Cara Memilih Wakil Rakyat yang Amanah dan Bertanggung Jawab

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam 5 tahun sekali kita akan melakukan pemilihan umum, yaitu untuk memilih wakil rakyat yang akan menyampaikan argument dan keinginan rakyat. Akan tetapi, sekarang banyak calon anggota legislatif yang melakukan pencitraan sebelum terjadinya pemilihan umum. Mereka banyak berjanji demi meyakinkan rakyat agar memilih dia. Namun kenyataannya setelah dia jadi anggota legislatif semua janji yang dia ucapkan tidak ditepati.

    Untuk itu, kita harus mengetahui kandidat yang akan kita pilih agar tidak menyesal dikemudian hari. Tentunya kandidat yang kita pilih harus bersih, amanah dan bertanggung jawab. Lancangkuning.com akan memberikan anda cara untuk memilih wakil rakyat yang amanah dan bertanggung jawab. Berikut cara yang telah kami rangkum :

    1. Mencari Informasi dan Latar Belakang Caleg

    Hal sangatlah penting bagi pemilih. Pemilih harus mengetahui latar belakang caleg, pendidikan, prestasi, dan banyak lagi. Pemilih bisa mencari informasi tersebut di internet atau mengunjungi sosial media milik caleg. Apabila seorang kandidat adalah orang cukup populer, biasanya dia memiliki website atau blog pribadi, akan labih mudah bagi kita untuk menilai kandidat tersebut.

    Apabila caleg tersebut tidak memiliki social media, ini akan lebih sulit. Pemilih harus mencari tahu secara offline. Misalnya bertanya kepada tetangga yang lebih mengenal dia, jangan langsung bertanya kepada kandidat karena tentunya mereka akan melebih-lebihkan kemampuan mereka.

    1. Ajak Caleg untuk Berdiskusi

    Dalam hal ini kita bisa bertanya langsung mengenai concern yang ia jadikan tema oleh caleg. Anda juga bisa bertanya mengenai perekonomian, kesejahteraan, dan masih banyak lagi yang bisa anda tanyakan. Jangan ragu-ragu untuk mengajak caleg tersebut berdiskusi, karena dengan itu kita bisa lebih memantapkan siapa yang lebih pantas untuk menjadi anggota legislatif.

    1. Memiliki Sifat Fathanah, Amanah, Shiddiq dan Tabligh

    Sifat ini sangat penting dan wajib dimiliki. Pasalnya tanpa sifat ini caleg yang kita pilih tidak dapat menjalankan visi dan misi yang diusung olehnya maupun partai dia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui akhlak seorang caleg agar bisa mewakili rakyat dan mensejahterakan rakyat, bukannya merugikan rakyat.

    1. Pilih Sesuai Hati Nurani

    Pilihlah caleg sesuai hati nurani anda dan bukan atas dasar paksaan atau sogokan orang lain. Jangan terpengaruh dengan teman atau karena mereka sudara kalian jika menurut kalian ia tak cocok jadi caleg. Pilih yang amanah dan bertanggung jawab. Jangan lihat dari kelebihan caleg saja, tapi lihat juga dari kekurangannya.

    1. Partai Politiknya

    Selanjutnya kita lihat caleg tersebut dari partai politik. Pilih caleg yang sejalan dengan partai poliknya agar visi dan misi dari partai politiknya darat berjalan dan mensejahterakan rakyat. Kalau caleg tersebut tidak sejalan dengan partai politiknya, kemungkinan besar akan terjadi penyimpangan yang berimbas pada tidak berjalannya program yang rancang.

    Pilih partai politik yang telah terbukti kerjanya dan kualitasnya. Jangan pilih partai politik yang suka mengingkari janji dan anggotanya sering melakukan korupsi. Pilih dengan cermat dan kalau perlu diskusikan dengan keluarga atau teman karena ini demi kemajuan bangsa ke depannya.

    Semua pemilih berhak untuk memilih berdasarkan keinginannya masing-masing. Jangan memilih karena anda terpaksa atau disuap, tapi pilihlah berdasarkan hasil analisis anda. Jangan pernah golput karena itu tidak mencerminkan anda sebagai warga Negara yang baik. Jangan lupa nyoblos ya.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Memilih Wakil Rakyat yang Amanah dan Bertanggung Jawab
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar