Ciri Khas Dan Resep Gulai Belacan

Daftar Isi



    LancangKuning.com - Gulai Belacan adalah salah satu makanan khas riau yang sangat banyak di gemari oleh orang terutama masyarakat riau sendiri. Taukah anda bahwa nama belacan sendiri di ambil dah nama salah satu suku yang ada di riau yaitu suku belacan yang artinya terasi, oleh sebab itu masyarakat riau membuat sebuah masakan yang berbahan dasar terasi, dan pada akhirnya jadilah gulai belacan ini yang berbahan dasar terasi atau udang.

    Bagi para pecinta seafood sangat di sarankan untuk anda menyantap makanan yang satu ini karena gulai belacan memiliki rasa yang khas, gulai belacan sendiri mempunyai tekstur daging udang yang lembut dan kuah santan nya yang kental , dan di tambah lagi rasa pedas yang hadir dari cabe rawit  yang sangat menggugah selera makan anda

    Bagi anda yang ingin menyantap gulai belacan ini tidak perlu repot repot untuk datang ke riau karena pada dasarnya gulai belacan memiliki resep yang sangat sederhana, dan anda semua pasti dapat memasaknya sendiri.

    Sejarah Gulai Belacan

    Sejarah Gulai Belacan adalah karena Gulai Belacan ini merupakan makanan yang menjadi khasi di Riau, selain itu hampir semua masyarakat di Riau menyukai Gulai Belacan ini.

    Keunikan Masakan dan Gulai Belacan

    Keunikan Masakan dan Gulai Balacan ini terletak dari bahan yang digunakan yaitu terbuat dari udang pilihan lalu dimasak menggunakan aneka rempah-rempahan. Gulai Belacan ini memiliki cita rasa yang dominan pedas yang tentu saja mengugagah selera.

    Maka Dari itu gulai belacan memiliki sebuah ciri khas yaitu berbahan dasar udang atau terasi. Adapun resep dari  gulai belacan adalah.

    1. 1kg Udang berukuran besar, jangan lupa udang agar di cuci dengan bersih agar tidak ada kotoran yang tersisa pada udang nantinya
    2. Minyak Goreng digunakan untuk menumis
    3. Garam secukupnya
    4. Asam jawa
    5. Santan 1 liter
    6. 2 Sendok makan gula pasir
    7. 3 Bungkus terasi
    8. Lada 1,5 sendok makan

    Selanjutnya haluskan bahan bahan berikut :

    • Cabe rawit merah pedas 10 buah
    • Bawang putih 7 siung
    • Bawang merah 15 siung
    • Cabe merah 20 buah
    • Kemiri 10 butir

    Cara Membuat Gulai Belacan

    1. Pertama siapkan bahan bahan yang sudah tertara di atas, panaskan minyak goreng di dalam wajan hingga mendidih, selanjutnya masuka bumbu halus tadi beserta terasi hingga aromanya harum
    2. Setelah aromanya harum masukan udang hingga warna nya berubah menjadi merah kecokelatan
    3. Setelah semuanya matang masukan santan, asam jawa ,gula pasir, lada dan garam secukupnya, aduk secara perlahan sampai matang dah santan menjadi kental
    4. Tunggu beberapa menit hingga kuah nya menyusut dan angkat
    5. Gulai Belacan Khas Riau pun siap di sajikan

    Sedikit info buat anda, banyak yang bertanya apakah terasi dan belacan itu sama?

    Ada yang menjawab sama dan ada pula yang menjawab nya berbeda, Jawaban sebenarnya ialah terasi dan juga belacan itu sama hanya saja perbedaan nya terletak pada bahan atau komposisinya dan pengaruh lain nya adalah perbedaan selera  antara daerah satu dan daerah lainnya, contoh nya adalah masyarakat melayu dan masyarakat jawa, Kalau biasanya masyarakat melayu menyukai belacan yang memilki rasa lebih ringan dan warna yang cerah dari pada terasi, sedangkan pada daerah jawa lebih dominan menyukai terasi.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri Khas Dan Resep Gulai Belacan
    Sangat Suka

    16%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    16%

    Marah

    33%

    Komentar