Tips Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bakat merupakan kemampuan dasar yang terpendam dari seseorang untuk belajar yang relatif pendek di bandingkan dengan orang lain dengan hasil yang justru lebih baik. Bakat di miliki oleh semua orang dan berbeda-beda jenisnya. Jika seseorang memiliki bakat dan minat yang kuat terhadap sesuatu maka seseorang itu harus mewujudkannya.

    Ketika lanjut naik ke tingkat Smk dan perguruan tinggi pasti anda bingung terhadap pilihan jurusan yang di sediakan. Tetapi anda tidak perlu khawatir dan bimbang karena saya akan memberikan tips untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat seseorang.

    1. Bidang yang diminati

    Sebelum anda memasuki smk maupun perguruan tinggi terlebih dahulu anda harus menentukan bidang yang anda minati dan anda sukai. Ketika anda salah mengambil keputusan maka anda akan merasa tidak menangkap pelajaran tersebut karena pelajaran tersebut tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. Jika anda memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat anda maka anda harus bersemangat untuk menghadapi semua kesulitan maupun menghadapi tantangan yang ada karena jurusan yang anda pilih menentukan bagaimana ke depannya anda dan masa depan anda.

    2. Kualifikasi

    Setelah anda menentukan jurusan apa yang anda pilih, maka langkah yang selanjutnya adalah kualifikasi. Kualifikasi merupakan prestasi yang anda raih dan capai sebelumnya dan menjadi pendorong untuk memasuki smk maupun memasuki perguruan tinggi. Kualifikasi ini di susun menjadi fortofolio dan dapat membantu anda ketika anda memasuki jenjang smk dan perguruan tinggi dan dapat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan atau tawaran list job yang di berikan suatu perusahaan kepada anda.

    3. Hobi

    Hobi merupakan kegiatan yang seseorang sukai yang di lakukan di saat waktu luang untuk refreshing atau menenangkan pikiran setelah belajar ataupun berkerja. Hobi juga bisa di jadikan sebagai bakat dari seseorang. Seperti contohnya seseorang yang suka bermain komputer maka dia dapat memilih jurusan sesuai dengan hobinya tersebut maka dia akan menjadi IT yang professional jika mampu menyelesaikannya dengan baik. Jadi jika anda memiliki hobi di bidang tertentu maka anda harus mengasah dan menjadikan hal tersebut menjadi peluang untuk ke depannya.

    4. Cita-cita

    Cita-cita merupakan harapan atau impian seseorang yang selalu menjadi acuan untuk ke depannya. Semua orang pasti memiliki cita-cita tetapi tidak semua orang dapat meraih cita-cita yang mereka harapkan karena mereka tidak bersungguh-sungguh untuk meraihnya. Dalam memilih jurusan di smk atau di perguruan tinggi maka pilihlah jurusan tersebut sesuai dengan cita-cita yang anda miliki.

    Seperti contohnya jika anda memiliki cita-cita menjadi seorang dokter maka anda harus memilih jurusan yang berkaitan dengan dunia medis atau jika anda memiliki cita-cita menjadi seorang chef yang handal maka anda harus memilih jurusan yang berkaitan dengan dunia memasak. Jadi jika anda ingin meraih cita-cita anda maka bersemangatlah dan seriuslah karena masa depan dapat di tentukan oleh diri anda sendiri.

    5. Jurusan yang tersedia

    Jika semua yang anda harapkan tidak tersedia di smk atau perguruan tinggi tersebut maka anda tidak perlu patah semangat karena justru hal ini menjadi sebuah peluang besar karena belum banyak orang yang memasuki jurusan tersebut. Hal ini justru anda manfaatkan sebaik mungkin karena jurusan yang baru memiliki permintaan pasar yang banyak tetapi memiliki sumber daya yang sedikit.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar