SF Hariyanto: Pacu Jalur Menganut Nilai Kearifan Lokal

Daftar Isi

    Event pacu jalur di Tepian Narosa Sungai Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.(ft:kuansing.go.id) 

    LANCANGKUNING.COM,KUANTANSINGINGI-Event Pacu Jalur yang dihelat di Tepian Narosa Sungai Kuantan Kabupaten Kuantan memiliki fungsi edukatif, ideologis, solidaritas sosial dan kekeluargaan.

    Hal ini disampaikan Sekdaprov Riau SF Hariyanto mewakili Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi 
    saat membuka ivent pacu jalur, di Tepian Narosa, Teluk Kuantan, Kuantan Singingi.

    "Nilai-nilai inilah yang dijaga dan dibangun secara pokok dengan menanamkan kearifan lokal sejak dini, yang akan diteruskan kepada generasi muda sebagai bagian warisan budaya tak benda asli Indonesia,” kata SF Hariyanto.

    Mantan Kadis PUPR Provinsi Riau juga menyebutkan event pacu telah menjadi Kharisma Event Nusantara (KEN) yang ditetapkan oleh Kemenparekraf RI. 

    “Dengan adanya iven Pacu Jalur, menjadi momen yang tepat untuk mengangkat perekonomian masyarakat Kuantan Singingi. Kita liat juga tingkat kunjungan wisatawan di Kuansing semakin meningkat dari tahun ke tahun itu perlu kita tingkatkan dengan adanya potensi-potensi yang ada di masyarakat, terutama adanya UMKM, dan tempat hunian para wisatawan yang hadir pada iven pacu jalur,” kata Sekda menambahkan.

    Pada kesempatan tersebut, Sekdaprov Riau juga menyerahkan bantuan kepada panitia Pacu Jalur, berupa bantaian biaya Pacu Akur sebesar Rp250 Juta. Sekdaprov pun berjanji akan menambah hadiah Pacu Jalur kepada peserta Jalur sebesar Rp1 juta Rupiah.

    “Tadi saya dibisikkan oleh Bupati Kuansing untuk menambah hadiah Pacu Jalur, Insha Allah akan kita usahakan menambah bantuan Rp1 juta,” kata Sekdaprov.

    Usai acara pembukaan pacu jalur di lapangan Limuno Kuansing, dilanjutkan dengan perlombaan pacu jalur yang dilaksanakan di Sungai Kuantan di Tepian Narosa Kuansing. Sebanyak 194 jalur dari dua Kabupaten Kuansing dan Kabupaten Indragiri Hulu, 23 Agustus hingga 27 Agustus. Ribuan masyarakat sudah menunggu di sepanjang sungai tepian Narosa, dimana panitia telah menyiapkan tenda dan tribun penonton yang berada di sepanjang jalur Pacu Jalur.(rie)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SF Hariyanto: Pacu Jalur Menganut Nilai Kearifan Lokal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar