Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Maag

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Maag terjadi karena refluks asam lambung, merupakan kondisi yang mana ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Biasanya maag disebabkan oleh makanan pedas, makanan berminyak, minuman berkafein, dan alkohol. Jika kamu sudah menderita maag selain obat-obatan kamu harus mengkosumsi asupan yang baik untuk membantu menetralkan asam yang ada pada asupan yang kamu makan. Berikut ini makanan yang boleh dimakan penderita maag.

    1. Bubur ayam

    Saat sakit maag kamu kambuh, sebaiknya kamu konsumsi makan dengan tekstur yang lunak seperti bubur. Makan dengan teksrut yang lembut akan mudah dicerna dan dapat membatu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Hindari untuk menambahkan jeroan kedalam bubur kamu karena jeroan sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan.

    1. Lidah buaya

    Lidah buaya bisa menyembuhkan luka yang ada pada lambung. Selain itu lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik , dan juga dapat meghilangkan rasa sakit. Jika kamu memakan lidah buaya pastikan kamu mengunyah sampai halus.

    1. Kentang rebus

    Kamu dapat mengkonsumsi kentang untuk mengganti karbohidrat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kentang kamu aka merasa kenyang. Kentang rebus bersifat alkali yang bisa menetralisasi asam lambung sebelum kamu makan makanan lain. Dengan mengkonsumsi kentang rebus maka sakit maag kamu akan berkurang.

    1. Sayur kol

    Sayur kol berfungsi untuk memberikan nutrisi bagi sel yang ada di dalam lambung kamu. Selain itu kandungan yang ada di dalam sayur kol membantu melindungi lapisan mucosa lambung dan mengobati luka pada saluran pencernaanmu.  Dengan mengkonsumsi sayur kol dapat mengobati sakit maag kamu lo.

    1. Brokoli

    Brokoli sangat bagus untuk penderita sakit maag apalagi yang sudah kronis. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada di dalam brokoli seperti kalium, sulfur, dan vitamin C. Kandungan yang ada di dalam brokoli sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit maag.

    1. Pisang

    Tekstur pisang yang lembut dapat dengan mudah dicerna oleh pencernaan, selain itu pisang juga memberikan rasa kenyang dan dapat menstabilkan asam lambung.

    1. Nanas dan pepaya

    Nanas memiliki kandungan bromelain, sedangkan pepaya memiliki kandungan papain. Kedua zat itu disebut prostease, merupakan enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein. Enzim ini berkerja dengan bagus pada lingkungan asam. Memakan nanas dengan dicampurkan pepaya dapat meringankan sakit maag dan memfasilitasi pemecahan protein.

    1. Oatmeal
    2. konsumsi oatmeal tidak hanya mengenyangkan dan melindungi lapisan perut kamu, namun juga mengisi tubuh dengan start yang sehat. Jangan gunakan krim yang kental pada oatmeal, lemak sehat melemahkan sfingter esofagus bawah, sehingga dapat mengatasi isi lambung untuk naik.
    3. Susu almond

    Kamu dapat mengkonsumsi susu almond sebagai sarapan. Jika kamu sakit maag susu almond dapat membantu untuk menetralisir makan yang asam. Mungkin kamu bisa mencoba untuk membuat smoothie seperti berikut ini campurkan 1 cangkir stroberi, 1 pisang yang sudah dibekukan, 1 cangkir susu almond, dan tambahkan 1 cangkir bayam.

    1. Seledri

    Seledri merupakan sayuran yang hampir tidak memiliki kalori hal ini disebabkan oleh kandungan airnya yang sangat tinggi. Seledri adalah pilihan terbaik jika kamu mengalami sakit maag. Selain itu seledri dapat digunakan untuk penekan nafsu makan dan sumber serat yang sangat baik.

    Bagi kamu yang menderita sakit maag jangan lupa untuk mengkonsumsi salah satu makan yang direkomendasikan diatas. Semoga sakit maag kamu segera reda setelah mengkosumsinya.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Maag
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar