Bahaya Menggunakan Headset Atau Earphone Saat Tidur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tidur dengan menggunakan Headset bagi sebagian orang adalah hal yang tabu dan sangat menyenangkan. Banyak anggapan bahwa tidur dengan alunan Musik adalah hal yang menyenangkan dan menenangkan hati. Namun, ada beberapa risiko kesehatan yang mungkin akan terjadi ketika Anda tidur dengan Earphone yang masih ‘nyangkut’ di telinga Anda.

    Terlalu sering menggunakan Earphone adalah hal yang sangat tidak dianjurkan, bahkan ini umumnya adalah sebuah larangan, khusus sekali pada saat tidur. Pengguna Headset sangat disarankan untuk memakainya pada waktu-waktu tertentu dan tidak digunakan secara berulang-ulang. Banyak sekali kebiasaan buruk pengguna yang akan berdampak Fatal, seperti Tidur menggunakan Headset, dan berkendara menggunakan Headset.

    Disini Kita akan membahas berbagai Risiko dan dampak yang mungkin saja terjadi jika Anda menggunakan Headset.

    1. Kualitas Tidur akan menurun

    Headset atau Earphone yang secara terus-terusan mengeluarkan bunyi suara dan gelombang, membuat Otak secara terus menerus bekerja. Dampaknya, Kualitas tidur Anda akan menurun karena Otak Anda yang telah lelah akibat dari bunyi yang dihasilkan Headset tadi.

    2. Kualitas Pendengaran akan menurun

    Banyak dari pengguna Headset yang menghidupkan menggunakan Headset dengan Volume tinggi ketika Tidur. Hal ini jelas sangat berbahaya bagi telinga, dan khususnya Koklea telinga. Bunyi atau Gelombang yang keras dapat menyebabkan Kerusakan pada sel rambut Koklea. Terlebih lagi, pada saat Tidur. Tentunya ketika tidur pengguna Headset tidak menyadari Headset yang masih berada di telinganya dengan Suara Keras. Tentunya ini akan sangat berbahaya.

    3. Dapat menyebabkan Kerusakan pada otak

    Kerusakan pada Otak, mungkin saja terjadi jika Anda mendengarkan Headset terlalu sering. Mengapa demikian? Gelombang Elektronik yang terpancar dari Headset menyebabkan Pressure atau Tekanan pada sel-sel Otak, terutama Headset bervolume tinggi.

    4. Terjadinya gangguan pada Ambang pendengaran

    Dan juga, Menggunakan Headset denga Volume keras dapat merusak ambang pendengaran Manusia. Jika begini, Penderita harus lebih dekat dengan sumber suara agar dapat mendengarnya secara lebih jelas. Dan gangguan ini dapat berlangsung secara Permanen.

    5. Risiko Kematian

    Salah satu Risiko terburuk dalam penggunaan Headset saat tidur adalah Kematian. Gelombang Radioaktif yang dikeluarkan Handphone dan Headset dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi Tubuh dan fisik lainnya. Namun, banyak dari pengguna Headset mengabaikan hal ini, sebenarnya hal terburuk apa yang mungkin saja dapat terjadi jika Kita mengabaikannya?

    Ada suatu Kasus yang menimpa Remaja yang berumur sekitar 19 tahun di Texas, Amerika Serikat. Remaja malang ini ditemukan sudah tidak bernyawa di dalam Kamarnya, dan dengan Headset yang masih tertinggal di telinga dengan posisi tidur.

    Kabarnya, Gadis ini tertidur saat sekitar tengah malam setelah ia menelefon pacarnya. Sebelum ia tidur, Ia terlebih dulu mengganti List ke Playlist favoritnya lalu tidur dengan Headset yang masih berada di telinganya. Pada saat yang sama, Handphone ia tengah di cas ke Saklar listrik Lalu saat pagi, Kedua orang tuanya pergi meninggalkan rumah tanpa mengetahui apa yang telah terjadi pada anaknya. Mereka mengira bahwa anak perempuannya masih tidur.

    Saat siang hari, Pacarnya menelefon beberapa kali dan tidak ada jawaban. Lalu pacarnya sedikit khawatir atas tingkah pacarnya yang tidak biasa, dan pacarnya memutuskan untuk melihat kerumahnya. Sebelumnya, Orang tua gadis ini sudah memberikan Kunci rumah pada pacarnya, kalau-kalau ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Lalu, ketika masuk, Pacarnya mencium aroma terbakar dan langsung mengecek dapur. Dan tidak ada apa-apa disana.

    Lalu bergegas Ia ke lantai dua dan ke kamar Perempuan itu. Lalu Ia mendapati pacarnya dengan Kondisi wajah terbakar dalam keadaan tidur. Setelah dibangunkan beberapa Kali namun Gadis ini tak kunjung bangun. Dan pacarnya memutuskan untuk menelefon Polisi.

    Mudah-mudahan Artikel diatas dapat mengurangi Anda menggunakan Headphone terlalu sering. Dan hanya digunakan ketika hanya pada saat diperlukan saja.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Menggunakan Headset Atau Earphone Saat Tidur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar