Makanan khas di Landak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia memiliki kebudayaan kuliner yang sangat banyak di setiap daerah-daerah yang ada, salah satunya yaitu Kabupaten Landak yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat ini,  Kabupaten ini merupakan kabupaten yang mayoritas di diami oleh masyarakat suku dayak yang banyak memiliki keragaman dan kekayaan alamnya.

    Salah satunya yaitu kuliner atau makanan khas yang dimiliki oleh masyarakat dayak tersebut. Makanan tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin anda akan penasaran dengan rasa makanan tersebut Berikut merupakan makanan khas Landak yang wajib untuk anda cicipi.

    1. Bontokng

    Makanan ini terbuat dari beras gunung asli Kalimantan Barat dengan cara di bungkus dengan daun yang indah yang berasal dari hutan kalimantan dan dibentuk menyerupai persegi panjang. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan sangat gurih jika dimakan dengan tambahan sayur, makanan ini tidak jauh berbeda dengan ketupat namun bontokng ini sendiri tidak menggunakan kepala atau santan sebagai bahan pembuatannya. Makanan ini bisa anda temui di kabupaten Landak dan jika anda berkunjung ke landak bisa mencicipi makanan ini.

    1. Tumpi’

    Makanan ini bentuknya sama seperti bakwan yang bahan pembuatannya dengan campuran tepung ketan dengan campuran gula. Makanan ini merupakan makanan yang terkenal sejak nenek moyang dan merupakan makanan sakral yang sering sekali digunakan sebagai salah satu pelengkap pajaji untuk menghormati asal muasal padi turun ke dunia, ini juga sebagai makanan pembuka untuk acara Roah ,acara pernikahan juga acara lainnya yang dianggap sangat penting yang berhubungan dengan adat.

    1. Sop Mie Kuning

    Makanan ini cukup terkenal di Kabupaten landak, Sop mie kuning ini memiliki citarasa yang cukup melekat di lidah para penikmat kuliner. Sop mie kuning ini berbahan utama mie kuning. Mienya pun dipesan khusus karena diolah dengan bumbu yang khas. Sop mie kuning ini dilihat sekilas seperti mie ayam umumnya. Tetapi, bila anda mencicipnya rasa kuahnya sangat berbeda dengan mie ayam. Pembuatannya juga sangat berbeda dan kaya akan rempah. Pada sop mie kuning ini pada bagian atasnya diberi tambahan potongan daging sapi yang diolah dengan bumbu pilihan.

    1. Rotikap

    Kue ini adalah kue asli dari melayu Kabupaten Landak yang dibuat dengan bahan utamanya adalah santan kelapa, kue ini adalah bisa dibilang makanan populer dari kabupaten Landak karena rasa kuenya yang khas yaitu manis dan juga harum, kue ini juga paling digemari oleh masyarakat terutama pada hari-hari besar baik hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan juga hari natal.

    1. Tempoyak

    Bagi kamu penikmat durian pasti kamu pernah mendengar tempoyak ini,tempoyak merupakan makanan khas dari dayak yang terbuat dari bahan dasarnya yaitu buah dusrian, makanan ini banyak di konsumsi oleh masyarakat. Tempoyak ini masih menggunakan bahan yang sangat alami dan belum dicampur oleh bahan kimia dan bahan pengawet lainnya, tentunya masih sangat alami sekali dan rasanya pasti sangat enak. Tempoyak ini biasanya dibuat untuk sebagai bahan sayur daun-daunan tergantung dari selera masing-masing orangnya.

    Itu adalah makanan khas dari Landak yang wajib anda cicipi jika anda berkunjung ke kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Jika anda berkunjung ke Landak  tidak lengkap rasanya dan pasti ada yang kurang jika anda tidak mencicipi makanan khas dari Kalimantan Barat ini. Dan jangan sampai anda terbawa mimpi karena tidak mencicipi makanan tersebut.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan khas di Landak
    Sangat Suka

    66%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar