Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan rumput laut bahkan jenis makananpun saat ini sudah banyak yang berbahan dasar rumput laut. Rumput laut dari namanya sudah jelas bahwa dia sejenis tanaman laut, dimana rumput laut ini merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang meliputi ganggang merah, ganggang cokelat serta ganggang hijau.

    Rumput laut ini bisa kita katakan bahwa sudah menjadi primadona selama berabad-abad karena banyak digunakan untuk baik itu industri, obat-obatan hingga makanan karena pada rumput laut tersebut memiliki kandungan gizi yang banyak.

    Rumput laut sebagai makanan bisa dikatakan salah satu jenis dari makanan laut yang memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Mungkin saat ini uji klinis yang merekomendasikan terapi dengan rumput laut masih terbilang sedikit namun rumput laut ini sudah dipercaya oleh banyak masyarakat memiliki banyak manfaat terutama sebagai sumber nutrisi yang penting untuk kesehatan.

    Semua jenis rumput laut seperti Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori. Protein yang ada pada semua jenis rumput laut tersebut sangat baik dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh serta memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B12, kalsium, kalium, zat besi, dan yodium.

    Jika dibandingkan dengan daging sapi, brokoli dan susu kandungan kalsium yang ada pada rumput laut lebih banyak. Sehingganya rumput laut bisa dikatakan memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

    Berikut ini beberapa manfaat rumput laut yang baik untuk kesehatan :

    ► Mengurangi berat badan

    Manfaat dari rumput laut yang pertama ternyata mampu mengurangi berat badan. Pada rumput laut sama sekali tidak ada kandungan lemak dan kalori sehingga sangat amat untuk kamu yang sedang diet, melainkan kandungan yodium pada rumput laut bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh kamu. Berat badan akan tetap seimbang jika kelenjar tiroid mampu mengatur metabolisme di dalam tubuh. Selain itu sel-sel lemak di dalam tubuh akan hancur karena mineral yang ada pada rumput laut tersebut.

    ► Mencegah kanker

    Pada rumput laut terdapat kandungan zat anti oksidan alami yang disebut lignan yang dikenal bisa memperlambat tumor tumbuh. Selain itu pada penelitian lain juga menunjukkan bahwa pada rumput laut memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga mampu mencegah kanker usus besar.

    ► Mampu mendetoks tubuh

    Bagi kamu yang sering terpapar racun dan polusi terutama kamu yang bekerja di pabrik sangat cocok mengkonsumsi rumput laut untuk mendetoks racun pada tubuh. Kandungan klorofil pada rumput laut bisa melakukan detoks secara alami pada tubuh.

    ► Mencegah Anemia

    Pada rumput laut diyakini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga rumput laut ini terbukti bisa meningkatkan hematopoiesis atau pembentukan sel darah merah, sehingga dengan rumput laut bisa mencegah anemia.

    ► Mempercepat Penyembuhan Luka

    Manfaat lainnya dari rumput laut ini karena ada kandungan vitamin C di dalamnya yang membuktikan bisa memelihara kekuatan gusi, tulang, gigi, dan kesehatan kulit. Selain itu rumput laut juga bisa menyembuhkan luka dan penguatan pembuluh darah.

    ► Mencegah Keropos Tulang

    Jika dibandingkan dengan susu rumput laut memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak sehingga rumput laut bisa mencegah terjadinya risiko keropos tulang. Selain itu karena kandungan kalsium itu juga bisa menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, serta menjaga kesehatan rambut dan kuku.

    Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat yang terdapat pada rumput laut yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan kita.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar