SIAKAD UNESA, Sistem Akademik Universitas Negeri Surabaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - SIAKAD singkatan dari Sistem Informasi Akademik yaitu sebuah aplikasi yang ada pada setiap kampus-kampus yang berguna untuk membantu dalam pengelolaan data pada instansi pendidikan yang mempermudah untuk pembayaran, penilaian dan urusan akademik lainnya secara online dan memberikan sebuah layanan publik yang diberikan oleh Universitas Negeri Surabaya kepada mahasiswa, karyawan, dosen yang gunanya untuk meningkatkan kinerja dari mereka.

    Sistem Akademik Universitas Negeri Surabaya ini sama dengan sistem akademik pada kampus lainnya yaitu memiliki komponen sistem informasi yaitu software, data, produsen, hardware dan juga user. Untuk mengakses SIAKAD Universitas Negeri Surabaya ini pengguna atau user harus mempunyai sebuah identitas, biasanya identitas tersebut di dapat oleh warga kampus tersebut yang diberikan oleh akademiknya.

    SIAKAD Universitas Negeri Surabaya memiliki beberapa versi diantaranya yaitu:

    1. Mobile Ready

    Mobile Ready ini merupakan aplikasi Sistem Akademik Universitas Negeri Surabaya versi mobile yang nantinya dapat diakses oleh mahasiswa atau civitas akademika dari semua jenis OS yang terdapat pada smartphone masing-masing baik berupa iphone, blackberry, maupun android.

    1. Fast Access

    Fans Access adalah aplikasi yang dapat disandingkan dengan aplikasi yang berbasis dekstop lainnya saat di operasikan dan yang dapat diakses dengan cepatjuga loadnya hanya sekali saja saat awal aplikasi berjalan.

    1. Cross Browser

    Cross Browser ini merupakan tampilan SIAKAD UNESA yang dapat dibuka dengan sempurna pada browser dengan semua resolusi yang tentunya sangat bermanfaat.

    1. High Security

    Ini merupakan salah satu kekuatan pada sistem SIAKAD UNESA yaitu keamanannya yang tentunya dapat dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

    1. Cross Platform

    Sistem akademik ini dapat diimplementasikan pada server dengan jenis sistem operasi apapun

    1. Adaptive System

    SIAKAD ini adalah sebuah produk akan tetapi sebuah produk juga dapat disesuaikan degan tempat yang ada pada anda

    Beberapa menu informasi yang ada pada SIAKAD Universitas Negeri Surabaya yang bisa di akses oleh mahasiswa di antaranya adalah

    1. Data Pribadi

    Pada data pribadi ini biasanya berisi data atau biodata pribadi mahasiswa dan juga ada menu ganti password. Pada menu ini mahasiswa juga bisa merubah data tentang diri pribadi atau berubah password secara berkala agar aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

    1. Perkuliahan

    Menu isi berisi tentang KRS, jadwal kuliah, data tugas akhir dan juga Setting DPA. Untuk mengakses KRS ini biasanya bisa digunakan saat masa pengisian KRS saja yang telah di tentukan oleh pihak kampus, biasanya rentang waktu yang diberikan oleh kampus lumayan lama dan mahasiswa bisa mempertimbangkan matakuliah apa yang ingin di ambil pada semester selanjutnya, pada pengisian KRS ini harus ada bimbingannya juga pada Pembimbing Akademik apakah pada semester ini cocok untuk mengambil matakuliah ini, untuk data pada tugas akhir berisi tentang judul skripsi yang diambil oleh mahasiswa, apakah masih ada revisi pada judul yang diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan.

    1. Laporan KHS

    Pada menu isi berisi tentang laporan KHS(Kartu Hasil Studi), absensi, transkrip nilai. Kemajuan belajar, SPP, dan histori mengulang pada mahasiswa. Pada menu pengajuan belajar ini berisi tentang informasi transkrip nilai mahasiswa dari  semester awal sampai dengan semester bersangkutan dan terdapat grafik kemajuan belajar dari mahasiswa tersebut. Transkip nilai mahasiswa ini berbasis IPK dari awal semester satu.

    1. Pengumuman nilai

    Pada menu ini akan menampilkan semua pengumuman nilai dari matakuliah dan kelas yang ada. Biasanya pengumuman ini dikelompokkan menurut jurusan dan periodenya. Mahasiswa bisa juga melihat nilai pada matakuliah yang bersangkutan pada menu ini yang tentunya sangat bermanfaat jika nilai pada portal masing-masing belum keluar.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SIAKAD UNESA, Sistem Akademik Universitas Negeri Surabaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar