Souvenir Khas Kalimantan Tengah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kalimantan Tengah merupakan provinsi terbesar di Kalimantan. Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, provinsi Kalimantan Tengah  didiami oleh tiga jenis suku yaitu  Jawa, Dayak, dan Banjar yang ikut serta membawa pengaruh cukup besar ke berbagai sektor seperti sektor kuliner dan pariwisatanya yang sangat mencolok.

    Kalimantan Tengah banyak memiliki potensi alam yang sangat indah serta menjadi harapan bagi masyarakat Kalimantan Tengah untuk dijadikan tempat favorit oleh banyak orang baik itu dari lokal maupun mancanegara.

    Selain tempat wisata nya yang indah sektor kulinernya pun juga diharapkan bisa mengundang rasa penasaran banyak orang untuk berkunjung ke Kalimantan Tengah yang memiliki objek wisata alam yang sangat menakjubkan itu.

    Berikut Souvenir atau oleh-oleh makanan khas dari Kalimantan Tengah yang enak serta unik yang wajib anda cicipi ketika berada di Kalimantan Tengah:

    1. Kue Gagatas

    Kue gagatas biasa di sebut Kue getas oleh orang Kalteng, kue ini termasuk kue tradisional di Kalteng, kue Gagatas terbuat dari beras ketan. Pada dulunya masyarakat Kalteng memakan kue Gagatas ini saat terjadi paceklik. Kue Gagatas sangat banyak kita temui di Kalteng biasanya orang menjual kue  Gagatas ini banyak di jual di pasar atau di jejeran pusat kota, selain kue ini banyak kita temui di Kalteng kita juga bisa menemukan kue Gagatas  di wilayah Surabaya dan sekitarnya, kue Gagatas sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh atau cemilan , harga dari kue Gagatas sangat ramah di kantong dan peminat kue Gagatas ini sangat lah banyak. Bentuk dari kue Gagatas pun sangat unik dan menarik perhatian para peminat, bentuknya lonjong menyerupai telur, tapi ada juga pembuatan kue ini seperti kue lonjong tapi agak pipih di bagian luar dan terdapat lapisan gula yang ditaburkan ke atas kue.

     Selain di Kalimantan, kue gagatas juga bisa ditemui di kota Surabaya dan sekitarnya. Kue satu ini banyak dijual di pasar tradisional sebagai jajanan atau camilan. Harga pasaran kue gagatas juga sangat ramah di kantong sehingga tak heran jika kue ini memiliki banyak peminat.

    1. Ikan Jelawat Bakar

    Provinsi Kalimantan sangat kaya akan alam dan sungai  yang melimpah yang diberi oleh Yang maha kuasa, oleh karena itu kebanyakan makanan Khas dari Kalteng banyak menggunakan bahan makanan yang di ambil dari sungai maupun alam. Ikan Jelawat salah satunya makanan yang di ambil dari sungai, ikan jelawat bisa tumbuh besar dengan panjang 25 CM dan berenang bebas di sungai sepanjang tanah borneo.

    Biasanya Ikan jelawat di konsumsi oleh masyarakat Kalteng dengan di olah menjadi makanan lauk pauk yang sangat enak dan  membuat  lidah kita bergoyang.

    Sebelum Ikan jelawat dibakar, ikan jelawat harus dibumbui dulu dengan bawang putih, jahe dan serai serta bumbu tersebut juga akan dibuat sebagai kuah dari ikan Jelawat tersebut

    Dagingnya yang lembut serta berwarna putih berpadu dengan kuah yang berwarna agak ke cokelatan atau kehitaman, membuat Ikan Jelawat terasa luar biasa enaknya dengan hanya satu suapan anda akan merasakan lidah bergoyang.

    1. Kalumpe

    Kalumpe merupakan makanan khas suku dayak yang ada di Kalteng. Sayur Kalumpe hampir mirip dengan sayur singkong pada umunya yang sering kita temui di halaman rumah.

    Kalumpe atau karuang juga mengandung kuah kental yang terbuat dari campuran bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, kayu manis, dan cabai.

    Makanan khas dari Kalteng ini terbuat dari bahan seperti serai, lengkuas, kayu manis, bawang merah dan cabai, serta kalumpe sangat enak bila ditambah kuah yang kental, biasanya orang suku dayak di Kalteng menjadikan Kalumpe sebagai makanan yang enak di makan dengan nasi putih serta di tambah potongan terong.

    Itulah beberapa souvenir atau oleh-oleh khas dari Kalimantan Tengah yang terbilang banyak di cari para pengunjung yang datang ke Kalteng baik itu dari lokal maupun mancanegara, karena rasanya yang enak dan bisa membuat lidah kita bergoyang. Semoga bermanfaat sekian saya ucapkan Terima Kasih.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Souvenir Khas Kalimantan Tengah
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar