Smart USU, Portal Akademik Universitas Sumatera Utara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Sumatera Utara merupakan universitas negeri yang terdapat di kota Medan. Universitas adalah salah satu universitas terbaik di Sumatera. Sama hal degan universitas-universitas lainnya Universitas Sumatera Utara(USU) juga memiliki portal akademik atau sering juga disebut sebagai Sistem Informasi Akademik.

    Portal akademik Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah sistem informasi yang berguna sebagai penghubung informasi akademik dan sebagai sarana komunikasi antara civitas akademika yang ada di kampus. Sistem ini muncul karena banyaknya fakultas dan kebutuhan infromasi akademik maka dibuatlah sebuah sistem atau portal yang dapat menghubungkan informasi-informasi sehingga mudah untuk di akses publik. Portal akademik dapat diakses dengan mudah melalui berbagai teknologi, portal in dapat diakses oleh administrator, mahasiswa, dan dosen.

    Baiklah kali ini kita akan membahas sekilas tentang portal akademik USU apabila yang mengakses adalah mahasiswa. Sebagai berikut.

    1. Untuk masuk ke portal akademik Universitas Sumatera Utara silahkan buka situs https://portal.usu.ac.id/login/login.php maka akan tampil halaman login seperti berikut.

    Untuk masuk ke portal akademik ini masukkan username dan password, username pada portal ini adalah nomor induk mahasiswa atau NIM. Dan untuk password masukkan password yang ada pada KTMS atau password yang sudah kamu ganti.

    1. Setelah berhasil login maka akan tampil tampilan utama seperti berikut.

    Pada tampilan home dapat dilihat bahwa ada beberapa informasi yaitunya ucapan selamat datang, informasi mail, informasi pengguna, menu utama, pengumuman, diskusi terbaru.

    1. Pada portal ini  terdapat beberapa menu yang dapat diakses oleh mahasiswa. Baiklah kali ini kita akan membahas menu-menu yang ada di portal ini. pertama kita akan membahas menu profil. Menu ini berisi biodata mahasiswa. Apabila kamu memilih menu profil maka akan tampil profil mahasiswa seperti berikut ini.

    1. Selanjutnya menu email, menu email ini adalah menu untuk pendaftaran email mahasiswa. Di portal ini setiap mahasiswa hanya bisa mendaftarkan 1 akun e-mail saja.

    1. Berikutnya menu registrasi adalah menu tempat pendaftaran mahasiswa setiap semester untuk mengubah status mahasiswa tetap aktif.

    1. Selajutnya menu registrasi wisuda adalah menu yang bisa digunakan untuk pendaftaran wisuda sebelum mahasiswa wisuda.

    1. Berikutnya menu matakuliah ditawarkan menu ini merupakan menu yang menampilkan daftar matakuliah yang akan dilaksanakan selama satu semester aktif.

    1. Berikutnya halaman pengolahan KRS adalah menu yang digunakan untuk pengisian KRS. Pada menu ini mahasiswa dapat menambah, menghapus, dan merancang data KHS.

    1. Berikutnya menu informasi hasil studi menu ini digunakan untuk melihat hasil studi pada setiap semester.

    1. Selanjutnya menu transkrip nilai pada menu ini mahasiswa dapat melihat transkrip nilai mahasiswa. Seperti gambar berikut ini.

    1. Berikutnya menu password padan menu password ini dapat digunakan untuk mengubah password login portal kamu seperti berikut ini.

    1. Yang terakhir menu logout menu ini berfungsi untuk keluar dari portal ini apabila kamu klik logout maka akan kembali ke halaman login. Logout sangat penting kamu lakukan setelah kamu selesai dengan portal karena apabila kamu tidak logout berkemungkinan orang lain dapat mengakses akun kamu dan melakukan perubahan data.

    Itulah pembahasan sekilas tentang portal Universitas Sumatera Utara (USU) semoga bermanfaat bagi yang membaca, dan dapat membantu mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara untuk membuka portal, mengakses, dan menambah data-data ke portal ini.(Tifa)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Smart USU, Portal Akademik Universitas Sumatera Utara
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar