Makanan Khas Betawi Yang Bikin Nagih

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Makanan khas Betawi ini sangat banyak. Setidaknya ada 30 makanan khas Betawi Jakarta ini dapat anda nikmati atau dicicipi, bukan hanya semua makanan khas betawi ini yang mudah dicari, ada yang susah mencari makanan yang langka. Jadi saya akan membahas macam – macam makanan khas Betawi Jakarta yang harus kamu coba, karena rasa yang enak, unik, dan gurih yang pastinya bikin nagih.

    1. Gado – Gado

    Gado – gado ini adalah makanan yang seperti makanan lontong yang biasa kita temukan. Namun gado – gado ini beda, makanan ini yang cukup terkenal yang sebagai Vegetarian food from Indonesia, gado – gado ini hanya terbuat dari aneka sayuran, dan cukup dengan sayur kangkung, kubis, bayam, dan lain – lain .

    Gado –gado ini dengan kuah yang menggunakan bahan dengan kuah kacang dan dicampur dengan bumbu – bumbunya.

    1. Ketoprak

    Ketoprak ini adalah makanan yang satu menjadi sebagai makan siang bagi khas Betawi. Rasanya yang sangat enak, gurih, unik, dan pasti bikin perut kenyang dan sekaligus juga cukup murah. Ketoprak ini mudah kita temukan di kawasan Jakarta. Ketoprak ini terbuat dari lontong dan ditambah dengan kuah kacang, dan sebagai teman atau tambahannya adalah tahu goreng, kerupuk, dan sayuran mentah.

    1. Kerak Telor

    Kerak telor adalah makanan khas favorit bagi makanan khas betawi. Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan khas betawi ini. Bahan utamanya adalah hanya nasi dengan telor yang dicampur dengan bumbunya saja.

    Telor ini yang digunakan ada 2 jenis, yaitu telor ayam dan telor bebek. Dan cara memasaknya adalah dengan cara dipanggang, lalu letaknya diatas kuali atau wajan dan di bawahnya menggunakan tunggu arang. Setelah nasinya sudah matang, kemudian dibalikkan, dan bukan dibalik diatas kuali. Setelah matang, kerak telor ini ditaburi dengan serundeng atau bawang goreng.

    1. Nasi Uduk

    Tahukah kamu apa itu nasi uduk?, nasi uduk adalah makanan yang bahannya adalah nasi putih, yang ditanak menggunakan santan yang diberikan dengan berbagai macam rempah, seperti merica, pala, kayu manis, dan lain – lain. Dan nasi uduk ini memiliki citarasa yang lebih nikmat, dan ditambahkan dengan ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, teler, timun, dan emping goreng. Makanan ini cukup terkenal di Jakarta dan makanan ini kerap anda jumpai dimana saja dan salah satu sebagai makanan untuk sarapan pagi.

    1. Soto Betawi

    Soto betawi adalah makanan khas betawi yang sangat populer dan tidak sulit mencarinya. Soto betawi ini tidak jauh berbeda dengan soto lainnya, uniknya soto ini menggunakan dengan jeroan sapi. Sedangkan kuahnya dicampur dengan susu dan juga santan lalu ditambahkan dengan bumbu – bumbunya.

    1. Dodol betawi

    Dodol Betawi ini adalah kuliner bagi khas Betawi. Dan dodol ini hanya ada 3 macam dodol yaitu ketan putih, ketan hitam, dan rasa durian. Dari segi rasa, dodol ini memiliki rasa yang unik.

    1. Soto Tangkar

    Soto tangkar ini juga cukup terpopuler di Jakarta. Tangkar ini adalah sebutan dari untuk iga sapi dalam bahasa Betawi. Soto tangkar ini menggunakan dagingdan kuahnya menggunakan santan, dan di berikan dengan rempah, cabe, sehingga kuliner ini memiliki citarasa yang unik.

    1. Toge Goreng

    Toge goreng ini tidak begitu asing, selain cukup murah kuliner ini juga sebagai makanan khas Jakarta yang mengandung gizi yang cukup tinggi. Bahannya untuk toge goreng ini adalah mie kuning, kucai, dan toge. Dan perpaduan rasa asam gurih, manis, dan berpadu dengan secara apik bagi khas Betawi.(Fajri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Betawi Yang Bikin Nagih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar