Hati-Hati !! Virus Zika Mewabah !!

Daftar Isi

    Virus Zika adalah virus yang proses penularannya melalui media nyamuk Aedes aegypti. Masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit chikungunya.

    Virus ini pertama ini diidentifikasi pada tahun 1947 di negara Uganda. Temuan pertama kali dari kasus Virus Zika justru didapatkan dari kasus demam yang muncul pada kera asli endemik Uganda. Kemudian virus ini menjangkit manusia dan pernah menyerang sejumlah populasi manusia di kawasan Afrika secara meluas pada tahun 1954.

    Kasus pertama dari penyakit yang disebabkan oleh Virus ini di luar Afrika terjadi di Yap Island, sebuah pulau di kawasan Pasifik Mikronesia pada tahun 2007. Semenjak itu, kasus Zika Virus beberapa kali muncul dalam frekuensi yang tidak kuat di kawasan Pasifik. Di Asia Tenggara sendiri kasus ini masih terbilang sangat langka.

    Namun, sejak tahun 2015 lalu Virus ini kembali mewabah dengan cepat di Afrika. Hal ini membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Virus Zika sebagai status darurat kesehatan publik internasional, karena Virus ini menyebar ke setidaknya 36 Negara, termasuk Indonesia.

    Pada tahun 2015 lalu, disampaikan bahwa lembaga kesehatan ini menemukan munculnya kembali kasus Zika Virus di Indonesia, tepatnya di kawasan Jambi. Masih di tahun 2015, lembaga Eijkman Jakarta telah berhasil mengisolasi virus Zika ini di Indonesia. Peneliti Australia telah melaporkan pasien penderita virus Zika setelah bepergian ke Indonesia. Pada tahun 2013, peneliti Australia juga melaporkan penemuan satu kasus infeksi virus Zika pada seseorang warga negara Australia setelah melakukan  perjalanan selama 9 hari ke Jakarta.
    Dari laporan beberapa kasus terdahulu dan adanya penemuan virus ini, menunjukkan bahwa jelas bahwa virus Zika juga sudah ada di Indonesia. Memang virus Zika ini dapat  terjangkit di musim hujan seperti saat ini. Dan karena vector terbesar Virus Zika juga ada di Indonesia, yaitu nyamuk Aedes aegypti. Untuk itu masyarakat Indonesia diminta untuk waspada.

    Bagaimana gejala Virus Zika? Seperti infeksi virus pada umumnya pada  awal penyakit pasien akan merasakan demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki, serta nyeri otot dan sendi. Namun yang paling ramai diperbincangkan sekarang adalah kelahiran bayi dengan kepala kecil (mikrosefali) bagi ibu mengandung. Karena itu pemerintah di beberapa Negara melarang warganya yang sedang hamil untuk bepergian ke Negara yang terjangkit Virus Zika, seperti Brazil. Di Brazil sendiri saat ini sudah lebih 1 juta warga yang terjangkit Virus Zika.

    Pencegahan Virus Zika sama seperti pencegahan infeksi demam berdarah yaitu pemberantasan sarang nyamuk. Penyakit virus Zika sama seperti infeksi virus demam berdarah bisa kita tekan kasusnya jika kita dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk temukan jentik dan soasialisakan  3 M (Mengubur,Mengurus dan Menutup).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hati-Hati !! Virus Zika Mewabah !!
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar