Siakad UNDIP, Sistem Akdemik Universitas Diponegoro

Daftar Isi

    LancangKuning.com - SIAKAD atau Sistem Akademik Universitas Diponegoro merupakan suatu situs web yang berguna untuk memberikan informasi akademik yang ada pada Universitas Diponegoro  tersebut kepada warganya atau civitas akademika. Sistem akademik ini adalah sumber daya dari segala sesuatu yang bentuk informasinya ada kaitannya dengan masalah-masalah akademik kampus.

    Sistem akademik juga digunakan sebagai sarana komunikasi antar mahasiswa dan dosen, dosen dengan pejabat, mahasiswa dengan mahasiswa atau siapa saja yang ada pada lingkungan kampus tersebut. Karena pada zaman saat ini teknologi internet tidak terlepas dari kehidupan, sistem informasi akademik ini biasanya berbasis web yang tujuannya dapat di akses memalui koneksi Internet.

    Sistem Akademik Universitas Diponegoro ini dimaksudkan sebagai sistem yang mengolah data yang berhubungan dengan proses belajar mengajar Universitas Diponegoro tersebut, di antaranya terdapat data matakuliah, data mahasiswa, data dosen, data nilai, sistem penyimpanan data dan juga persiapan dokumen yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang dilaksanakan oleh manusia dengan  bantuan sistem komputer. Pada portal akademik Universitas Diponegoro ini terdapat beberapa informasi yang ada di dalamnya, diantaranya adalah :

    1. Berita

    Berisi informasi yang terupdate yang di terbitkan oleh lembaga pendidikan maupun kampus itu sendiri yang pastinya sangat berguna untuk mahasiswa atau Civitas akademika Universitas Diponegoro.

    1. Pendidikan

    Pada informasi pendidikan ini terdapat informasi yang berkaitan dengan perkuliahan yang ada pada univeristas diponegoro ini. Contohnya adalah kurikulum, Kerja Praktek, tugas akhir dan penelitian, materi kuliah , dll.

    1. Komunitas

    Biasanya berisi tentang informasi komunitas yang ada pada Universitas Diponegoro tersebut yang anggotanya biasanya adalah mahasiswa, Dosen, Alumni, staff dan lain-lain.

    1. Data Personal

    Data personal ini berisi tentang data pribadi yang menyangkut mahasiswa tersebut seperti,

    • Kartu Rencana Studi (KRS)

    Merupakan sebuah kartu yang di isi oleh setiap mahasiswa yang ingin mengikuti semester tersebut dengan memilih mata kuliah, jumlah sks dan dosen yang akan diikuti pada semester tersebut, biasanya dalam pengisian KRS ini juga ada pertimbangan atau menanyakannya kepada pembimbing akademik.

    • Kartu Hasil Studi (KHS)

    Kartu hasil studi merupakan hasil pencapaian pada semester yang telah lalu, sekaligus mengetahui hasil evaluasi studi yang telah diikuti pada semester tersebut. Biasanya pada perguruan tinggi yaitu diukur dengan IP(Indeks Prestasi), kamu juga mengetahui pada mata kuliah mana kamu yang gagal dan harus mengulang kembali.

    1. Jadwal Perkuliahan

    Pada jadwal perkuliahan ini berisi tentang jadwal kuliah yang berlangsung pada semester saat ini, selain itu juga berisi tentang informasi monitoring jadwal perkuliahan dosen dan juga jumlah kehadiran saat mengikuti perkuliahan yang berlangsung.

    1. Perpustakaan Online

    Berisi tentang informasi buku yang ada pada perpustakaan Universitas  Diponegoro melalui sebuah katalog online yang tentunya akan membantu mahasiswa dalam melihat buku-buku dan mencari buku. Mahasiswa juga dapat meminjam buku secara online kepada perpustakaan melalui akun ini yang tentunya sangat membantu mahasiswa.

    1. Electronic Mail (Email)

    Email merupakan fasilitas yang ada pada Sistem Akademik universitas Diponegoro yang mana fasilitas ini bisa digunakan untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dan sekaligus dapat digunakan untuk sarana diskusi antara mahasiswa dengan mahasiswa, dosen dan mahasiswa.

    Dengan adanya Sistem Akademik Universitas Diponegoro ini dapat memberikan informasi yang lebih update karena informasi yang ada dapat memenuhi keinginan dan sangat bermanfaat bagi dosen dan juga mahasiswa yang mengaksesnya, mahasiswa dapat mengakses dengan baik tanpa harus repot untuk pergi ke bagian akademik, dan dengan adanya sistem online ini dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan dari pada menggunakan sistem manual yang pastinya menggunakan atau memerlukan biaya yang sangat banyak. (Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Siakad UNDIP, Sistem Akdemik Universitas Diponegoro
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar