Objek Wisata di Harau Payakumbuh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sumatera Barat banyak sekali menyimpan keindahan alamnya khususnya di Lembah Harau. Lembah Harau semakin berbenah, bahkan menjadi tempat wisata yang terkenal karena terletak di antara lembah yang sejuk. Perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dari Bukittinggi dengan menggunakan kendaraan bermotor, selama perjalanan pemandangan yang dihiasi hamparan sawah dan ladang yang hijau akan menyejukkan mata. Kondisi jalan dari Bukittinngi menuju Payakumbuh sudah aman dan nyaman.

    Mungkin dari sebagian orang hanya mengenal Bukittinggi, Padang sebagai tempat wisata yang terkenal di Sumatra Barat. Misalnya saja Pulau Sikuai yang terkenal beberapa tahun yang lama karena keindahan lautnya dana lam sekitarnya.

    Sumatra Barat khususnya di Payakumbuh sangat banyak memiliki tempat wisata yang lagi terkenal. Salah satu tempat wisata tersebut yaitu Lembah Harau yang terletak di antara lembah-lembah, kalau dari Payakumbuh menuju ke Lembah Harau jarak yang ditempuh sekitar 18km.

    Lembah Harau dulunya hanya merupakan cagar alam yang luas daerahnya 669 hektar. Lembah Harau terletak antara tebing yang membentang panjang.

    Sepanjang wilayah tersebut, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang hijau yang menyejukkan, mulai bentangan pesawahan, tebing serta air terjun yang sangat tinggi.

    Keberadaan tempat wisata Lembah Harau ini telah menjadi salah satu tempat wisata yang paling indah di Sumatra Barat. Banyak para traveler yang pergi ke Ranah Minang dan sangat sulit mencari tempat wisata karena terlalu banyak tempat wisata yang indah yang berada di Sumatra Barat.

    Lembah Harau terkenal karena mempunyai topografi yang menarik wisatawan dan merupakan Cagar alam Lembah Harau. Keindahan alam Lembah Harau ini sudah sangat lama terkenal. Dulunya tempat ini bukan disebut Harau, tetapi Arau.

    Para traveling dapat melakukan aktivitas trekking berkeliling di Lembah Harau. Untuk melakukan aktivitas tersebut para traveling bisa menyewa pemandu agar tidak tersesat. Biasanya, terdapat paket trekking seharga 100 hingga 200 ribu.

    Di Lembah Haru tidak hanya terdapat satu air terjun, air terjun yang ada disini antara lain air terjun Sarasa Murai, air terjun Akar berayun, air terjun Sarasa Bunta, dan air terjun Sarasa Luluih. Air terjun tersebut memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.

    Lembah Harau telah menjadi destinasi wisata yang terkenal di Sumatra Barat dan merupakan wilayah administrative Kecamatan Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kota Payakumbuh adalah tempat yang paling dekat dari sini, berjarak antara 18 kilometer.

    Kota lain yang dekat dari sini yaitu Bukittinggi dan Padang. Jarak dari Bukittinggi menuju Lembah Harau yaitu berjarak antara 48 kilometer dan kalau dari Padang berjarak antara 138 kilometer.

    Lembah Harau beriklim tropis dan memiliki tanah yang subur, dan keindahan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosimite di Indonesia karena meiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosimite yang berada di Sierra Nevada California yang telah terkenal di seluruh dunia.

    Lokasi wisata Lembah Harau ini memiliki dua tempat yaitu Sarasa Bunta dan Akar Berayun. Sarasah Bunta ada lima buah air tejun dengan pemandangannya yang masih asli. Akar Berayun memiliki  kolam renang beserta air terjun yang tinggi dan tempat penginapan.

    Di tempat Akar Berayun ada tempat penangkaran kupu-kupu, melihat beberapa hewan di kebun binatang, dan mencoba menaiki alat transportasi Sumatra Barat. Yang ingin memanjat tebing juga tersedia di Akar Berayun, fasilitas untuk menaiki tebing sudah dibangun dengan baik, sehingga bisa memanjat sampai ke puncak tebing dan menikmati pemandangan.

    Jika hanya menikmati dari bawah saja terasa seperti dalam benteng karena ketinggian tebingnya. Yang membuat tempat tersebut terkenal yaitu air terjun yang tinggi dan wisata lainnya. Biaya yang dikeluarkan sangat murah. Hanya perlu membayar 5000 per orang. Untuk menginap sangatlah mahal kalua ingin menginap di sini. (Kelvin)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata di Harau Payakumbuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar