Pantai Terusan Empat Lawang Palembang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pantai Terusan merupakan salah satu Pantai yang menjadi Primadona Sumatera Selatan. Dan akhir-akhir ini menjadi Salah satu Pantai paling banyak di Kunjungi di Sumatera Selatan. Pantai Terusan sendiri, berada di Desa Terusan Lama Tebing Tinggi, di Kabupaten Empat Lawang. 

    Dan Fakta Uniknya, Terusan bukanlah Sebuah Pantai yang berada di tepi Laut. Namun Pantai Tarusan merupakan sebuah Tepian Sungai Musi yang dihampari Pemandangan yang Luas dan mempesona yang ditepi-tepi nya terdapat Batuan-batuan yang menyerupai Laut. Kendati demikian, banyak Pengunjung yang menyebutnya Pantai Terusan. Dan Pantai ini terletak di pinggiran Sungai Musi.

    Jarak Pantai Terusan dari Pusat Kota Tebing Tinggi kurang lebih 7 Kilometer. Dan daerah di Pantai ini pun  Sudah sangat memadai bagi Pengunjung yang ingin berlibur di Pantai Terusan ini. Dan Pantai ini biasanya mulai ramai dikunjungi pada pukul 3 hingga Pukul 6 Sore hari.

    Para Pengunjung pun yang umumnya datang pada hari libur berasal dari berbagai daerah, ada yang dari dalam daerah seperti pengunjung dari Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, ataupun pengunjung yang berasal dari luar daerah seperti Lahat dan Bengkulu. Para pengunjung khususnya yang berasal dari luar daerah umumnya menggunakan Kendaraan Roda Empat.

    Di sekitar Pantai ini pun terdapat banyak Pedagang yang berjualan berbagai macam Keperluan, baik Makanan, Minuman, ataupun Mainan anak. Namun Sayangnya, Seringkali terlihat Pantai ini tengah dalam Keadaan Kotor dan Sampah dimana-mana, terlebih lagi Pasca Liburan. Memang tidak ada Petugas di sekitar Pantai ini, dan tidak ada Biaya untuk petugas. Namun, Warga sekitar berharap Instansi Pemerintah ikut Turut andil dalam menjaga Kelestarian Objek Wisata yang satu ini.

    Banyak Pengunjung atau Wisatawan yang datang berkunjung ke Daerah ini yang berharap akan adanya Wahana Permainan untuk anak, para pengunjung yakin kalau ada Wahana Permainan, anak-anak akan menjadi betah di tempat ini dan  tempat ini akan menjadi lebih Ramai lagi

    Selain Pantai Terusan, Air Terjun Sange juga tak kalah Kerenanya. Pada umumnya, Warga Desa Terusan Baru menyebutnya Cuhup Sange. Daerahnya pun cukup asri dengan dikelilingi Perbukitan dengan Tumbuhan dan Pepohonan Hijau.

    Pengunjung dapat Berenang pada ‘tingkat’ Pertama. Namun, Karena masih kurangnya Fasilitas, Anda harus memutar beberapa Kilometer berjalan, tapi jika anda memiliki Peralatan, Anda bisa langsung turun seperti Panjat Tebing.

     Air Terjun Sange berlokasi di Desa Terusan Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Empat Lawang. Anda juga bisa menggunakan Sepeda Motor ataupun Mobil. Saat Anda sudah tiba di Desa Terusan Baru, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan Sepeda Motor melalui Jalan Setapak yang sedang dibangun saat sekarang ini. Waktu tempuh yang mungkin diperlukan untuk mengakses daerah ini dengan Sepeda motor menggunakan Jalan setapak yang sedang dibangun ialah sekitar 15 hingga 17 menit.

    Namun, karena masih minimnya Fasilitas membuat Air Terjun Sange Kurang Kunjungan Wisatawan. Kurangnya Fasilitas seperti Akses Jalan ataupun tempat Parkir yang belum disediakan membuat Air terjun Sange kurang Kunjungan Wisatawan. Namun, Pemerintah setempat berjanji akan mengajukan Penataan Taman Wisata sebelum tahun 2020.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantai Terusan Empat Lawang Palembang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar