Makanan Khas Tanjung Pandan Belitung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tanjung Pandan merupakan sebuah kecamatan yang ada di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi ibu kota dari Kabupaten Belitung. Sama halnya dengan kecamatan lainnya di kecamatan Tanjung Pandan juga terdapat beberapa makan khas dan  tempat wisata.

    Baiklah kali ini kita akan membahas tentang makanan khas yang ada di Kecamatan Tanjung Pandan Belitung yang wajib kamu coba jika kamu berkunjung ke sana. Sebagai berikut.

    1. Mie Atep

    Mie Atep merupakan salah satu makanan yang wajib kamu coba apabila kamu berkunjung ke Tanjung Panda. Sanking terkenalnya mie ini sudah menjadi icon tersendiri dari Belitung. Mie ini terdapat di pesisir pusat kota Tanjung Pandan, dekat Tugu Batu Satam. Di tempat ini juga terdapat menu lai yaitu Nasi Sum-Sum yang tidak kalah rasanya dengan Mie Atep.  Rasa Mie Atep sangat lezat dengan mie yang lentur, potongan tahu, toge, mentimun, kentang, udang, dan melinjo. Untuk minumnya bisa pesan Es Jeruk  Kunci yang sangat segar sangat cocok untuk diminum pada siang hari. Mie dan Nasi Sum-Sum bisa kamu dapatkan dengan harga Rp13.000 dan untuk Es Jeruk Kunci seharga Rp5.000 cukup murah bukan dengan harga yang tidak begitu mahan kamu sudah dapat mencoba makanan yang enak.

    1. Rujak Tahu

    Rujak Tahu ini berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak ini terdiri dari potongan tahu, mentimun, toge, melinjo, dan kuah yang mirip dengan pempek.  Harga satu porsi untuk Rujak Tahu ini Rp12.000.

    1. Berego

    Makanan ini bisa kamu dapatkan di Restoran Timpo Duluk merupakan restoran dengan dekorasi yang unik tempo dulu. Berego merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras putih yang dipipihkan seperti mie pipih dengan ukuran yang agak besar kemudian dililit. Untuk adonannya dicampurkan dengan ikan yang dihaluskan yang disajikan dengan kuah santan. Untuk makan ini dijual dengan harga Rp12.000 untuk satu porsi.

    1. Nasi Gemok

    Menu lain bisa kamu coba di Restoran Timpo Duluk yaitu Nasi Gemok merupakan nasi empuk yang dimakan dengan ikan bulus kecil digoreng renyah ditambahkan kuah santan yang gurih dicampur dengan belimbing. Biasanya makanan ini dijadikan menu makan pagi oleh orang belitung. Untuk nasi ini dihargai Rp13.000 untuk satu porsi.

    1. Tahu Bungkus Simpor

    Tahu ini mirip dengan Pepes Tahu kalau Jawa. Makan ini dibuat dengan olahan tahu yang dicampurkan dengan bumbu kemudian dikukus.Tahu dicampurkan dengan bumbu kemudian dibungkus dengan daun simpor (tanaman endemik Belitung yang memiliki khasiat untuk penyembuh luka). Harga satu porsi untuk makan ini adalah Rp 5.000 cukup murah ya.

    1. Gagang Ikan

    Gagang Ikan merupakan makan yang disajikan dengan kuah santan yang dicampur irisan nanas dan bumbu rempah. Makan ini disajikan di dalam buah kelapa muda. Untuk harganya sebesar Rp 38.000 bisa dimakan oleh dua orang. Makan ini memiliki cita rasa yang gurih.

    1. Klepon dan gorengan

    pasar Tanjung Pandan terdapat banyak pedagang salah satunya pedagang gorengan. Salah satu makan yang dijual yaitu Klepo dengan ukuran yang agak besar. Untuk harga makan ini Cuma Rp 1.000 saja. Apabila makanan ini digigit maka isiannya akan keluar kemana-mana. Makan ini cukup awet bisa bertahan selama satu hari.

    Itulah beberapa makanan khas Tanjung Pandan Belitung yang wajib kamu coba apabila kamu berkunjung kesana. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk mencari makan jika pergi ke Tanjung Pandan Belitung.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Tanjung Pandan Belitung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar