Ketua PWI Riau Dukung E-Wartawan, Pers Harus Kompeten

Daftar Isi


    Foto: Ketua PWI Riau H Raja Isyam Azwar. 



    Lancang Kuning, PEKANBARU - Ketua PWI Provinsi Riau, H Raja Isyam Azwar menegaskan, pihaknya fokus untuk menjalankan uji kompetensi terhadap wartawan. Karena di lapangan masih banyak ditemukan wartawan yang tidak mengedepankan kode etik jurnalistik.

    ‘’Kompetensi bagi setiap wartawan, menjadi fokus dan itu salah satu program PWI Riau,’’ Kata Raja Isyam Azwar saat kopi Morning dengan Pengurus dan anggota PWI Riau di Kafe Hokky Pekanbaru, Minggu (8/9/2024). 

    Untuk tahun ini, kata Raja Isyam, PWI Riau sudah tiga kali menyelenggarakan uji kompetensi wartawan dan sudah ada 556 wartawan yang sudah menyandang kompeten. Bahkan, ke depannya bagi wartawan yang belum mengikuti uji kompetensi, kembali akan diagendakan.

    Raja Isyam Azwar menilai, uji kompetensi sangat penting bagi setiap wartawan. Sebab, masih ada ditemukan wartawan yang tidak mengedepankan kode etik hingga menjadi penilaian miring bagi masyarakat. 

    ‘’Makanya kami memastikan setiap anggota PWI yang tergabung harus kompeten,’’ Kata Raja Isyam. 

    Dukung Pemda lakukan E Wartawan 


    Ketua PWI Riau juga mendukung dan memberikan apresiasi kepada daerah-daerah Kabupaten/kota di Riau yang melakukan kerja sama media menggunakan aplikasi E-Wartawan.

    Apalagi tujuan E-Wartawan  Pemerintah kabupaten / Kota untuk meningkatkan Kerja sama dan kemitraan antara pemerintah daerah dengan media massa

    "Kita sangat dukung adanya E-Wartawan yang di terapkan di kabupaten / Kota di Riau," 

    "Saat ini  yang sudah menerapkan E-Wartawan kabupaten Kampar, Bengkalis, Rohul. Inponya Rohil menyusul akan terapkan E Wartawan. Harapan kita daerah lain juga menyusul," Kata Raja Isyam lagi 

    Dengan aplikasi E-Wartawan kata Raja Isyam tentu wartawan dan perusahaan media massa baik media cetak maupun online terdata dengan baik. 

    Selain itu diperlukan kompetensi wartawan dan juga kompetensi media. Itu sebabnya, supaya pemda obyektif dan lebih profesional dalam membangun kerjasama, maka baik wartawan mau pun media harus memenuhi standarisasi dari dewan pers.

    "E-wartawan, untuk meningkatkan objektifitas dan kualitas kerjasama antar pemerintah dan media massa. PWI Riau sangat mendukung  adanya aplikasi E Wartawan di pemerintah kabupaten / kota di Riau,"pungkas Raja Isyam. (LK/Rls) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ketua PWI Riau Dukung E-Wartawan, Pers Harus Kompeten
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar