Dibalik Bilik Suara Panggung Keadilan, Polri Jadi Orkestra Persatuan dan Kesatuan

Daftar Isi


    Foto: Kapolsek Tapung  arungi banjir temui masyarakat guna menyampaikan himbauan Pemilu 2024. (M. Rio Aldo - LancangKuning.com)

     

     

    Lancang Kuning, KAMPAR - Pemerintah Kabupaten Kampar bersama masyarakat harus menjaga dan menciptakan situasi kondusif dalam menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 di Provinsi Riau, terkhusus di Kabupaten Kampar.

    Oleh sebab itu, kolaborasi dan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan agar pemilu dapat berlangsung dengan aman, damai, tentram dan berkualitas.

    Tentunya menjelang pesta demokrasi sangat membutuhkan peran aktif dan sinergi dari semua pihak serta pemangku kepentingan termasuk masyarakat guna mensukseskan pergelaran pemilu 2024 yang aman dan damai.

    Dengan kebersamaan, kekompakan, serta menyatukan sinergi serta berkat rahmat Allah maka nantinya lahir pemimpin Kabupaten Kampar yang amanah serta istiqomah.

    Tak terlepas dari semua tujuan bersama dalam pergelaran pesta Demokrasi 2024 ini, Polri sangat memiliki peran dalam mewujudkan Pemilu Aman dan Damai.

    Untuk kita ketahui, Pemilu bukanlah hanya sekadar pesta demokrasi, akan tetapi juga panggung perdamaian di mana suara-suara rakyat menjadi penentu arah negara ini.

    Pemilu yang merupakan panggung keadilan, arah negara ini ditentukan dalam bilik suara. Polri dalam demokrasi yang merupakan orkestra kesatuan, suara rakyat menjadi lambang kedamaian.

    AKSI

    Di Kabupaten Kampar sendiri, Polres Kampar tiada henti-henti melaksanakan berbagai programnya kepada masyarakat, mulai dari babhinkamtibmas, Polsek, hingga Personil Polres Kampar berjibaku melakukan cooling system kepada masyarakat setiap waktu.

    Seperti tak kenal lelah, Polri saat ini sangat begitu menginginkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tetap aman, damai, tentram, dan sejahtera.

    Selain menegakkan peraturan, Polri tampak juga melaksanakan berbagai aksi-aksi sosial yang menyejukkan hati masyarakat.

    Beberapa hari yang lalu, Polres Kampar melalui Kapolsek Tapung beserta jajaran yang tampak mengarungi genangan banjir untuk menemui masyarakat di Jalan Lintas Petapahan, Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Rabu (31/1/2024).

    Aksi tersebut tak terlepas dari hasrat hati Kapolsek Tapung, Kompol Nur Syafniati untuk memberikan himbauan pemilu 2024 tertib, aman, dan damai.

    Menilai dari kacamata penulis, Genangan air bagi Polri satu ini menjadi arena bermainnya, seolah-olah tak menjadi beban ataupun penghalang bagi Kapolsek Tapung untuk melangkahkan kakinya menemui masyarakat guna mensukseskan Pemilu 2024.

    Kompol Nursyafniati tampak berkunjung door to door terhadap masyarakat yang terdampak banjir aliran Sungai Kampar tersebut.

    Dirinya juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena banjir, sembari menyampaikan dengan lembut agar masyarakat tidak terlibat dalam money politik.

    Dalam kesempatan tersebut, Nursyafniati juga menyampaikan cooling system pemilu damai kepada masyarakat.

    Kapolsek Tapung tersebut mengajak masyarakar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

    Dirinya juga menghimbau masyarakat agar menyaring dan memastikan semua kebenaran berita, informasi yang diterima sehingga tidak termakan hoax.

    "Kita boleh berbeda pilihan pada Pemilu 2024 ini. Tetapi kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita, jangan sampai berbeda pilihan merusak persatuan diantara kita," sebutnya.

    Kapolsek Nursyafniati juga tidak lupa mengajak masyarakat untuk melaksanakan pencoblosan hak suaranya.

    "Mari datang ke TPS untuk melaksanakan pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 nanti. Jangan sampai Golput karena satu suara saja sangat mempengaruhi masa depan bangsa ini," pungkas Kapolsek Tapung tersebut.

    Begitulah Polri saat ini yang sangat mencintai masyarakatnya, dengan berbabagai upaya yang dilakukannya agar NKRI ini aman, damai, dan kondusif.

    Foto: Personil Polres Kampar mengamankan Gudang Logistik KPU Kampar.

     

    Untuk itu, penulis juga mengajak seluruh pembaca agar bersama-sama kita menjaga keutuhan bangsa, jangan mau kita dipecah belah oleh bangsa lain. Tetap kaga persatuan dan kesatuan diantara kita semua.

    Keamanan Logistik

    Kala itu, hujan tiada henti mengguyur Ibukota Kabupaten Kampar dan sekitarnya. Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar tampak sangat mengkhawatirkan jika seluruh logistik pemilu 2024 tidak terjaga dengan sebaik-baiknya.

    Dengan hal tersebut, guna menjaga dan mengamankan gudang Logistik KPU, personil Polres Kampar melakukan kegiatan antisipasi terjadinya kerusakan terhadap logistik Pemilu 2024, Kamis (14/12/23)

    Langkah tersebut dilakukan Personil Polres Kampar untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024.

    Sebab, dimusim penghujan seperti ini juga akan ditakutkan kebocoran gudang. Untuk itu, Personil Polres Kampar bersama KPU Kampar bersiaga 24 jam.

    Dalam keterangannya, Kapolres Kampar, AKBP Ronald Sumaja mengatakan bahwa pengamanan gudang logistik KPU tersebut dilakukan secara ketat oleh personel Polres Kampar. Petugas melakukan penjagaan di sekitar gudang logistik KPU selama 24 jam.

    “Petugas juga melakukan patroli rutin di sekitar gudang logistik KPU untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

    Dikatakan Kapolres, terkait kendala distribusi logistik Pemilu, saat ini masih aman. Namun pihaknya telah melakukan antisipasi agar logistik tidak rusak karena memasuki musim penghujan.

    "Saat ini berjalan dengan lancar. Kalau kekhawatiran kita ya pada persoalan cuaca. Untuk antisipasi itu, personil rutin melakukan pengecekan di setiap dinding dan atap untuk antisipasi adanya air yang masuk" jelasnya.

    "Setiap gudang sudah kami koordinasi untuk dilaksanakan pengamanan juga. Ada pemasangan CCTV, petugas pengamanan 24 jam, dari KPU dan Kepolisian," pungkasnya.

    Cooling System Pemilu 

    Kemudian, dalam  memberikan himbauan tentang pentingnya menjaga keamanan, ketertiban masyarakat sehingga terciptanya Pemilu Damai 2024. Hal itulah yang dilakukan Babinkamtibmas Polsek Tapung Aiptu M Safei yang mengunjungi para petani sawit di Desa Petapahan Jaya, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau Kamis (8/2/2024). 

    Tampak Babinkamtibmas melakuka obrolan ringan bersama para petani, kegiatan tersebut merupakan giat cooling system pemilu damai tahun 2p24.

    Tentunya kegiatan itu bertujuan untuk mensosialisasikan serta mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

    "Kita mengingatkan masyarakat agar menyaring dan memastikan seluruh kebenaran berita dan informasi yang diterima sehingga tidak termakan hoax. Segala sesuatu berita hoax cukup sampai di kita saja, kemudian jangan meneruskan ke orang lain," ujar Kapolsek Tapung, Kompol Nursyafniati.

    Kemudian kata Kapolsek,  Bhabinkambtibmas juga mengingatkan masyarakat bahwa berbeda pilihan adalah hal yang wajar dalam pesta demokrasi. Setiap masyarakat memiliki hak untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat yang mereka anggap terbaik. Namun, perbedaan pilihan tersebut tidak boleh sampai menjadi pemecah belah persatuan dan kesatuan kita.

    "Kita boleh berbeda pilihan pada Pemilu tahun 2024 ini, akan tetapi kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai perbedaan pilihan merusak persatuan diantara kita semuanya," paparnya.

    Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024 nanti untuk melaksanakan pencoblosan. Jangan sampai masyarakat Golput (Golongan Putih).

    Ingat, hak pilih merupaka kunci untuk menentukan masa depan bangsa kita. Dengan menggunakan hak pilihnya, masyarakat telah berkontribusi dalam membangun demokrasi yang sehat dan bermartabat.

    "Silahkan bapak ibu datang ke TPS untuk melaksanakan pencoblosan 14 Februari 2024 nanti. Jangan sampai Golput ya, karena satu suara saja sangat mempengaruhi kemenangan masing-masing calon pada pemilu 2024 ini," pungkasnya.

    "Mari kita bersama-sama mensukseskan Pemilu tahun 2024 yang aman, damai, dan kondusif," imbuhnya

    Tampak kegiatan Cooling System ini disambut dengan antusias oleh para petani sawit. Mereka menyatakan siap untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dan mensukseskan Pemilu 2024 dengan aman dan damai.

    Itulah sederet kerja nyata yang dilakukan Polres Kampar guna menciptakan Pemilu Damai tahun 2024. Tentunya peran Polri sangat penting dalam mewujudkan Pemilu Tahun 2024 ini menjadi aman dan damai. (LK/RD) 

     


    Penulis : M. Rio Aldo
    Wakil Sekretaris PWI Kampar

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dibalik Bilik Suara Panggung Keadilan, Polri Jadi Orkestra Persatuan dan Kesatuan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar