Cinderamata Khas Jambi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jambi merupakan sebuah Provinsi yang ada di Indonesia yang terdapat di tengah Pulau Sumatra. Sama dengan provinsi lainnya Jambi juga memiliki banyak ciri khas seperti tempat wisata, cinderamata, ataupun kulinernya.

    Jika kamu berkunjung ke Jambi oleh-oleh merupakan hal wajib yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu beli karena akan memberikan kenangan  bagi kamu  selain itu oleh-oleh juga bisa mengingatkan kamu dengan tempat-tempat yang sudah kamu kunjungi.

    Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa cinderamata khas dari Provinsi Jambi  yang kebanyakan mirip dengan cinderamata Pekanbaru, Bengkulu, Lampung, maupun Palembang sebagai berikut.

    1. Batik Jambi

    Sama halnya dengan tempat-tempat lain yang ada di Indonesia Jambi juga memiliki batik khas dengan keunikan yang menarik para pengunjung untuk membelinya. Untuk mendapatkan batik khas jambi ini kamu dapat membeli di Toko Souvenir yang ada di pinggir jalan Simpang Pulai – Kebun Jeruk di sana banyak masyarakat yang menjual batik khas Jambi ini.

    1. Kaos Khas

    Bagi kamu yang suka mengkoleksi kaos kamu wajib untuk membeli kaos khas Jambi apabila kamu berkunjung kesana. Kaos khas jambi mempunyai keunikan yang tidak kalah dari kaos lainnya.  Kamu bisa mendapatkan kaos khas ini di toko oleh-oleh.

    1. Gelang Sebelik Sumpah

    Salah satu kerajinan tangan khas Jambi yaitu Gelang Sebelik Sumpah. Gelang ini dibuat dari biji pohonSebelik Sumpah. Gelang ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

    1. Produk anyaman

    Kerajinan khas Jambi lainnya yaitu Produk Anyaman. Souvenir ini dibuat dari daun, bambu, rotan, dan daun rumbai. Anyaman yang dibuat bermacam-macam seperti piring, tikar, cupak, dan bakul.

    1. Kerajinan logam

    Tidak hanya anyaman, Jambi juga memiliki kerajinan tangan lainnya dengan bahan dasar dari besi. Kerajinan yang dihasilkan berupa parang, pisau, beliung, dan kapak. Kerajinan ini bisa dijadikan sebagai pajangan dan alat bantu untuk pekerjaan rumah tangga. Kerajinan ini bisa di dapat di toko oleh-oleh di Jambi dengan harga yang cukup murah.

    1. Kaos Temphoyac

    Bali memiliki kaos khas yang diberi nama kaos Joger, Jambi juga memiliki kaos khas dengan nama Temphoyac. Kaos ini mirip dengan Joger Bali. Kaos ini banyak dijual di toko souvenir Jambi. Desain kaos ini memiliki keunikan tersendiri karena menonjolkan ikon-ikon yang ada di kota Jambi. Untuk mendapatkan kaos ini kamu harus membayar sebesar 70ribu saja, cukup murahkan? Apabila kamu berkunjung ke Jambi kamu bisa membelinya di Jl. Sudirman No. 18 Thehok Kota Jambi.

    1. Miniatur Rumah Adat

    Miniatur rumah adat sangat cocok untuk dijadikan sebagai souvenir. Miniatur ini bisa kamu jadikan untuk  pajangan dan hiasan di rumah kamu. Miniatur rumah adat dibuat dengan bahan dasar kayu. Untuk mendapatkannya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 100ribu.

    1. Kerajinan Ketilon

    Ketilon merupakan tumbuhan liar yang ada di hutan. Tumbuhan ini dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat souvenir berupa gantungan kunci, lampu teplok, dan vas bunga dengan bentuk yang sangat unik. Kerajinan ini dibuat di desa pelosok Jambi. Namun kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang ada di kota Jambi.

    Itulah beberapa cinderamata khas Jambi yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah jika kamu berkunjung ke Jambi. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai panduan membeli cinderamata jika kamu berkunjung ke Jambi.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cinderamata Khas Jambi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar