Manfaat Es Batu untuk Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ngidam merupakan salah satu hal yang umum yang di alami ibu hamil pada saat bulan awal kehamilan. Setiap ibu hamil memiliki ngidam yang berbeda-beda bahkan terlihat aneh atau tidak biasa. Salah satunya yaitu mengunyah es batu atau memakan es batu seperti cemilan aneh bukan.

    Banyak orang yang melarang ibu hamil untuk memakan es batu karena banyak orang beranggapan itu tidak ada manfaatnya. Tapi tunggu dulu ternyata es batu memiliki banyak manfaat lo untuk ibu hamil. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa manfaat es batu untuk ibu hamil.

    1. Meredakan Morning Sicness

    Mual saat hamil merupakan hal yang wajar. Mual saat hamil sangat mengganggu aktivitas, bahkan membuat badan menjadi lemas. Es batu yang dingin dan tidak berbau bisa mengatasi rasa mual saat hamil. Konsumsi es batu pada pagi hari dapat mencegah rasa mual yang anda rasakan.

    1. Mengatasi heartburn

    Heartburn merupakan rasa perih dan panas yang dirasakan pada bagian dada. Hal ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon progesteron dalam jumlah yang berlebihan saat hamil. Dengan memakan es batu yang dingin itu akan membantu mengurangi rasa panas di dada ini akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

    1. Menghidrasi tubuh

    Ketika hamil akan terjadi perubahan banyak hormon pada tubuh. Hal ini akan membuat tubuh terasa panas dan berkeringat. Minum segelas air putih dengan campuran es akan menyegarkan tubuh dan akan menjadikan tubuh lebih terhidrasi.

    1. Mengatasi stres

    Saat hamil biasanya ibu hamil sering merasakan stres dan rasa cemas. Dengan mengunyah es batu akan membantu meredakan stres dan kecemasan yang dialami. Es yang dingin akan membuat ibu hamil menjadi rileks dan tenang.

    1. Membantu meredakan mules

    Hormon progestron yang bertugas untuk relaksasi otot-otot rahim banyak dilepaskan saat hamil. Hormon ini bisa melemaskan otot-otot sfingter lambung yang berguna untuk menjaga asam lambung, dan makan. Sehingga bisa menyebabkan sakit maag. Karena otot sfingter sudah rileks yang disebabkan oleh hormon progestron.

    1. Menghidrad rasa panas

    Saat hamil akan terjadi peningkatan volume darah yang mengakibatkan tubuh terasa panas. Dengan mengunyah es akan menurunkan suhu tubuh dan membuat tubuh menjadi rileks. Konsumsi air putih dan es akan membuat tubuh menjadi segar. Jangan konsumsi es dengan minuman bersoda dan gula, karena hal ini tidak baik untuk janin.

    1. Membantu memberi tahu tubuh kekurangan zat besi

    Konsumsi es batu saat hamil bisa menandakan bahwa ibu hamil mengisap penyakit leukimia atau kekurangan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan untuk pertubuhan janin di rahim. Jangan lupa untuk memastikan hal ini ke dokter karena merupakan salah satu masalah serius yang bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan.

    Nah itu beberapa manfaat dari es batu yang bisa didapatkan oleh ibu hamil jika mengkonsumsinya ketika hamil. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter tentang pola makan dan kebisaan yang di rasakan ketika hamil sehingga tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Semoga bermanfaat.(Tifa)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Es Batu untuk Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar