Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Lingkungan yang sehat tentunya sangat mempengaruhi orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Kita sebagai manusia pastinya ingin tinggal di lingkungan yang sehat dan nyaman, Program Studi Kesehatan Lingkungan ini hadir dan mempelajari mengenai segala hal yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan di masyarakat ataupun di daerah sekitar. Prospek kerja jurusan ini sangat baik untuk kepentingan kesehatan lingkungan untuk masyarakat dan semua tau bahwa kesehatan lingkungan saat ini menjadi isu utama saat ini.

    Saat ini juga perkembangan ilmu Kesehatan Lingkungan semakin pesat dan derajat kesehatan lingkungan yang semakin menurun. Sarjana lulusan ini diciptakan untuk mengembangkan kapabilitas dan kompetensinya dalam memanage berbagai permasalahan kesehatan masyarakat untuk mencari solusi dan permasalahannya. Berikut merupakan prospek kerja jurusan Kesehatan Lingkungan untuk kamu yang ingin mengambil jurusan ini.

    1. Lembaga Swadaya Masyarakat

    LSM yang ada kaitannya dengan lingkungan hidup juga menjadi salah satu prospek kerja yang cukup bagus untuk para kamu lulusan kesehatan lingkungan. Lembaga non pemerintahan juga ikut serta dalam membuat lingkungan hidup yang lebih baik. Di sini kamu juga di tuntut untuk paham melakukan parameter kesehatan lingkungan juga menyelesaikan permasalahan lingkungan.

    1. Puskesmas

    Semua kita tahu bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat menjadi garda terdepan dalam melayani setiap kebutuhan kesehatan masyarakat. Begitu juga dengan kesehatan lingkungan dari masyarakat itu sendiri, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu lulusan jurusan Kesehatan lingkungan. Kamu bisa membantu petugas puskesmas dan masyarakat dalam keluhan terhadap lingkungan dan juga penyebab dan akibat dari lingkungan sekitar yang mempengaruhi kesehatan lingkungan masyarakat sekitar.

    1. Rumah Sakit

    Lulusan jurusan Kesehatan Lingkungan selain bekerja di dinas kesehatan juga bisa bekerja di rumah sakit sebagai manajemen kesehatan lingkungan rumah sakit. Semua rumah pasti sangat membutuhkan orang yang lulusan ini karena sangat penting untuk melihat kesehatan lingkungan rumah sakit tersebut. Karena rumah sakit yang merupakan salah satu sarana dan pusat dimana masyarakat harus benar-benar berada di lingkungan terbaik dengan mutu kesehatan yang sangat baik.

    1. Tenaga Pengajar

    Jika kamu lulus dari jurusan ini, kamu tidak hanya bekerja di rumah sakit atau bagian kesehatan saja, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar. Menjadi dosen bagian sekolah atau perguruan tinggi kesehatan. Jika kamu memiliki fashion mengajar yang sangat tinggi atau pun memiliki bakat mengajar menjadi tenaga pengajar sangat cocok sekali untuk kamu geluti.

    1. Instansi Pemerintahan

    Jika kamu bekerja di Instansi Pemerintahan, biasanya sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki atau jurusan lulusan kamu. Untuk jurusan lulusan Kesehatan lingkungan ini yaitu Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan daerah dan instansi-instansi terkait lainnya. Anda bisa menjadi pegawai honorer atau pun PNS jika bekerja di Instansi Pemerintahan.

    1. Konsultan Air Bersih dan Sanitasi (WISLIC)

    jika kamu lulusan jurusan Kesehatan Lingkungan, maka tempat ini merupakan salah satu prospek kerjanya. Kamu bisa menjadi konsultan air bersih di daerah atau lingkungan tempat kamu bekerja sehingga apakah air yang ada disana layak untuk di gunakan atau di konsumsi oleh masyarakat agar masyarakat tetap sehat. Selain itu kamu juga harus mampu melakukan prediksi terhadap dampak kesehatan lingkungan dan merancang alternatif pengelolaan untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan lingkungan. Kamu juga harus mampu mengatasi permasalahan kesehatan lingkungan dan pencemaran air bersih , pengolahan sampah, sanitasi makanan, limbah, dan pencemaran lingkungan lainnya.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar