Lahan PT Mentari Inhu Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Daftar Isi

    Anggota TNi terlihat memadamkan kebakaran hutan dan lahan. (ft:kompas.com)

    LANCANGKUNING.COM,INHU-Kebakaran yang terjadi di area PT Mentari, eks PT Alam Sari Desa Paya Rumbai, Siberida Kabupaten Inhu sulit dipadamkan.

    Sejak empat hari ini petugas berjibaku padamkan titik api. Selain di areal PT Mentari, karhutla juga terjadi di Desa Panyaguan, Kecamatan Batang Gangsal.

    Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Dody Iskandar SE MSc ketika dikonfirmasi mengatakan, hingga saat ini masih terus dilakukan pemadaman. 

    "Tim gabungan masih di lapangan untuk pemadaman Karhutla yang terjadi sejak beberapa hari lalu," ujar Dody Iskandar, Selasa (5/9/2023). 

    Untuk Karhutla yang terjadi di Desa Penyaguan sebutnya, telah dilakukan pemadaman dan pemblokiran penyebaran api.

    Namun api masih sulit dikendalikan, akibat lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. Lahan yang terbakar merupakan lahan masyarakat dengan luas mencapai 10 Ha lebih.

    "Dari luas lahan yang terbakar, tim sudah berhasil memadamkan api mencapai 3 Ha," sebutnya. Kemudian untuk Karhutla yang terjadi di areal PT Mentari eks PT Alam Sari di Desa Paya Rumbai, Kecamatan Seberida sudah mencapai seluas 20 Ha.

    Lahan gambut yang terbakar, baru bisa dipadamkan seluas 3,5 Ha. Baca Juga : Karhutla Nihil, Teknologi Modifikasi Cuaca Tetap Dilakukan "Pemadaman di dua lokasi itu terkendala cuaca ekstrim dan angin kencang yang berubah-ubah arah membuat api cepat membesar," terangnya dikutip dari riaupos.com.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lahan PT Mentari Inhu Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar