Makanan Khas Selat Panjang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Makanan khas Selat Panjang adalah Mie Sagu. Mie sagu adalah kuliner makanan khas masyarakat Riau khususnya di Selat panjang. Mie sagu sudah ada menjadi pelanggan yang diminati oleh masyarakat tempatan sejak zaman dulu sampai saat ini. Mie sagu ini dibuat dari tepung sagu yang di olah dari batang pohon sagu.

    Ciri khas mie sagu buatan masyarakat Selat Panjang dan sekitarnya. Tambahan dari mie sagu adalah ikan teri, toge, dan daun sup. Mie sagu memiliki rasa kenyal ketika dimakan dan berbeda dengan mie lainnya.

    Makanan khas Mie sagu adalah makanan asli dari Indonesia. Terdapat batang pohon Sagu seperti di daerah Papua, Maluku, dan Riau. Akan tetapi daerah yang benar-benar makanan Mie sagu ini adalah Selat Panjang dan sepanjang sungai - sungai besar di Riau. Kelebihan Mie sagu ini menjadi spesial oleh masyarakat khususnya di Selat Panjang. Mie ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga mie ini sangat alami dan sehat untuk masyarakat.

    Walaupun mie sagu ini di olah secara tradisional dan tidak menggunakan bahan pengawet makanan namun mie sagu ini tetap enak dan tahan lama walaupun makan ini di simpan.

    Mie sagu ini adalah makanan untuk menjadi makanan diet bagi masyarakat. Diet magi yang menyantap Mie ini akan mampu menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah bagi para penderita diabetes.

    Mie merupakan makanan yang enak untuk dinikmati , berikut cara masak Mie sagu ;

    1. Pertama, rendam mie sagu dalam air hingga lembek atau lunak, cuci dan tiriskan dalam saringan.
    2. Selanjutnya tambahin ulek cabe ,bawang merah ,dan bawang putih dan kupas kulit hingga halus.
    3. Kemudian tambahan ebi yang sudah direndam air panas, giling lagi sampai halus hingga merata.
    4. Jika suka, tambahin semua bahan – bahan bumbu dan juga bisa haluskan dengan blender dan tambahin sedikit minyak ke dalam blender hingga merata.
    5. Tumiskan bumbu halus dengan suhu sedang hingga matang dan sampai harum, tunggu hingga kurang lebih dari 5 menit.
    6. Lalu siram lagi mie sagunya sebagai mie pengganti lain dengan air dingin saat sebelum di masukkan ke wajan supaya mienya tidak mengumpal , lalu tekan – tekan mie pada saringan supaya air terbuang.
    7. Tambahkan mie sagu , masak sambil di aduk hingga bumbu tercampur dengan mie.
    8. Lalu masukkan toge,lalu di aduk hingga rata sampai togenya layu.
    9. Terakhir masukkan irisan daun bawang, aduk hingga rata.
    10. Sebelum siap di hidangkan ,cicipi dulu, lalu tambahkan garam atau sedikit gula, setelah selesai hingga sampai harum lalu angkat wajan dari kompor dan pindahkan ke piring.
    11. Mie sagu siap di hidangkan.

    Mie sagu ini salah satu produksi yang bergerak di bidang makanan. Dalam industri ini tidak menutup kemungkinan bahan baku maupun bahan penolong yang menjadi nilai produk.(Fajri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Selat Panjang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar