Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ibu yang sedang menyusui juga bisa berpuasa, karena ibu menyusui juga bisa melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan, diwajibkan untuk  beragama muslim laki-laki maupun perempuan. Namun bagi yang beragama islam masih diberi kelonggaran bagi ibu yang menyusui. 

    Rata-rata berpuasa hanyalah menunda waktu hingga 14 jam ke depan. Namun ketika ibu sedang menyusui dan akan menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan, pada ibu menyusui minimal sudah berusia 6 bulan, karena ibu menyusui secara rutin setiap harinya 2-3 jam tanpa mengenal siang dan malam. Oleh arena itu ibu yang sedang menyusui dianjurkan  bayi sudah berusia 6 bulan dan menerima MPASI.

    Lau bagai mana caranya tips untuk menjalankan ibadah puasa bagi ibu yang sedang menyusui? Simaklah ulasan berikut ini.

    Berikut Ini Adalah Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui.

    1. Berkonsultasi  Dulu Kepada Dokter.

    Jika kondisi ibu sedang memungkinkan maka dokter akan membolehkan ibu utuk menjalankan puasa selama ramadhan.

    1. Usia Bayi

    Sesuai dengan penjelasan diatas, puasa untuk ibu bayi sebaiknya di laksanakan ketika bayi tersebut sudah berusialebih dari 6 bulan.

    1. Pompa Dan Susui  Semaksimal Mungkin Di Malam Hari.

    Kemungkinan besar produksi ASI pada ibi akan berkurang pada siang hari. Oleh karena itu ibu dianjurkan memompa ASI dan menyusui bayi semaksimal mungkin. Sehingga ASI di perah saat digunakan sampai sore hari nanti.

    1. Menjaga Nutrisi Makan

    Dianjurkan kepada ibu untuk mengkonsumsi makanan 3 kali sehari saat tidak berpuasa, dengan komposisi yang bernutrisi yang terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Ibu juga bisa menambah asupan makanannya asalkan tidak mengganggu kenyamanan ketika tidur.

    1. Memperbanyak Minum Air Putih

    Banyak minum air putih pada saat berbuka hingga tiba pada saatnya sahur, agar terpenuhi cairan pada tubuh saat melaksanakan ibadah puasa.

    1. Istirahat Yang Cukup

    Ketika ibu menyusui sedang menjalankan puasa akan terasa berat, ketika puasa badan sering merasa lemas pada saat menjalankan puasa. Oleh karena itu ibu harus menjaga kesehatan dan istirahat secukupnya.

    1. Jika Sudah Tidak Kuat Berpuasa Lebih Baik Membatalkannya.

    Selalu terapkan alarm di tubuhmu, jika daya tubuhmu sudah tidak merasa lelah dan tidak kuat, segeralah membatakan puasa, tidak boleh keras kepala karena akan menimbulkan efek yang berbahaya.

    1. Banyak Minum Cairan

    Ibu menyusui disaat menjalankan puasa sangat membutuhkan banyak kalsium dan juga protein untuk memperoleh ASI. Asupan kalsium dan juga protein bisa terpenuhi dan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kalsium seperti susu. Meminum air putih sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui.

    1. Hindari Aktivitas Berat

    Ibu yang sedang menyusui dianjurkan tidak melakukan pekerjaan yang berat karena bisaa mengurangi energi tubuh, sehingga tubuh bisa melemah sebaiknya lakukan aktivitas ringan.

    1. Tetap Memerah Asi

    Ada saatnya ibu menyusui harus melakukan pekerjaan padaa saat bulan ramadhan dan walaupun sedang bekerja, ibu menyusui harus memerah ASI sebelum pergi atau bekerja.

    1. Perhatikan Kondisi Bayi

    Jika saat menjalankan ibadah puasa sebaiknya bagi ibu yang sedangmenyusui maka baiknya menanyakan pada keluarga atau temannya yang sudah pernah berpengalaman yang sudah pernah menyusui saat bulan puasa. Dukungan dari keluarga dan teman bisa membantu meringankan kondisi sang ibu sehingga si kecil bisa menyusui tanpa ada masalah.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar