Makanan khas Polewali Mandar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Polewali Mandar merupakan salah satu daerah atau Kota/Kabupaten yang terdapat di Sulawesi Barat yaitu Provinsi yang beribukotakan Mamuju. Polewali Mandar memiliki Ibukota di Polewali.

    Polewali Mandar memiliki Beragam Makanan khas yang tentunya Sedap dan Enak untuk dinikmati, baik yang memiliki cita rasa Manis dan Pedas. Disini Kita akan mambahas mengenai Berbagai Makanan Khas yang terdapat Polewali Mandar yang Kamu harus coba.

    1. Kue Apang Mandar

    Kue Apang merupakan Kue yang berbentuk Segitiga dan juga merupakan Makanan Kue yang cukup terkenal di Sulawesi Barat.  Bahan dasar dalam pembuatan Kue yang satu ini adalah Gula Aren, dan gula aren yang lebih dominan membuat Kue ini berwarna Kecokelatan. Dan adonan Kue Apang sendiri yaitu berupa tepung beras yang terlebih dahulu di kukus diatas cetakan. Dan dicampurkan dengan Tuka manis sehingga Adonannya dapat mengembang.

    2. Kue Paso

    Dalam Bahasa Mandar, Paso berarti Paku. Dinamakan Kue Paso, Karena di bagian Ujung atau Kaki kue ini berbentuk Lancip. Biarpun begitu, Kue ini banyak diminati Warga Sulawesi Barat, khususnya Kabupaten Polaweli Mandar, dan tentunya karena Kue ini memiliki rasa yang sangat sangat enak.

    Sama seperti Kue Apang, Adonan kue ini pun dibuat dari Tepung Beras dan santan, lalu dicampur dengan gula aren yang sudah dicairkan. Lalu Adonannya dimasukkan kedalam cetakan yang terbuat daun Pisang yang sudah dibentuk terlebih dahulu seperti Trapesium. Dan lalu dikukus kedalam sebuah panic yang telah di beri penyangga.

    3. Kue Bolu Paranggi

    Bolu Paranggi merupakan Kue Bolu kukus yang berbentuk seperti Mangkok kecil yang terbuat dari beberapa Bumbu adonan yang ditaburkan Santan sebagai Toppingnya

    4. Kue Cucur

    Kue Cucur kabarnya merupakan Makanan Tradisional terenak di Sulawesi Barat. Sama seperti Kerabat makanan Tradisional khas Sulawesi Barat lainnya, Kue Cucur terbuat dari tepung beras dan bersamaan dengan gula merah yang digoreng dengan Minyak Kelapa khas sebagai Minyak nya. Kue ini sangat cocok untuk Kamu yang hobi nya.

    5. Bau Piapi

    Bau Piapi sangat cocok untuk untuk yang memiliki Lidah pedas, Bau Piapi merupakan Kuliner Tradisional khas Sulawesi Barat yang terlihat seperti Sup khas Sulawesi Barat, yang di dalamnya dipadukan Hidangan Seafood  dan sedikit Mie.

    Kuah Bau Piapi sendiri terbuat dari rempah-rempah yang dicampurkan dengan bumbu-bumbu khas Sulawesi Tengah. Dan dimakan pada umumnya bersamaan dengan nasi.

    6. Kue Mandah

    Kue Mandah tak jauh beda dengan salah satu makanan khas yang sudah dijelaskan tadi, yaitu Kue Apang. Sama seperti Kue Apang, Kue Mandah terbuat dari Kukusan tepung beras dan dicampur dengan gula aren, dan di atasnya di kasih sedikit Topping berupa taburan Kelapa Muda.

    7. Goreng Sambusa

    Sambusa bisa dibilang merupakan Gorengan khas Sulawesi Barat. Sama seperti Gorengan, Sambusa merupakan Tepung khusus yang digoreng, namun yang membuat Sambusa istimewa ialah isinya, isi dari Gorengan Sambusa ialah oleh Daging ikan yang Lezat dan Sehat. Dan Makanan ini Laku keras di Sulawesi Barat sebagai Makanan Cemilan saat berwisata.

    8. Kue Jepa

    Kue Jepa merupakan Kue yang dibuat dari Sagu atau bisa juga Singkong yang di dalamnya berisi Gula aren dan Manisan yang membuat Makanan yang satu ini menjadi lebih nikmat dan ramai. Dan juga Makanan ini sangat Cock untuk Kamu yang Hobi nya manisan.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan khas Polewali Mandar
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar