Komitmen Maju di Pilkada Inhu, Elda Suhanura Serahkan Pendaftaran Ketiga Partai Politik

Daftar Isi


    Foto: Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura SH. MH saat menyerahkan berkas pendaftaran ke sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indragiri hulu. (Syahran - LancangKuning.com)



    Lancang Kuning, INHU - Ketua DPRD Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, Elda Suhanura SH MH Sabtu (11/5/2024) melengkapi berkas dukungan bakal calon Bupati Inhu, berkas tersebut diserahkan ke pada tiga partai politik di hari yang sama. 

    Elda Suhanura dengan panggilan ketua Muda itu menyerahkan berkas dengan cara mendatangi kantor partai Demokrat, PKS dan PDI-Perjuangan disambut masing masing pengurus partai di tingkat Kabupaten Inhu, sebagai proses awal untuk dilakukan survei oleh masing masing partai politik.

    Dalam penyerahan berkas bakal calon bupati Inhu, Elda Suhanura yang merupakan kader partai Golkar menyampaikan kalau, partai Golkar memiliki 5 kursi di DPRD Inhu, sedangkan untuk syarat menjadi calon bupati yang diusung partai politik harus memenuhi 20 persen dukung dari jumlah kursi di DPRD Inhu.

    "Hari ini partai Golkar di Inhu selain membuka diri untuk berkoalisi memenuhi dukungan 20 persen, kita optimis maju sebagai pasangan calon bupati Inhu 2024," ujar Elda Suhanura.

    Pernyataan serupa disampaikan Elda Suhanura kepada pengurus tiga Porpol yang dimohonkannya untuk meminta dukungan di Pilkada Inhu 2024 ini, selain menjelaskan visi dan misi sebagai calon Bupati secara lengkap dan mengejar keterlambatan pembangunan Inhu dirinya menjelaskan tentang filosofi "Ketua Muda" panggilan melekat kepada dirinya serta menjelaskan tiga program menuju "Indragiri Hulu Emas".

    "Saya ini orang Peranap, banyak yang bertanya kenapa saya dipanggil ketua muda, itu karena Peranap dikenal sebagai negeri para ketua dan saya ini masih muda, dan itulah kenapa dipanggil ketua muda," ujar Elda.

    Tiga program Indragiri hulu emas, itu dimaksudkan tentang pembangunan di Inhu tidak bisa dilakukan sendirian oleh seorang bupati kata Ketua Muda, jika dirinya mendapatkan mandat dari rakyat Inhu untuk menjadi bupati 5 tahun ke depan akan melakukan sinergitas dengan semua pihak, baik dengan masyarakat desa, maupun dengan putra dan putri terbaik Inhu yang duduk di pemerintahan pusat dan Provinsi.

    "Ada tiga putra dan putri terbaik Inhu hari ini menjadi wakil kita di Senayan DPR RI, itu adalah emas Inhu yang sangat berharga, dan ada 6 orang putra terbaik Inhu mewakili kita masyarakat Inhu di DPRD Provinsi Riau, itu adalah emas Inhu" ujar Elda.

    Begitu beruntungnya Kabupaten Inhu kata Elda, tahun 2024 berhasil mendudukan tiga orang di Senayan sebagai wakil masyarakat Inhu di DPR RI. "Carilah Kabupaten lain yang ada di Indonesia, apakah ada mendapatkan emas seperti itu, emas adalah barang berharga akan kita rawat dan kita ikut sertakan anggota DPR RI dan DPRD Riau ini untuk membangun Inhu yang lebih baik lagi," jelasnya.

    Calon Bupati Inhu Ketua Muda Elda Suhanura juga mengucapkan syukur atas selesainya data atau berkas formulir dan diserahkan kembali kepada tiga partai tersebut.

    "Alhamdulillah saya sudah formulir pendaftaran yang sudah saya ambil sebelumnya, tadi pagi saya sudah serahkan ke partai Demokrat, PKS dan terakhir partai  PDI-Perjuangan. Ini wujud keseriusan saya ingin menjadi bagian dari pesta demokrasi tahun 2024 ini, tinggal keseriusan partai politik lagi untuk mendukung dan mengusung saya, kalau saya sangat serius," ungkap Ketua Muda Elda Suhanura.

    Dikatakan Ketua Muda Elda Suhanura, dalam hal ini, tentu realistis berani mengajukan diri sebagai calon bupati Inhu dengan pola hitungan berdasar dan prinsip. Ada tiga hal untuk menjadi petarung dan bertarung itu, mesti menang. Pertama dukungan partai politik, yang kedua elatibilitas yang terukur yang diukur oleh survei, dan yang ketiga logistik mencukupi.

    "Saya selalu katakan pembangunan yang ada di Inhu ini sudah maksimal tinggal kita membutuhkan percepatan, aselirasi untuk mengejar ketertinggalan dalam hal ini pemerataan kesenjangan terhadap pembangunan infrastruktur dimana mana hanya ada tampal sulam, dari sekian ribu ruas jalan Kabupaten yang mampu di rawat dengan keterbatasan APBD hanya beberapa ruas saja, sehingga tidak bisa memenuhi harapan masyarakat untuk memaksimalkan, kita akan bersinergi," ucapnya.

    Ketua muda juga menjelaskan, program bagaimana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengembangkan sinergitas terhadap Inhu Emas itu sendiri. "Sejarah untuk Dapil Inhu Kuansing, dari 8 orang ada 6 putra putri terbaik kita yang menjadi anggota DPRD Provinsi Riau, dan ada tiga putra putri terbaik Inhu yang duduk di Senayan tentu ini menjadi aset menjadi emas buat kita memimpin di daerah ini untuk mensinergikan itu," kata ketua Muda mengulangi tentang menuju Indragiri hulu Emas.

    Kembali disampaikannya, jika rakyat Inhu tahun 2024 memberikan mandat kepada dirinya sebagai Bupati Inhu untuk 5 tahun, dirinya berjanji hanya sebagai bagian dari transis untuk mengejar ketertinggalan pembangunan Inhu.

    "APBD kita saja tidak cukup tapi kita butuh partisipasi sinergi dan dukungan semua pihak untuk mengwujudkan harapan masyarakat Inhu," ujarnnya seraya menyampaikan kalau dirinya serius dan tinggal menunggu keseriusan partai politik yang sudah dipinangnya.

    Ketua muda asal Peranap ini berharap, kalau pun tidak bisa bersama sama berjuang di Pilkada Inhu dengan salah satu partai politik yang didatanginya untuk meminta dukungan, dirinya berharap dapat partai tersebut menjadi kawan dalam Pilkada, bukan lawan. "Kita datang ke kantor partai dengan cara baik baik, kita berharap kabar baik atau tidak mendukung disampaikan secara baik baik juga oleh partai kepada saya," tuturnya.

    Dalam agenda pertama penyerahan berkas formulir, Ketua Muda mendatangi kantor partai Demokrat di jalan lintas timur, Pematangreba sekitar pukul 09.00 WIB langsung disambut ketua penjaringan partai Demokrat Inhu, Deki Ersandi.

    "Kami berharap, Partai demokrat bisa mendukung dan mengusung ketua muda di Pilkada Inhu, proses selanjutnya akan diserahkan kepada DPD Demokrat Riau untuk diteruskan ke jakarta," katan Deky.

    Selanjutnya Ketua Muda Elda Suhanura menyerahkan berkas pendaftaran ke kantor PKS Inhu di jalan lintas timur, Pematangreba disambut langsung oleh Ketua DPD PKS Inhu, Muhammad Syafaat sekitar pukul 11.00 WIB, dalam kesempatan itu juga ketua DPD PKS memimpin doa agar niat baik berkoalisi tahun 2024 di Pilkada Inhu bisa terlaksana dengan partai Golkar.

    "Semua berkas kami terima dari ketua muda, dan dilanjutkan ke DPW untuk mendapatkan rekomendasi dukungan dari DPP PKS pusat," ujar Syafaat.

    Dihari yang sama Elda Suhanura tiba di kantor PDI-Perjuangan Inhu, jalan raya Rengat-Pematangreba sekitar pukul 15.00 WIB disambut ketua penjaringan dan penyaringan calon bupati Inhu DPC PDI-Perjuangan, Raja Irwantoni SE bersama pengurus lainnya.

    Dalam kesempatan itu, Ketua penjaringan dan penyaringan calon bupati Inhu DPC PDI-Perjuangan, Raja Irwantoni SE, kepada wartawan mengatakan hasil survei adalah salah satu yang jadi tolak ukur di PDI-Perjuangan daman memberikan dukungan kepada pasangan calon bupati Inhu tahun 2024. 

    "Kalau kita secara pribadi tau dengan Elda Suhanura kiprahnya di Kabupaten Inhu, Elda Suhanura mempunyai kelebihan selain ketua DPRD Inhu dan cukup dikenal di Kabupaten Inhu, namun itu nantik akan di sinkronkan dengan survei untuk bahan disampaikan ke DPD PDI-Perjuangan Riau diteruskan ke DPP," jelas Irwantoni.

    Menanggapi soal ditolak atau diterima berkas pendaftaran untuk calon bupati Inhu di DPC PDI-Perjuangan, Irwantoni berjanji apapun keputusan DPP akan tetap disampaikan kepada yang bersangkutan karena Elda Suhanura secara resmi sudah menjadi salah satu yang mendaftar resmi ke DPC PDI-Perjuangan Inhu sebagai calon bupati Inhu. 

    Dalam pantauan wartawan, ketiga partai politik, Demokrat, PKS dan PDI-Perjuangan menyatakan berkas pendaftaran calon Bupati Inhu Ketua Muda Elda Suhanura lengkap. (LK/SH)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komitmen Maju di Pilkada Inhu, Elda Suhanura Serahkan Pendaftaran Ketiga Partai Politik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar