Makanan Khas Siak Yang Wajib Dicoba

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tanah Melayu mempunyai banyak ragam sajian kuliner khas yang tidak biasa dan banyak terpengaruh oleh kekayaan budayanya. Makanan khas Melayu kebanyakan punya cita rasa yang khas dan kuat bakal bumbu rempahnya. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Tanah Melayu, ada sebagian sajian kuliner yang perlu anda coba.

    Berikut daftar makanan khas Melayu yang patut anda coba :

    Bolu Kemojo

    Bolu Kemojo adalah makanan khas Melayu yang satu ini berwujud kue bolu. Makanan bolu kemojo berasal dari area Pekanbaru. Dahulu, kue bolu kemojo hanya dikonsumsi privat bagi penduduk melayu. Tidak ada yang menjual makanan bolu kemojo ini. Tetapi sejalan berjalannya waktu, kue bolu kemojo banyak dijua di toko-toko kue dan toko oleh-oleh. Bahan yang digunakan untuk mengakibatkan kue bolu kemojo adalah tepung terigu, margarine, gula pasir vanili bubuk, telur ayam, santan kelapa, air perasan daun suji, dan garam halus. Cara membuatnya bersama dengan menggabungkan bahan diatas hingga merata, tuang adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan, sesudah itu panggang bersama dengan oven sepanjang 45-50 menit. Kue bolu kemojo khas Melayu siap dihidangkan.

    Roti Jala Kari Ayam

    Roti Jala Kari Ayam adalah Makanan khas Melayu roti canai memang sama bersama dengan roti jala. Roti canai terhitung berasal dari penduduk India yang merantau hingga ke tanah Melayu dan membagi kebudayaan mereka terhitung di dalam makanan. Roti canai berwujud persegi yang sangat tipis, sesudah itu dilipat dan dan dipanggang menggunaan minyak. Perbedaan roti canai bersama dengan roti jala adalah hanya terhadap bentuknya saja. Sedangkan untuk bumbu-bumbu yang digunakan didalam mengakibatkan adonan nyaris sama persis. Roti ini sudah sangat terkenal di Negara Malaysia, namun di Indonesia, roti canai di sediakan bersama dengan tambahan kuah kari kambing.

    Asidah

    Asidah adalah makanan khas Melayu Kepri memang adalah makanan yang berasal dari arab sesudah itu di masak bersama dengan langkah penduduk riau. Sehingga seandainya dibandingkan bersama dengan asidah arab, asidah khas riau rasanya bakal berbeda. Tidak hanya itu, penyajian asidah khas melayu terhitung sangat unik dan menarik. Asidah di sajikan cocok bersama dengan orang yang membuatnya. Masyarakat riau biasa menyajikan asidah bersama dengan wujud layaknya bunga mawar, jambu, daun, dan berwujud bulat.

    Kue Bangkit

    Kue bangkit atau biasa penduduk melayu menyebutnya kue bangket. Kue yang merupakan kue khas Melayu ini banyak ditemukan di negara Malaysia dan di Indonesia, tepatnya di riau, jambi, dan sumatera barat. Warna kue bangkit berwarna putih bersama dengan diberi hiasan di atasnya bersama dengan noktah yang berwarna merah. Tekstur kue yang  halus dan empuk mengakibatkan kue bangkit sangat lezat terhadap saat dikunyah. Anak-anak banyak yang menyukainya gara-gara rasanya yang manis.

    Cencaluk

    Cencaluk adalah makanan khas melayu yang terbuat dari udang. Udang yang digunakan untuk mengakibatkan cencaluk dinamakan udang geragau. Namun sekarang ini udang geragau susah untuk didapat, udang berikut banyak ditemukan terhadap waktu-waktu tertentu saja. Makanan cencaluk ini lewat proses panjang sebelum akan siap untuk disajikan. Cencaluk gunakan udang geragau yang di haluskan dan dicampur bersama dengan bumbu rempah yang sangat khas. Tekstur makanan cencaluk nyaris sama bersama dengan bubur.

    Lempok Durian

    Lempok Durian adalah Makanan khas Melayu Siak lempok durian memang bukan hanya terdapat di Riau saja, tapi di area palembang, Samarinda dan pontianak terhitung mempunyai makanan lempok durian khas tiap-tiap daerah. Lempok durian khas riau gunakan daging buah durian yang dicampur bersama dengan sedikit gula pasir.

    Gula pasir yang dicampur memiliki tujuan supaya duriannya lebih awet dan tahan lebih lama. Dengan dicampurkannya gula, lempok durian bisa bertahan sepanjang lebih dari 4 bulan kecuali disimpan di dalam lemari es. Cara memasaknya cukup mudah, sehabis durian dicampur bersama dengan gula sesudah itu dimasak gunakan kuwali bersama dengan api tengah hingga adonan tidak lengket sesudah itu adonan dibungkus gunakan plastik dan siap untuk dinikmati.(Firman)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Siak Yang Wajib Dicoba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar