Alasan Mahasiswa Tamat tidak Tepat waktu

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Setiap mahasiswa tentu saja sangat ingin lulus kuliah dengan tepat waktu dan memiliki IPK yang tinggi. Pasalnya lulus tepat waktu dengan IPK yang tinggi akan menimbulkan anggapan orang lain tentang dia sebagai mahasiswa yang rajin dan cerdas.

    Tidak hanya itu saja, lulus dengan tepat waktu dan memiliki IPK yang tinggi juga dianggap sebagai pendukung dalam memperoleh pekerjaan. Berbeda dengan mahasiswa yang lama lulus kuliah, akan dianggap sebagai mahasiswa malas dan kurang cerdas.

    Banyak faktor yang menyebabkan seorang mahasiswa bisa lama tamat kuliah, dan tidak sepenuhnya karena malas dan bodoh. Seperti beberapa alasan berikut ini adalah beberapa faktor yang sering menghambat mahasiswa lambat untuk tamat kuliah.

    1. Salah Jurusan

    Banyak sekali sebenarnya mahasiswa yang mengalami hal ini setelah beberapa bulan mengikuti perkuliahan mereka merasa bahwa jurusan yang mereka pilih tidak cocok atau salah jurusan. Mahasiswa yang merasa salah jurusan akan merasakan kesulitan dalam memahami materi kuliah, tidak menikmati kegiatan-kegiatan yang ada di kampus bahkan mereka akan merasa tidak menemukan passion yang sesuai di jurusan yang telah mereka ambil

    Meskipun demikian, mereka yang merasa salah jurusan tetap bertahan dan enggan untuk mencoba jurusan lain atau pindah jurusan dengan beragam alasan. Hal ini sebenarnya juga menjadi faktor yang menyebabkan mahasiswa lambat untuk tamat kuliah.

    1. Bekerja

    Rasa ingin belajar mandiri dan tidak mau merepotkan orang tua membuat tidak sedikit mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Tapi kebanyakan dari mereka malah tidak bisa menggantur waktu. Karena keenakan bekerja dan sudah menghasilkan uang sendiri malahan sebagian besar dari mereka lupa bahwa mereka adalah seorang mahasiswa dan tidak ingat dengan kewajiban di kampus.

    1. Terhambat Dana Penelitian

    Terhalang dana penelitian biasanya sering dialami oleh mahasiswa yang mengambil jurusan ekstakta seperti biologi, kimia, pertanian, pangan, kedokteran, kebidanan dan jurusan lainnya. Pasalnya jika tidak memiliki dana penelitian tentu saja tidak mengikuti proyek yang dianjurkan. Jadi mau atau tidak mau mahasiswa di jurusan ini harus berusaha lagi untuk mengumpulkan dana.

    1. Cuti

    Banyak mahasiswa yang terpaksa cuti ditengah-tengah menempuh bangku kuliah dengan beragam alasan yang mendesak, misalnya sakit parah, harus bekerja, urusan keluarga atau butuh refreshing karena terlalu stress menghadapi kuliah sehingga memutuskan untuk mengambil cuti. Akibatnya mata kuliahpun akan tertunda yang menyebabkan mahasiswa tersebut juga tertunda tamatnya.

    1. Dosen Pembimbing Super Sibuk

    Bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsi sering terkendala karena dosen pembimbing yang sangat sibuk. Saat bingung menentukan judul penelitian dan butuh referensi namun dosen pembimbing sangat sibuk dan sulit ditemui. Kalaupun ada waktu untuk ditemui, itupun tidak lama-lama sehingga tidak punya banyak waktu untuk bimbing. Selain itu kendala lainnya banyaknya revisi dalam skripsi sehingga harus diperbaiki berkali-kali. Jika sudah menghadapi hal ini tentu saja mahasiswa hanya bisa pasrah, bersabar dan banyak-banyak berdoa.

    1. Terlalu Sibuk Organisasi

    Alasan terakhir yang menyebabkan mahasiswa lama untuk tamat kuliah yaitu karena sibuk dengan organisasi kampus. Ada tipe mahasiswa yang lebih fokus dengan kegiatan non akademik dibandingkan akademik sehingga waktu yang dihabiskan lebih banyak mengurus organisasi dibanding kuliah. Apalagi mahasiswa yang memiliki jabatan yang strategis di kampus sehingga mahasiswa tersebut akan terlihat jarang sekali mengikuti perkuliahan sehingganya akan lama untuk bisa lulus kuliah

    Nah, itulah beberapa alasan yang menyebabkan mahasiswa lama untuk tamat kuliah. Bagi kamu yang mahasiswa apapun alasan dan kesibukan kamu, jangan pernah lupa bahwa kamu adalah mahasiswa dan memiliki kewajiban yang harus kamu selesaikan.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alasan Mahasiswa Tamat tidak Tepat waktu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar