan tersebut.

    Sebagai Seorang Wirausaha

    Seorang yang berwirausaha ini juga bisa melakukan pekerjaan dimana saja. Seseorang dari jurusan Manajemen Dakwah ini bisa melakukan atau membuka usaha untuk menguntungkan dirinya sendiri. Dikarenakan Jurusan Manajemen ini sangat menarik dan bisa juga untuk dijadikan sebuah usaha yang menguntungkan jika bersungguh – sungguh dalam usaha. Berbeda dengan seorang wirausaha jika membuka usaha dibandingkan dengan seorang Manajemen Dakwah. Karena seorang Manajemen Dakwah ini lebih bisa melakukan usahanya dengan baik dan juga jujur serta terpercaya.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar