Objek Wisata Kabupaten Barito Kuala

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Kuala merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kotanya yaitu Marabahan. Jika kamu ingin berlibur, berliburlah ke Kabupaten Barito Kuala. Jangan lewatkan tempat wisata yang terdapat di Barito Kuala. Kabupaten dengan luas 3284 km ini sangat terkenal akan wisata.

    Objek wisata ini tidak  kalah menariknya dengan wisata di daerah lain. Mulai dari pulau – pulau yang sangat indah, wisata menyusuri sungai dan belanja di pasar terapung, dan hingga mengunjungi makam – makam Syekh di Kalimantan Selatan. Jika kamu penasaran dengan objek wisata di Barito Kuala. Berikut ini saya akan menjelaskan tempat wisata di Barito Kuala.

    Pulau Kembang

    Pulau ini adalah salah satu pulau yang ada di Barito Kuala yang terdapat di tengah – tengah sungai Barito. Pulau ini dibuka untuk umum dan menjadi tempat wisata dari tahun 1976. Sangat banyak keunikan yang dimiliki Pulau Kembang ini salah satunya adalah habitat asli seperti monyet atau kera yang berekor panjang dan berbagai jenis burung. Selain itu juga, apabila kamu masuk lebih dalam kamu pasti akan menemukan dua buah arca dengan wujud hanoman yang biasanya digunakan oleh etnis Tionghoa – Indonesia untuk melakukan penyembahan kepada sang penjaga pulau kembang.

    Jembatan Barito

    Jembatan ini memiliki panjang 1.082 M ini diresmikan pada tahun 1997 oleh presiden Soeharto dan berhasil mencetak rekor muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan ini berdiri sangat kokoh dengan tiang yang  berwarna kuning sebagai ciri khas mampu menarik perhatian semua orang bahkan para wisatawan agar berkunjung dan berfoto di area atau sekitar jembatan ini. Bukan hanya itu, dari atas jembatan Barito ini terdapat sungai Barito dan juga masyarakat di sekitar sungai.

    Agropolitan Tarantang

    Ini merupakan kota pertanian yang terdapat di Kabupaten Barito Kuala. Pemerintah setempat sukses menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini mempunyai banyak hasil salah satunya adalah hasil pertanian diantaranya mulai dari jeruk dan padi. Selain itu ada juga pengembangan hewan ternak seperti sapi potong dan kambing. Serta masih banyak juga kawasan pertanian lainnya.

    Agropolitan Sungai Kambat

    Merupakan kota pertanian yang kedua. Ini terletak di desa sungai Kambat Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala. Wisata ini adalah kawasan pertanian yang dikembangkan pemerintahan untuk menarik perhatian wisatawan local hingga Mancanegara.  Diwisata ini kamu bisa menikmati langsung buah – buahan dari pohonnya. Seperti jeruk Siam Banjar ini sudah terkenal akan kemanisannya. Selain itu juga bisa menikmati ikan bakar dan makanan khas lainnya.

    Jembatan Rumpiang

    Selain Jembatan Barito, Jembatan Rumpiang juga tidak kalah menarik. Jembatan ini berada diatas sungai Barito yang diresmikan pada tanggal 25 April 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini jika dari atas sepanjang 753 M. Kamu juga bisa melihat keindahan dan mengamati aktivitas penduduk yang tinggal di sekitar Sungai Barito ini.

    Pulau Kaget

    Pulau ini adalah habitat asli yang terdiri dari kera Belanda / Bekantan. Letaknya juga sama dengan pulau Kembang yang berada di tengah – tengah sungai Barito. Untuk sampai kepulau ini kamu harus menggunakan Speed Boat dengan waktu hampir kurang dari 15 menit dari kota Banjarmasin, dan jika menggunakan Klotok akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Pulau ini juga dinobatkan sebagai Cagar Alam pulau kaget pada tahun 1976, hal itu dilakukan untuk melindungi hewa – hewan langka.

    Siring Marabahan

    Tempat ini merupakan salah satu tempat yang terdapat di tepi sungai Barito. Masyarakat setempat berkunjung pada sore hari untuk sekedar bersantai. Lokasi Siring Marabahan ini sangat strategis karena berada didepan rumah Dinas Bupati Barito Kuala dan sangat mudah dijumpai. Selain itu juga kamu bisa menyaksikan para Atlet Dayung yang sedang berlatih.

    Objek Wisata Makam Datuk Syekh Abdussamad

    Jika kamu yang suka berwisata religi, anda bisa mengunjungi Makam Datuk Syekh Abdussamad yang terdapat di Kecamatan Marabahan. Syekh Abdusamad ini ucu dari Syekh M. Arsyad Al – Banjari. Tempatnya juga sangat mudah dijangkau karena karena hanya setengah KM dari ibukota Kabupaten Barito Kuala.

    Nah, itulah tempat wisata yang ada di Kabupaten Barito Kuala. Masih banyak juga tempat – tempat wisata yang ada di Barito Kuala.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata Kabupaten Barito Kuala
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar