Makanan Khas Tapak Tuan Aceh Selatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Aceh yang terkenal sebagai Kota Serambi Mekah memang terkenal dengan budaya dan budayanya yang kaya dan unik. Hal ini tercermin dari kekayaan kuliner khas Aceh yang disukai di kepulauan ini.

    Berbagai spesialisasi Aceh apalagi Toppers bertemu di luar Aceh karena popularitasnya. Ingin mengetahui makanan tradisional Aceh apa yang bisa menjadi Toppers untuk dicicipi saat berlibur ke Banda Aceh, kota Muslim tertua di Asia Tenggara?

    Kuliner Tradisional Aceh

    1. Mie Aceh

    Salah satu makanan ikonik paling terkenal di Aceh adalah Mie Aceh. Disajikan dalam dua varian, digoreng dan dihitung menggunakan saus, kuliner tradisional Aceh ini ditambah berbagai pilihan topping mulai dari Kepiting, Daging Sapi, dan makanan laut yang tak terhitung jumlahnya.

    2. Kuah Salami Keu-Neung

    Untuk pengagum kuliner yang baik, makanan tradisional Aceh ini harus daftar hidangan favorit Anda. Sour Keuneung sendiri artinya Asam Pedas, dan sesuai namanya, makanan khas Aceh ini memiliki rasa pedas dan asam yang menyegarkan, lho.

    3. Kuah Sie Itek

    Kuliner khas Aceh ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang suka daging bebek. Dibedakan dengan bebek kuliner pada umumnya, makanan dari Aceh yang satu ini memiliki resepnya sendiri dengan aneka bumbu yang menjadikannya bisa memberi Anda pengalaman menyantap bebek kuliner berbeda.

    4. Rujak Aceh

    Ingin menyantap kuliner khas Aceh yang menyegarkan? Rujak Aceh menjawab. Terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang ditemukan di Aceh dan disiram dengan saus rujak, makanan khas Aceh ini sering disajikan dingin dengan es parut untuk membuatnya sangat menyegarkan!

    5. Ungkot Kemamah

    Ungkot Kemamah adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tuna yang awalnya direbus dan dikeringkan. Masakan khas Aceh ini kemudian diolah menggunakan santan, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu untuk menambah rasa dan menggoda lidah.

    6. Martabak Aceh

    Makanan Aceh yang paling terkenal setelah itu adalah Martabak Aceh. Berdasarkan dasar roti tebu sebagai kulitnya, penyebab martabak ini tidak sama dengan martabak pada umumnya. Dengan rasa yang pedas dan pedas, kuliner khas Aceh ini bisa menjadi cemilan yang tepat untuk menemani Anda minum kopi.

    7. Kopi Aceh

    Salah satu kopi khas nusantara yang telah terkenal dengan popularitasnya ke mancanegara adalah kopi dari Aceh. Memiliki rasa dan aroma yang kuat, kopi khas Aceh ini sangat ringan di warung kopi yang tersedia di Aceh.

    8. Sate Matang

    Memasak yang dimasak adalah masakan khas Aceh, berasal dari Kabupaten Matang. Alasan mengapa masakan tradisional Aceh tidak sama dengan sate lainnya adalah bahan daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan rasa khas Aceh sebelum dibakar.

    Makanan khas daerah Matang ini adalah rasa hitungnya ditambah saus gurih yang begitu menggoda untuk disantap.

    9. Kuah Pliek U

    Masakan Aceh spesial setelah itu adalah makanan khas Aceh Barat. Masakan lezat yang mengandung banyak sayuran yang ditemukan di tanah Aceh memiliki filosofi yang mendalam, Anda tahu. Kuah Pliek U adalah simbol yang berasal dari ikatan dekat dan keragaman masyarakat Aceh yang dimasukkan ke dalam panci besar.

    10. Tangkapan Ayam

    Makanan khas Aceh yang setelah itu layak Anda cicipi adalah Chicken Catch. Terbuat dari potongan ayam goreng, khas kuliner asal Aceh adalah daun teumura dan cabai hijau dengan ayam dan ditaburi bawang goreng. Tentunya kuliner Aceh ini akan memberi Toppers sensasi tanpa embel-embel dalam makan ayam goreng.

    11. Sanger

    Sanger adalah minuman khas Aceh yang terlihat seperti kopi susu khas. Tetapi resep dan komposisi yang berasal dari susu kental manis, kopi, dan gula dalam minuman tradisional Aceh diyakini sangat mirip dan tepat untuk menghadirkan rasa yang khas.

    12. Kue Ade

    Kue spesial tradisional Aceh yang hanya dapat ditemukan di Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya adalah kue bertekstur lunak dan berkaki dengan rasa manis. Selain sebagai mitra kopi dan rehabilitasi di sore hari, makanan tradisional Aceh ini juga dianggap sebagai alternatif bagi kenalan Aceh untuk kerabat Anda, Anda tahu.

    13. Kue Timphan

    Varian khas kue tradisional Aceh adalah Timphan. Bumbu yang memiliki tekstur kenyal dan diproses dengan cara dibungkus daun pisang muda adalah kuliner khas Aceh yang hanya ditemukan saat Idul Adha atau Idul Adha, lho.(Firman)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Tapak Tuan Aceh Selatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar