Terasi Bola Khas Bombana Sulawesi Tenggara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi anda pecinta sambal,  terasi merupakan salah satu bahan yang banyak disukai, hanya dengan sedikit terasi yang di campurkan ke sambal maka keluarlah aroma dan cita rasa yang menakjubkan saat sambal tersebut masuk ke tenggorokan anda. Apa lagi terasi ini masuk dimana saja dan berbagai menu makanan yang bisa dikolaborasikan dengan terasi ini. mata melek dan menambahkan nafsu makan menjadi lagi dan lagi menyatapnya.

    Terasi ini adalah salah satu oleh-oleh khas Bombana yang ter populer di Indonesia. Di pasar terasi ini dikenal dengan kemasan yang di jual bebas, karena terasi ini termasuk olahan tradisonal. Dan penggemar pun mengincar terasi Bombana tradisonal ini. Denga bentuk yang unik terasi ini disajikan berbentuk bulat seperti bola yang berukuran sedang dan berasal dari Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara.

    Dengan berbentuk unik terasi ini memiliki daya tarik pelanggan,karena biasanya terasi ini di sajikan berbentuk persegi panjang,. Dan timbullah ide kreatif  Bomabana menyajikan terasi ini berbentuk bola tenis.

    Kabupaten Bombana ini termasuk daerah pesisir yang perekonomiannya menggunakan hasil dari laut. Terasi berbentuk bola ini merupakan hasil olahan dari ibu rumah tangga yang banyak dijumpai di Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah. Karena daerah ini terkenal dengan olahan hasil dari laut maka terasi tersebut yaitu bahan dasarnya udang.

    “Maknyus rasa udangnya dan terasa khas tradisonal sekali,” dan begitulah tanggapan dari pelanggan yang membelinya sebagai oleh-oleh khas Bombana Sulawesi Tenggara.

    Bola-bola terasi Bombana Sulawesi Tenggara ini memang banyak di cari oleh wisatawan saat berlibur di Bombana. Dengan harga yang sangat murah terasi hanya Rp. 10.000 per butirnya. Bagi anda yang menginginkan bola-bola terasi  ini tidaklah susah karena mencarinya hanya di pasar induk Bombana atau anda bisa langsung pergi ke rumah-rumah warga yang memproduksi bola-bola terasi ini. Terasi ini biasanya pembeli akan mendapatkan gratis jika anda membelinya minimal 10 maka anda mendapatkan 1 butir terasi.

    Jika anda pergi ke Bombana atau Sulawesi Tenggara. Hendaklah anda menjadikan bola-bola terasi  ini sebagai oleh-oleh, dijamin anda tidak akan rugi dan orang diberi pun sangat bahagia karena telah mendapatkan oleh-oleh khas Bombana ini. bola-bola terasi ini berukuran besar dan membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan 1 butir terasi ini. Apalagi hanya dikonsumsi oleh rumah tangga  biasa. berbeda dengan orang yang membuka rumah makan karena memerlukan terasi yang cukup banyak setiap harinya.

    Anda tidak perlu khawatir dengan bola-bola terasi ini. Karena  bola-bola terasi ini tidak menggunakan bahan pengawet dan aman dikonsumsi, bahkan bertahan sangat lama kira-kira bertahan sampai berbulan-bulan lamanya. Terasi ini proses pembuatannya sangat lah terjaga kebersihannya jadi bagi anda penggemar terasi ini janganlah merasa takut akan kabersihannya karena sudah aman tanpa bahan pengawet.

    Beberpa ekor lalat yang mengerubuti terasi-terasi tersebut . bagi anda itu adalah hal yang sangat  jorok dan banyak mengandung kuman di terasi. Konon dengan dikerubuti lalat di terasi maka itulah tanda-tanda bahwa tidak ada bahan pengawet dalam terasi dan dijamin tingkat mutunya.

     Nah, bagi anda tertarik dan menginginkan bola-bola terasi khas Bombana Sulawesi Tenggara ini, buruan sempatkan diri anda untuk berlibur di Bombana dan tidak lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bombana yaitu “Bola-Bola Terasi Tradisional” dan dijaga tingkat mutunya dan dijamin tidak menggunakan bahan pengawet. (Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Terasi Bola Khas Bombana Sulawesi Tenggara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar