Makanan Khas Kepulauan Sula  

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kepulauan sula ini terletak di Maluku Utara, Indonesia yang mempunyai ibu kota daerah yaitu Sanana, kota ini merupakan hasil pemekaran dan sudah ada sebelum adanya pemekaran di Kepulauan Sula. Mungkin bagi anda yang belum pernah pergi ke darah maluku tidak tau daerah tersebut. Maluku memiliki daerah yang kaya akan alam dan juga budaya juga kaya akan kuliner yang bisa anda nikmati.

    Jika anda penasaran dan belum pernah mencoba makanan ini mungkin anda bisa mencobanya jika anda berkunjung ke maluku, berikut merupakan makanan khas Kepulauan Sula, Maluku Utara yang bisa anda coba

    1. Papeda

    Papeda ini adalah makanan pokok oleh masyarakat ternate, layaknya seperti jagung dan nasi kalau di kita. Bahan utama papeda ini adalah dari serat sagu berupa tebung atau biasa disebut dengan bubur sagu. Papeda ini biasanya dimakan dengan menggunakan kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol dengan campuran kunyit yang membuat kuah tersebut menjadi kuning. Papeda ini juga disajikan dengan beberapa potongan kepala juga jeruk nipis juga sagu sebagai lauknya.

    Cara pembuatan papeda ini dengan cara memotong bagian pangkal pohon sagu yang nantinya bonggol sagu tersebut diperas hingga sari patinya keluar, kemudian dari sari pati tersebut dihasilkan sagu murni yang siap diolah. Cara memasaknya dengan merebus tepung sagu tersebut sampai mengental dan matang sehingga menjadi papeda. Setelah itu papeda di tuangkan kedalam sebuah piring yang telah berisi kuah ikan tersebut. Kemudian papeda siap di makan dan dinikmati.

    1. Sayur Merah (Uta Mia)

    Sayur ini adalah makanan kesukaan dari masyarakat sula, sayur ini bentuknya seperti jamur yang berwarna merah, bahkan orang yang belum pernah mencicipinya bertanya-tanya dan heran karena banyak yang bilang apakah sayur tersebut dapat dimakan atau tidak, tetapi masyarakat sula pasti menjawab dapat dimakan dan memiliki rasa yang enak.

    Sayur merah ini hanya tumbuh pada musim tertentu saja seperti musim hujan, sehingga masyarakat sula bisa menikmati dan mendapatkan sayuran ini pada saat sering terjadi kilat dan guntur. Bagi masyarakat sula sayur ini sangat enak karena sayuran ini kenyal dan membuat lidah anda nyaman untuk mengunyahnya. Sayuran ini lebih enak lagi bila dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan dicampuri dengan rempah-rempah yang membuatnya semakin nikmat apalagi dimakan dengan papeda.

    1. Ikan Kuah Kuning

    Ikan Kuning ini sama seperti ikan kuah kuning atau ikan gulai kuning yang warna kuningnya tersebut berasal dari kunyit. Ikan kuah kuning ini biasanya dimasak dengan bumbu serta rempah juga daun kemangi yang di olah dengan tambahan jeruk nipis agar terasa segar. Biasanya ikan yang disajikan pada ikan kuah kuning ini adalah ikan barakuda tetapi juga banyak yang menggunakan ikan lain seperti ikan tongkol.

    1. Mie Cakalang

    Mie ini adalah salah satu makanan khas dari Kepulauan Sula, mie yang dilengkapi dengan sayur berupa daun bawang, sawi hijau dan bumbu-bumbu penyedap lainnya ini sangat terlihat istimewa karena menggunakan daging ikan cakalang sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

    1. Gohu

    Masyarakat lokal Kepulauan Sula sering menyebut makanan ini dengan nama Gohu yang berupa asinan yang memiliki rasa yang benar-benar ciamik yang membuat orang yang mencicipinya semakin ketagihan. Jika anda berkunjung ke daerah ini jangan lupa untuk mencobamakanan yang satu ini.

    1. Tinutuan

    Makanan ini cukup populer di daerah Kepulauan Sula dan sangat mudah untuk dijumpai, makanan ini sangat menyehatkan dan memiliki rasa yang nikmat dan baik untuk kekebalan tubuh karena bahannya yaitu sangat alami seperti sayur-sayuran yang di campuri dengan rempah-rempah tradisional yang semakin menambah kenikmatan makanan tersebut.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kepulauan Sula  
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar