Makanan Ringan Khas Pelalawan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di Kabupaten Pelalawan memang banyak terdapat jenis makanan ringan atau pun oleh-oleh. Saya telah mengumpulkan beberapa makanan ringan khas Pelalawan dari beberapa Blogger makanan. 

    Makanan Ringan Khas Pelalawan

    Makanan Ringan Khas Pelalawan adalah makanan ringan atau yang menjadi cemilan atau pengiring makanan berat yang menjadi ciri khas dari Pelalawan. Banyak makanan ringan khas Pelalawan ini, dan biasanya disajikan ketika ada acara-acara tertentu.

    Beberapa makanan khas Pelalawan sebagai berikut :

    1. Roti Jala

    Roti Jala adalah Roti yang disajikan dengan kuah kari seperti kari kambing dan juga kari ayam. Roti ini berasal dari daerah Tanjung Pinang, jika ingin membuat kue ini kita bisa mendapatkan resep dan bahan – bahan nya di internet karena sudah banyak orang yang menyebar luaskan makanan ini.

    2. Mie Sagu

    Mie Sagu adalah olahan makanan yang di buat dari mie yang berbentuk sagu dan terbuat dari sagu yang di goreng kering. Mie ini memiliki tambahan bahan seperti ikan bilis, toge, dan yang lain nya yang ingin kalian tambahkan.

    3. Kerupuk Atom

    Kerupuk Atom ini memiliki nama yang unik ya ? Dari bentuk keripik yang memang berbentuk bulat lonjong seperti layak nya atom. Kerupuk ini sudah banyak di produksi oleh rumah tangga dengan jumlah yang tidak begitu banyak. Kerupuk ini cocok untuk cemilan makanan atau bisa juga di taburkan ke nasi. Kalian bisa membeli kerupuk ini untuk oleh – oleh, karena banyak di jual di pinggiran jalan.

    4. Bolu Kemojo

    Kue bolu kemojo ini sudah populer di tahun 1998 oleh Ibu Dinawati. Kue ini berbentuk seperti bunga Kemojo makanya makanan ini di beri nama dengan Bolu Kemojo. Bolu ini terbuat dari tepung terigu, beberapa telur, gula pasir, dan juga di tambahkan mentega, jika kalian ingin membuat bolu ini menjadi lebih enak kalian bisa menambahkan santan atau labu.

    5. Kue Asidah

    Kue Asidah ini awalnya terinspirasi dari Negeri arab yang di tambahkan dengan bumbu – bumbu khas melayu Riau yang membuat cita rasa yang sangat berbeda. Kue ini di tambahkan bawang goreng sehingga membuat rasa gurih dan tekstur yang lembut.

    6. Kue Bangkit

    Kue Bangkit ini mudah di buat karena bahannya pun mudah dan senang untuk di dapatkan, kue ini di panggang melalui oven, bentuk kue ini seperti bunga karena di masukan ke dalam cetakan lalu di ovenkan. Kue ini memiliki tekstur yang halus dan lembut, berwarna putih kekuningan, saat kalian mencoba untuk memakan kue ini kalian bisa merasakan rasa kue itu di mulut karena kue itu akan lumer sendiri. Makanan ini dijumpai saat lebaran.

    7. Roti Canai

    Roti Canai ini sama seperti makanan roti jala karena hidangannya sama – sama memakai kuah kari, roti ini seperti roti yang ada di india dan juga di singapura tetapi memiliki rasa yang berbeda – beda. Roti canai ini memiliki bentuk yang tipis berbeda dengan roti jala, cocok sekali roti ini dijadikan sebagai cemilan santai.

    8. Lapek Bugi

    Lapek Bugi telah terkenal dari seluruh Indonesia dan sudah tersebar luas, makanan ini memiliki banyak macam rasa atau aneka tambahan isi seperti kelapa merah atau pun kelapa putih. Ini cocok untuk cemilan sesudah makan siang maupun makan malam, ternyata makanan ini mempunyai sejarah nya juga loh. Pada dulu kala yang bisa merasakan atau mencicipi makanan ini hanya lah orang bangsawan atau keturunan raja saja, tetapi tidak dengan sekarang, sudah banyak yang merasakan atau mencicipi makanan ini, makanan ini banyak terjual di daerah Riau dan banyak orang yang menjual di pinggir – pinggir jalan.

    9. Keripik Nanas

    Keripik Nanas ini terbuat dari buah nanas yang segar dan di olah menjadi kerupuk, mempunyai cita rasa yang gurih dan enak. Beberapa orang banyak membeli makanan ini untuk oleh – oleh, cocok sekali di buat cemilan karena rasanya yang gurih dan lezat.

    Minuman Khas Pelalawan

    Minuman Khas Pelalawan adalah minuman yang sering disajikan oleh masyarakat Pelalawan ketika ada acara tertentu. Minuman ini disajikan dengan makanan khas Pelalawan sehingga menambah kenikmatan untuk para penikmat atau tamu yang datang. Banyak sekali jenis minuman ini dan bagi kamu yang merasa penasaran dengan minuman dan makanan khas dari Pelalawan ini jangan sampai tidak mencicipinya ketika kamu berkunjung ke Pelalawan.

    (Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Ringan Khas Pelalawan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar