Pantai Kuala Ketapang – Aceh Tamiang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Aceh Tamiang memang memiliki potensi wisata yang luar biasa, dia tidak hanya wisata saja di daerah pegunungan tetapi ada juga wisata pantainya.Salah satu wisata pantai yang sangat terkenal di wilayah Aceh Tamiang adalah Pantai Kuala Ketapang.Lokasi wisatanya terletak di Desa Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang.

    Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tamiang menargetkan Pantai Ketapang ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat utama dan juga ramai dikunjungi saat liburan di tahun 2015. Salah satu usaha pemerintahan tersebut yaitu memperbaiki akses jalan yang ada, sarana dan prasarana wisata Pantai Ketapang.

    Untuk menuju ke Pantai ketapang itu bisa melalui dua jalur yang berbeda. Pertama, kamu bisa lewat jalur darat yang mempunyai jalan yang sangat rusak karena belum adanya perbaikan jalan alternative dari warga di sana apalagi saat menuju kesana terkena hujan, akan sangat sulit untuk menuju kesana.

    Kedua, kamu bisa lewat jalur laut dengan menggunakan Sampan, perahu, atau boat di dermaga tanjung keramat. Dan itu biasanya kamu di antar perginya dan kemudian di jemput lagi pada sore harinya.

    Pantai Kuala Ketapang ini memang memiliki wisata pantai yang sangat indah dan anggun, jadi tidak salah banyak orang datang ke tempat yang indah ini, air laut yang begitu biru membuat para wisatawan ingin sekali berfoto di sana.
    Tetapi warga disana kurang kesadaran akan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,  Lingkungan masih sangat minim maka dari itu hendaknya pemerintah daerah(PEMDA)terkait membuat papan peringatan tentang menjaga kebersihan lingkungan di kawasan pantai dan daerah aliran sungai(DAS).

    Pada Tahun 2010 lalu kunjungan mantan bupati bumi muda sedia (adalah julukan untuk aceh tamiang) yaitu Drs H. Abdul Latief beliau mengharapkan agar pantai Kuala Ketapang dapat dikelola menjadi pantai yang diminati oleh wisata lokal atau warga setempat, dosmetik maupun manca Negara.

    Seharusnya Warga setempat atau warga lokal menyediakan tempat sampah atau tong sampah, agar sampah di sana dapat terkendali dan tidak berserakan, jadi pantai senantiasa bersih dan mata memandang pun indah.

    Bibir pantai Kuala Ketapang ini memang cukup panjang. Salah satu pekerja kontraktor yang membuat sarana dan prasarana Pantai ketapang ini mengukur bibir pantai kuala ketapang ini hampir 3Km panjang nya. Jadi Potensi wisata disini jika di kelola dengan baik dan benar tanpa ada salah sedikit pun. Di samping itu dapat menambahkan penghasilan para pedagang yang berjualan di sekitar pantai itu tetapi para pedagang harus menjaga kebersihan di sekitar lingkungan pantai tersebut.

    Walaupun Pantai Kuala Ketapang ini indah tetapi tidak banyak orang yang mengetahui di mana lokasi pantai ini, banyak penyebab orang tidak tahu lokasi pantai saat ini adalah salah satunya yaitu karena jalan menuju pantai sangat lah tidak bagus dan banyak jalan yang berlubang – lubang dan lumpur pada saat musim hujan, jika kita memakai jalur air yaitu memakai sampan atau bot tidak lah begitu enak karena pada saat pulang kita di jemput, jikalau kita terlupa kalo kita di jemput atau kita terlewatkan sampan kita tidak bisa pulang karena sampan sudah pergi dan mau gimana lagi ? ya kita harus tinggal di sana atau kemah.

    Inilah moment yang sangat indah di Pantai Kuala Ketapang yaitu Sun Rise, moment di mana matahari akan tenggelam dan memperlihatkan tampilan awan yang begitu indah dengan warna orange kehitaman. Moment ini lah yang banyak diminati para wisatawan yang ada di kawasan Pantai Kuala Ketapang. Ini lah moment yang bisa membuat kita relax dan santai dengan memandang ke atas awan sana dan melihat indah nya Sun Rise.(Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantai Kuala Ketapang – Aceh Tamiang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar